logo etawaku
Search
Close this search box.

√ Cara Menambah Tinggi Badan Sampai 175 cm, Bisa Banget!

Memiliki tinggi badan yang ideal sepertinya menjadi keinginan semua orang. Bicara tinggi ideal, di Indonesia sendiri biasanya tinggi yang di anggap “minimal” yaitu 165 CM hingga 175 CM.

Untukmu yang tingginya saat ini masih belum menyentuh angka itu dan ingin meninggikan badan, bisa ikuti berbagai cara menambah tinggi badan sampai 175 CM seperti di bawah.

Tentu saja, hasilnya tidak akan terlihat dalam 1 minggu apalagi 1 hari, setidaknya kamu harus rutin menerapkannya untuk meninggikan badan.

  • Pada pria, peningkatan tinggi badan terjadi paling cepat pada usia sekitar 13 tahun dan berakhir sekitar 17-18 tahun.
  • Sementara itu, wanita mengalami pertumbuhan dengan pesat saat 6-12 bulan sebelum menstruasi (sekitar usia 11 tahun) dan berakhir pada usia 15-16 tahun.

Namun, beberapa orang bahkan masih mengalami proses pertumbuhan tinggi badan meski telah menginjak usia lebih dari 20 tahun. Hal itu disebabkan karena lempeng epifisis (tempat pertumbuhan tulang) yang masih terbuka.

1. Minum Susu Tinggi Kalsium Etawaku

Saat memikirkan langkah untuk menambah tinggi badan, minum susu pasti menjadi yang paling pertama terpikirkan.

Mulai rutin minum susu menjadi cara termudah dan enak, dibandingkan cara lain seperti olahraga yang pada dasarnya cukup memberatkan.

Nah, salah satu susu yang memiliki manfaat untuk meninggikan badan yaitu Susu Kambing Etawa.

Kamu bisa pilih Susu Etawaku Platinum yang mengandung kalsium tinggi sehingga bagus untuk tujuan menambah tinggi badan hingga 175 cm.

2. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Nutrisi merupakan salah satu kunci paling penting dalam masa pertumbuhan.

Asupan makanan yang mengandung nutrisi seimbang menjadi hal wajib agar proses pertumbuhan bisa optimal sehingga anak bisa mencapai tinggi badan yang maksimal.

Nutrisi untuk menambah tinggi badan sampai 175 cm

Setidaknya, ada beberapa makanan penambah tinggi badan yang memiliki nutrisi baik dan harus dipenuhi, yaitu sebagai berikut:

– Kalsium

Selain dari susu, kamu bisa juga mengonsumsi berbagai sumber kalsium lain seperti bayam, tahu, brokoli, atau susu kambing sebanyak satu gelas sehari untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium tubuh.

Kalsium sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga berperan dalam menunjang fungsi jantung, otot, serta peredaran darah agar bekerja dengan lebih baik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak yang mendapatkan cukup asupan kalsium cenderung memiliki berat dan tinggi badan yang ideal. 

– Protein 

Banyak yang bertanya apakah protein bisa menambah tinggi badan?

Jawabannya tentu saja bisa ya. Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan dalam pembentukan sel dan jaringan, penghasil hormon, berperan dalam memperkuat tulang dan otot, serta membantu proses pemecahan makanan menjadi energi.

Kamu bisa menemukan protein dari berbagai macam sumber, baik yang nabati maupun hewani, seperti telur, daging ayam, ikan, susu, kacang-kacangan, dan sebagainya.

Kamu bisa mengombinasikan sumber protein tersebut agar tidak bosan ya!

Asupan protein yang diperlukan tubuh mungkin saja berbeda bagi setiap orang karena beberapa faktor, seperti rentang usia, jenis kelamin, hingga aktivitas yang dilakukan.

– Zat Besi

Nutrisi ini dibutuhkan tubuh dalam proses pengangkutan oksigen oleh darah ke seluruh organ, termasuk otak.

Konsumsi berbagai sumber zat besi seperti daging merah, sayuran hijau, makanan laut, serta polong-polongan bisa membantu kita mencapai tinggi badan optimal.

Artikel terkait: Rekomendasi sayur yang mengandung Kalsium tinggi.

– Vitamin D

Kamu bisa mengonsumsi berbagai makanan sumber vitamin D seperti telur, ikan, bayam, dan sebagainya. Selain itu, kebiasaan berjemur di pagi hari juga sangat baik agar pertumbuhanmu bisa optimal.

Vitamin D berfungsi dalam membantu penyerapan kalsium sehingga pertumbuhan tulang bisa optimal.

3. Olahraga Rutin

olahraga untuk Menambah Tinggi Badan Sampai 175 cm

Buat kamu yang sering malas berolahraga, yuk mulai kurangi kemalasanmu! Karena dengan memiliki kebiasaan olahraga rutin, bisa menjadi salah satu cara menambah tinggi badan sampai 175 cm loh!

Hal itu disebabkan karena lempeng epifisis masih terbuka, sehingga tulang masih memiliki tempat untuk tumbuh.

Kamu bisa memilih berbagai jenis olahraga peninggi badan seperti lompat tali, berenang, basket, bersepeda, bulu tangkis, atau pull up sesuai dengan kemampuan ya!

Baca Juga: Yoga untuk Menambah Tinggi Badan.

Namun, yang perlu digarisbawahi, olahraga bisa efektif meninggikan badan jika usiamu masih dalam masa pubertas (13-18), jika lebih dari itu, olahraga tidak dapat membuat tinggi badanmu meningkat.

4. Tidur Cukup

Siapa bilang kalau tidur tidak bisa menambah tinggi badan? Faktanya, tidur cukup selama proses pertumbuhan justru bisa membuat tinggi badan menjadi optimal. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur malam yang tertunda atau memiliki gangguan tidur bisa menyebabkan puncak pelepasan hormon pertumbuhan menjadi terhambat. Makanya, anak yang kurang tidur cenderung memiliki tinggi badan yang lebih pendek.

Selain waktu tidur, memperhatikan posisi tidur juga penting untuk dilakukan, kenapa begitu?

Ternyata, posisi tidur juga bisa membuat badan lebih tinggi? Ada beberapa posisi yang dinilai bisa membuat badan menjadi lebih mudah untuk tumbuh tinggi. Selengkapnya bisa kamu cek di artikel 3 posisi tidur untuk menambah tinggi badan.

5. Menjaga Posisi Tubuh

Menjaga posisi tubuh untuk meninggikan badan sampai 175 cm

Perbaiki postur tubuh kamu dengan berbagai cara. Seperti menegakkan badan, hindari kebiasaan membungkuk, serta gunakan bantal yang sesuai.

Menjaga postur tubuh tetap tegak bisa membuat tubuh lebih mudah terlihat lebih tinggi secara alami.

Jika kamu mulai merasakan postur tubuh yang tidak benar, kamu bisa lakukan peregangan untuk memperkuat otot yang lemah dan memperbaiki postur ya!

6. Hindari Makanan Tertentu

Selain adanya makanan yang dapat meninggikan badan, jangan salah, ternyata ada juga makanan yang tidak bagus untuk pertumbuhan tinggi badan.

Untuk apa saja makanannya, bisa cek informasinya di artikel makanan penghambat tinggi badan.

Itu dia informasi mengenai cara menambah tinggi badan sampai 175 cm yang aman dan pastinya mudah untuk dilakukan.

Tips Tambahan untuk meninggikan badan hingga 175 CM, bisa rutin lakukan beberapa gerakan peninggi badan sebelum tidur dan juga gerakan peninggi badan setelah bangun tidur.

Simpan Artikel Di Atas Yuk! Berikut Infografisnya:

infografis artikel cara menambah tinggi badan hingga 175 cm
Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar