logo etawaku
Search
Close this search box.

7 Gerakan Peninggi Badan Sebelum Tidur yang Mudah Dilakukan

Melakukan beberapa gerakan peninggi badan sebelum tidur bisa menjadi salah satu langkah atau upaya untuk kamu yang ingin mendapatkan tinggi ideal. Kalau kamu belum tahu apa saja dan bagaimana saja gerakan yang di maksud, bisa simak artikel ini sampai akhir, ya!

Memiliki tinggi badan yang maksimal memang menjadi idaman banyak orang, baik itu laki-laki maupun perempuan. Untuk mewujudkan itu tentunya kita tidak bisa hanya dengan diam dan berharap tubuh kita bertambah tinggi sendiri.

Salah satu tips yang bisa kamu lakukan agar tinggi badanmu semakin bertambah yaitu dengan melakukan beberapa gerakan olahraga meninggikan badan sebelum tidur, selain mudah dilakukan, juga praktis karena kamu bisa menerapkannya di rumah. 

1. Gerakan Shoulder Stand (Sikap Lilin)

Posisi ini dikenal dengan nama candle pose atau sikap lilin.

Ciri khas dari posisi sikap lilin ini yaitu gerakan yang bertumpu pada lengan atas serta bahu untuk menopang tubuh.

gerakan shoulder stand peninggi badan

Dengan berbagai manfaat yang ada, maka tidak ada alasan untuk kamu tidak mencoba gerakan peninggi badan sebelum tidur yang satu ini.

Mulai sekarang, kamu bisa rutin melakukan sikap lilin dengan benar agar tidak cedera sesuai langkah berikut:

  1. Siapkan alas, kamu bisa menggunakan matras atau kasur.

Gunakan handuk atau selimut kecil untuk ditaruh di bawah leher hingga punggung.

  1. Berbaringlah dengan rileks di atas alas yang telah dilapisi dengan handuk atau selimut.
  2. Letakkan kedua tangan di samping badan, dan posisi kaki rapat
  3. Tarik napas, kemudian angkat setinggi mungkin kedua kaki hingga pinggul ke atas.

Lakukan secara perlahan hingga benar-benar lurus.

  1. Pastikan kedua siku tetap berdekatan di pinggang untuk menopang beban.

Kunci yang paling utama: jangan gunakan leher atau kepala sebagai tumpuan, tapi gunakan lengan atas dan bahu.

  1. Tahan posisi ini selama sepuluh detik, kemudian tarik napas dalam-dalam.
  2. Lalu, turunkan kaki dengan perlahan.

Meskipun gerakan ini sangat baik untuk menambah tinggi badan, namun sebaiknya hindari posisi atau gerakan ini jika kamu memiliki masalah seperti cedera leher, tekanan darah tinggi, maupun kondisi medis lain yang melarang posisi kepala lebih rendah dari jantung ya!

2. Gerakan Cobra Pose

Ini merupakan gerakan yang bisa dengan mudah dilakukan sebelum tidur untuk meninggikan badan.

gerakan cobra pose peninggi badan

Kamu hanya perlu melakukan langkah sebagai berikut:

  1. Posisikan badan secara menelungkup
  2. Letakkan kedua tangan di bawah bahu sembari menjaga posisi siku agar tetap dekat dengan tulang rusuk.
  3. Luruskan kaki dan tarik jari-jari kaki lurus ke belakang
  4. Tarik napas, kemudian angkat dada secara perlahan hingga punggung tertarik ke atas dengan menggunakan telapak tangan sebagai tumpuan
  5. Posisikan kepala menghadap atas dan tahan posisi ini selama beberapa detik
  6. Ulangi gerakan ini beberapa kali

3. Gerakan Kayang/Wheels Pose

Mungkin kamu juga sudah familiar dengan gerakan kayang ya? Ternyata, rutin melakukan gerakan ini sebelum tidur bisa membantu menambah tinggi badanmu, loh!

Gerakan ini bisa membantu meregangkan tulang dari punggung hingga ujung kaki, sehingga tubuh kita bisa menjadi lebih fleksibel dan elastis. 

Gerakan kayang peninggi badan

Kamu bisa melakukan gerakan peninggi badan sebelum tidur ini dengan langkah aman sebagai berikut:

  1. Rebahkan badan dalam posisi telentang
  2. Letakkan kedua tangan di samping kepala
  3. Tekuk dan dekatkan kaki ke arah pinggul
  4. Ambil napas dalam-dalam, kemudian angkat tubuh secara perlahan hingga tubuh membentuk lengkungan seperti jembatan dengan bertumpu pada kaki dan telapak tangan

Perlu diperhatikan, posisi kayang ini tidak disarankan jika kamu pernah mengalami cedera punggung atau memiliki masalah dengan tekanan darah ya!

4. Gerakan Mountain Pose

Lain dengan beberapa gerakan olahraga meninggikan badan sebelum tidur yang telah dibahas sebelumnya, mountain pose dilakukan dalam posisi berdiri. 

gerakan mountain pose peninggi badan

Cara melakukannya yaitu sebagai berikut:

  1. Berdiri tegap, dengan semua jari kaki menempel lantai dengan sempurna
  2. Lebarkan tumit hingga mendapatkan posisi yang paling nyaman
  3. Letakkan kedua tangan di samping tubuh

Pastikan tetap menjaga posisi tubuh tetap tegap dan tulang punggung lurus.

  1. Tarik pundak ke bawah sambil melebarkan tulang selangka
  2. Pastikan kepala tegap dan sejajar dengan bahu
  3. Tahan selama 30 detik hingga 1 menit

Dengan melakukan mountain pose secara rutin sebelum tidur, otot dan tulang kamu bisa semakin terlatih agar tetap tegap, sehingga tinggi badan kamu menjadi lebih optimal.

5. Gerakan Child Pose

Gerakan penambah tinggi badan ini merupakan salah satu jenis gerakan yoga yang cukup populer. Kamu bisa melakukan child pose yang aman dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

gerakan child pose peninggi badan
  1. Ambil posisi berlutut dengan punggung kaki menyentuh lantai
  2. Telungkupkan badan ke arah depan dan disertai dengan gerakan tangan yang mengikuti arah tubuh
  3. Terus tarik tubuh ke depan hingga dahi bisa menempel pada lantai, namun posisikan tubuh tetap rileks
  4. Atur napas dan pertahankan posisi ini selama 30 detik hingga 3 menit

Dengan melakukan child pose sebelum tidur, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat. seperti meninggikan badan, meredakan sakit pada punggung maupun leher, meregangkan oto, hingga menenangkan otak:

6. Gerakan Pelvic Tilt

Gerakan ini sangat baik dilakukan terutama jika pekerjaanmu sering dalam posisi duduk lama.

Pasalnya, duduk terlalu lama bisa mengubah bentuk tulang belakang yang berpengaruh terhadap tinggi badan.

gerakan perfect shift peninggi badan

Nah, agar tidak memberikan dampak yang lebih buruk, kamu bisa melakukan gerakan latihan pelvic shift sebelum tidur dengan cara sebagai berikut:

  1. Berbaringlah di atas matras atau kasur dengan posisi telentang dan tubuh yang tegap dan menekuk lutut
  2. Lebarkan kaki hingga sejajar dengan bahu
  3. Angkat pinggul secara perlahan dengan menggunakan telapak kaki sebagai tumpuan
  4. Pastikan pinggul hingga punggung terangkat secara lurus dan terlihat seperti jembatan
  5. Tahan posisi ini hingga 30 detik sambil menarik napas secara perlahan.
  6. Kembali ke posisi semula dan ulangi gerakan ini jika perlu

7. Gerakan Triangle Pose

Selain bisa menambah tinggi badan, melakukan gerakan triangle pose secara rutin sebelum tidur juga bisa melatih otot paha, lutut, dan pergelangan kaki agar semakin kuat.

gerakan triangle pose peninggi badan

Untuk melakukannya, kamu bisa meniru langkah berikut ini ya:

  1. Berdiri dengan posisi kedua kaki dilebarkan 
  2. Rentangkan tangan ke samping, lurus dan sejajar dengan posisi pundak
  3. Atur napas, kemudian letakkan tangan kanan di belakang kaki kiri, sedangkan satu tangan lainnya lurus ke atas untuk menjaga keseimbangan.
  4. Tahan selama beberapa saat, kemudian kembali ke posisi semula.
  5. Lakukan gerakan yang sama dengan meletakkan tangan kiri di belakang kaki kanan dan satu tangan lainnya lurus ke atas. 

Meskipun gerakan di atas bisa membuat kamu makin tinggi, namun tetap harus melakukan upaya lain agar tinggi badan semakin optimal. Terkait hal itu, kamu bisa baca lebih lanjut beberapa artikel berikut:

Nah, itu dia berbagai gerakan peninggi badan sebelum tidur yang bisa kamu coba mulai sekarang! Selain sebelum tidur, kamu bisa juga mencoba gerakan peninggi badan setelah bangun tidur.


Selain berolahraga, pastikan juga nutrisi tubuh terpenuhi ya, untuk itu kamu bisa mulai dengan rutin mengonsumsi Susu Etawaku setiap hari.

Etawaku memiliki kandungan kalsium yang tinggi, sehingga sangat baik untuk menunjang tinggi badanmu agar semakin optimal.

Yuk, konsumsi Etawaku Susu Tinggi Kalsium dari sekarang untuk membantu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang!

Jangan lupa share informasi ini ke semua sosial media kamu agar manfaatnya semakin tersebar luas ya!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar