logo etawaku
Search
Close this search box.

7+ Makanan Peninggi Badan untuk Anak, Remaja, dan Dewasa

Salah satu cara agar cepat tinggi yaitu dengan mengonsumsi berbagai makanan peninggi badan, baik itu pada anak (balita dan bayi), remaja, maupun untuk orang dewasa yang sudah berumur 17 tahun, 18 tahun, dan seterusnya.

Tinggi badan seseorang memang bisa dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari keturunan, kebiasaan hidup, hingga pola dan jenis makanan.

Terutama faktor keturunan atau genetik, bukan rahasia lagi kalau faktor genetik sangat berperan dalam menentukan tinggi badan seseorang.

Namun ternyata, konsumsi makanan dengan nutrisi lengkap juga bisa membantu tinggi badan semakin optimal loh!

Tinggi Badan Berhenti Pada Umur Berapa?

Tinggi badan kita terkait dengan lempeng pertumbuhan atau growth plate. Selama lempeng tersebut belum menutup, maka kita masih bisa bertambah tinggi. 

Biasanya, lempeng pertumbuhan akan tertutup menjelang akhir masa pubertas, yaitu pada rentang usia 13-15 tahun untuk anak perempuan dan 15-17 tahun untuk anak laki-laki.

Makanya, ketika anak masih berada dalam rentang usia pertumbuhan, konsumsi makanan kaya nutrisi menjadi hal yang wajib agar tinggi badannya semakin optimal.

Namun, jika kamu telah melewati usia pertumbuhan tersebut, tidak perlu risau ya! Faktanya, mengonsumsi makanan peninggi badan tetap bisa menjaga agar tulang tetap kuat sehingga tubuh kamu tetap tegap.

Nah, berikut ini berbagai makanan yang bisa menambah tinggi badan yang bisa kamu coba:

1. Kacang Polong

Kacang Polong, Makanan Peninggi Badan Dewasa

Siapa sangka kalau makanan berukuran kecil, bulat, dan berwarna hijau ini menjadi makanan yang bisa meninggikan badan? 

Kacang polong serta berbagai jenis polong-polongan lainnya merupakan sumber protein nabati yang kaya nutrisi loh!

Dalam takaran 160 gram kacang polong saja (kurang lebih secangkir), kandungan proteinnya mencapai 8,2 gram (tubuh kita memerlukan asupan protein sebanyak 50-75 gram setiap hari).

Protein memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus mempercepat pemulihan sel yang rusak.

Konsumsi makanan tinggi protein juga bisa membantu meningkatkan produksi insulin-like growth factor 1 (IGF-1), yaitu hormon yang mengatur pertumbuhan badan, kamu bisa cek fakta apakah protein bisa menambah tinggi badan.

Makanan penambah tinggi badan ini juga tinggi zat besi, vitamin B lengkap, serta berbagai nutrisi lain seperti serat, mangan, magnesium, tembaga, dan seng.

Tentunya, konsumsi kacang polong dalam jumlah yang cukup bisa membantu tumbuh kembang anak semakin optimal serta menjaga kepadatan tulang agar kamu bisa bebas beraktivitas tanpa terhambat.

2. Daging Ayam

Kacang Polong, Makanan Peninggi Badan Dewasa

Daging ayam merupakan sumber protein hewani yang sangat baik untuk tubuh. Dalam 100 gram dada ayam matang tanpa kulit saja, kandungan proteinnya mencapai 31 gram.

Tak heran, bahan makanan ini sering digunakan dalam menu makanan sehat bergizi seimbang.

Daging ayam juga tinggi kandungan vitamin B12, yaitu salah satu jenis vitamin yang larut dalam air yang bisa membuat tinggi badanmu semakin optimal.

Tentunya, mengonsumsi daging ayam bisa menjadi pilihan makanan untuk menambah tinggi badan. Namun, selalu perhatikan jumlah dan cara memasak yang tepat agar manfaatnya tetap terjaga.

3. Telur 

Selain rasanya yang memang nikmat dan mudah didapat, tidak ketinggalan, telur juga menjadi salah satu makanan yang dapat meninggikan badan.

Bahan makanan yang bentuknya bulat dan ukurannya beraneka ragam ini memang menjadi sumber nutrisi yang sangat diperlukan tubuh, salah satunya protein.

Dalam sebutir telur ayam dengan berat 50 gram, kandungan proteinnya mencapai 6,24 gram. 

Selain itu, telur juga menjadi sumber vitamin dan mineral, seperti vitamin D yang dikenal dalam proses penyerapan kalsium serta fosfor sehingga tulang kita senantiasa padat dan sehat.

Untuk mendapatkan tinggi badan yang optimal, kamu bisa mengonsumsi telur utuh sebanyak tiga butir setiap hari ya!

Tapi, jika kamu memiliki kondisi khusus seperti penyakit jantung atau hipertensi, sebaiknya batasi konsumsi kuning telur, karena bagian ini memiliki kolesterol tinggi. 

4. Susu Etawaku

Produk Susu Etawaku Platinum - Susu Kambing Etawa Asli

Susu telah dikenal sebagai salah satu makanan peninggi badan. Hal itu disebabkan karena kandungan kalsium yang ada dalam susu bisa membantu pertumbuhan dan menjaga kepadatan tulang.

Maka dari itu, untuk menambah tinggi badan, kamu bisa mulai rutin mengonsumsi susu ya!

Apa susu untuk peninggi badan? Salah satu produk susu unggul yang bisa kamu konsumsi secara rutin yaitu Susu Etawaku. 

Etawaku memiliki kandungan nutrisi 3 kali lebih baik daripada susu sapi (Tinggi kalsium dan berbagai nutrisi penting lainnya).

Dalam satu gelas Susu Etawaku, kandungan kalsiumnya mencapai 330 mg! Maka dari itu, dengan rutin konsumsi Etawaku satu gelas setiap hari, bisa membantu tubuh kamu semakin tinggi.

5. Sayuran Hijau

Hayoo ngaku! Siapa yang tidak suka makan sayur?

Padahal, aneka sayuran hijau seperti bayam, kubis, pakcoy, atau brokoli punya kandungan nutrisi yang bisa bantu kamu makin tinggi loh!

Sayuran hijau memiliki kandungan vitamin K yang tinggi. Vitamin K ini merupakan nutrisi yang berperan dalam membantu meningkatkan kepadatan tulang, sehingga tinggi badan menjadi lebih optimal.

Selain itu, dalam sayuran hijau juga terdapat vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian yang melibatkan sampel sebanyak 103 orang wanita menyimpulkan bahwa konsumsi sayuran hijau secara rutin bisa membantu mengurangi risiko penurunan massa tulang loh!

Maka dari itu, buat kamu yang masih tidak suka mengonsumsi sayuran hijau, kamu bisa membuat berbagai kreasi masakan sayur agar terasa nikmat dan tetap sehat ya!

6. Yoghurt 

Yoghurt, makanan yang bisa menambah tinggi badan

Yoghurt menjadi salah satu minuman yang terbaik untuk tinggi badan.

Produk olahan dari susu ini bisa dibilang makanan peninggi badan karena yoghurt memiliki kandungan kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium yang sangat baik untuk tulang. 

Yoghurt juga menjadi sumber protein. Dalam 200 gram yoghurt, kandungan proteinnya mencapai 20 gram

Selain itu, yoghurt juga mengandung probiotik, yaitu salah satu jenis bakteri baik yang bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan.

7. Ubi Jalar

Kandungan karotenoid dalam ubi jalar bisa membantu kamu dalam menambah tinggi badan serta meningkatkan kesehatan tulang. 

Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Clinical Densitometry menyebutkan bahwa kandungan karotenoid tersebut berubah menjadi vitamin A dalam sistem pencernaan, sehingga bisa membantu kamu untuk tumbuh tinggi.

Kandungan serat dalam ubi jalar juga bisa meningkatkan kesehatan saluran pencernaan loh, sehingga proses penyerapan nutrisi bisa berjalan dengan lebih optimal. 

8. Ikan Salmon

Tingginya kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan salmon bisa membantu pertumbuhan kamu semakin optimal.

Kurangnya asupan asam lemak omega-3 berpengaruh dalam peningkatan risiko gangguan tidur, terutama pada anak-anak, sehingga menghambat proses pertumbuhannya.

9. Buah Beri

Buah Beri, makanan untuk menambah tinggi badan

Ternyata, ada juga beberapa buah yang bikin tinggi badan kita bisa meningkat, buah yang di maksud yaitu berbagai jenis buah beri, seperti stroberi dan raspberry.

Kenapa buah beri dianggap sebagai buah penambah tinggi badan? Hal itu karena kedua buah tersebut memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin ini bisa membantu meningkatkan sintesis kolagen dalam tubuh.

Nah, kolagen ini berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kepadatan tulang, terutama pada wanita pasca menopause. 

Buah beri ini juga mengandung berbagai nutrisi lain seperti serat, vitamin K, serta mangan yang bisa membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Itu dia beberapa makanan peninggi badan yang bisa kamu coba. Perlu diingat, konsumsi makanan tersebut juga perlu dibarengi dengan olahraga rutin dan menjaga pola tidur agar tetap berkualitas, sehingga tinggi badan bisa menjadi optimal.

Karena kamu sudah mengetahui apa saja makanan yang baik untuk mempercepat pertumbuhan tinggi badan, disarankan kamu ingat-ingat juga beberapa jenis makanan penghambat tinggi badan yang harus kamu hindari.

Selain itu, agar usahamu meninggikan badan semakin maksimal, bisa coba juga beberapa cara menambah tinggi badan sampai 175 CM:

Jangan lupa untuk sebarkan artikel ini ke semua sosial media kamu agar manfaatnya bisa tersebar lebih luas ya!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar