logo etawaku
Search
Close this search box.

5 Gerakan Yoga Untuk Menambah Tinggi Badan, Yakin Bisa!

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata yoga? Mungkin kamu langsung membayangkan salah satu jenis olahraga santai untuk membantu membuat pikiran rileks ya? Tapi selain itu, ada loh, yoga untuk menambah tinggi badan!

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat baik untuk melatih kekuatan, kelenturan, serta teknik pernapasan.

Tak hanya itu, melakukan yoga secara rutin juga bisa membantu menjaga kesehatan mental loh!

Olahraga ini diperkirakan muncul pertama kali pada peradaban India Kuno, sebagai salah satu kegiatan penghentian gerak pikiran. Selanjutnya, gerakan ini menjadi ritual serta tradisi meditasi di kalangan umat Hindu. 

Seiring berjalannya waktu, yoga selalu mengalami perkembangan.

Saat ini, misalnya, yoga menjadi jenis olahraga yang cukup populer dan digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. 

Selain menawarkan banyak manfaat, olahraga ini juga bisa populer karena bisa dilakukan oleh semua usia, semua gender, bahkan ibu hamil juga bisa melakukan olahraga ini untuk menjaga kesehatan diri dan janin dalam kandungan. 

Gerakan Yoga Peninggi Badan

Melakukan olahraga yoga sangat disarankan terutama buat kamu yang terbiasa duduk dengan postur yang buruk dalam waktu yang lama.

Kebiasaan seperti itu dapat mempengaruhi bentuk tulang belakang sehingga tubuh terlihat membungkuk dan semakin pendek.

Maka dari itu, yuk coba beberapa gerakan yoga untuk menambah tinggi badan berikut ini!

1. Cow Face Arms

Ini merupakan salah satu pose yoga yang bisa dilakukan di mana saja, bahkan di meja kerja sekalipun.

Pose ini tidak membutuhkan alat apapun, namun sangat bermanfaat untuk memperbaiki postur agar terlihat semakin tinggi. 

Gerakan Yoga Cow Face Arms

Untuk melakukan pose yoga cow face arms, kamu bisa mengikuti langkah aman berikut ini:

  1. Ambil posisi duduk yang paling rileks di atas matras
  2. Silangkan kedua kaki
  3. Posisikan kedua lutut saling menumpuk dengan posisi tumit sejajar pinggul dan pantat menyentuh matras
  4. Tarik satu tangan ke atas lalu lipat ke arah punggung, raih dengan satu tangan lainnya
  5. Tahan posisi ini selama 3-5 tarikan napas

Selain itu, pose ini juga memiliki manfaat lain, seperti:

  • Membantu mengurangi rasa kaku pada bahu
  • Memperlancar aliran darah
  • Membuat lengan, kaki dan pinggul menjadi kencang kembali
  • Mengatasi rasa letih dan lesu

2. Plank Pose

Gerakan yoga Plank Pose menjadi salah satu gerakan yang cocok untuk pemula dan memang sangat baik untuk melatih otot perut dan membuat postur tubuh semakin baik.

Melakukan pose plank akan memaksa tubuh agar tetap berada dalam garis lurus selama beberapa waktu, sehingga tubuh kita menjadi tegap. 

Gerakan Yoga Plank Pose

Selain itu, dikutip dari laman Healthline, menahan posisi plank selama satu menit bisa membakar 2-5 kalori loh!

Hal itu tentu saja sangat baik untuk membantu proses metabolisme, serta menjaga berat badan agar tetap ideal.

Yuk coba lakukan plank pose dengan langkah sebagai berikut:

  1. Ambil posisi tengkurap, dengan kedua siku berada di atas lantai
  2. Letakkan pergelangan tangan di depan tubuh
  3. Posisikan siku agar sejajar dengan bahu
  4. Tarik bahu ke atas dan kencangkan bokong secara perlahan
  5. Buat punggung tetap lurus dan tarik pusar ke belakang hingga otot perut menjadi kencang
  6. Hadapkan kepala ke arah lantai atau depan
  7. Tahan posisi ini semampunya sambil mengatur napas agar tetap stabil

3. Camel Pose

Melakukan gerakan ini dengan tepat bisa membantu kita dalam melatih otot dada serta pinggul agar semakin terbuka. 

Selain itu, pose ini juga bisa membantu memperbaiki postur tungkai, dada, paha, serta perut.

Selain itu, juga bermanfaat dalam melancarkan fungsi sistem pencernaan, pernapasan, serta aliran darah. 

Gerakan Yoga Camel Pose

Kamu bisa melakukan camel pose dengan langkah sebagai berikut:

  1. Duduk tegap dengan tubuh bertumpu pada kedua lutut, namun posisi kedua kaki sedikit berjarak
  2. Letakkan kedua tangan di pinggul dengan ibu jari mengarah ke luar sementara jari lain mengarah ke bawah
  3. Arahkan kepala ke atas
  4. Lalu secara perlahan putar hingga bisa melihat arah belakang, sambil meletakkan kedua tangan di atas tumit
  5. Dorong pinggul ke depan dan pastikan tubuh tetap rileks
  6. Kemudian tahan posisi ini selama 3-5 tarikan napas
  7. Setelah itu, kembali ke posisi duduk

4. Cobra Pose

Pose yoga ini sangat baik untuk membantu menjaga postur tubuh kita, sehingga bisa terlihat lebih tinggi.

Gerakan Yoga Cobra Pose

Cara melakukan cobra pose ini juga terbilang sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

  1. Ambil posisi telungkup
  2. Letakkan tangan di bawah bahu sambil menarik jari kaki ke belakang
  3. Posisikan kedua siku dekat dengan tulang rusuk
  4. Tarik napas dan perlahan angkat dada dari lantai dengan menggunakan telapak tangan sebagai tumpuan
  5. Tarik perut ke dalam lalu putar bahu ke bawah dan ke belakang
  6. Pastikan leher tetap dalam posisi netral dan pandangan ke arah atas
  7. Buang napas dan kembali lakukan gerakan ini selama beberapa kali

Selain baik untuk menjaga postur tubuh agar tetap bagus, rutin melakukan gerakan ini juga bisa menjadi cara untuk mengatasi nyeri punggung bagian bawah, mengurangi depresi, bahkan membantu meningkatkan kualitas tidur loh!

5. Bridge Pose

Melakukan bridge pose membantu kita melatih otot tubuh bagian bawah, meregangkan tulang belakang, serta leher. 

Gerakan Yoga Bridge Pose

Selain itu, pose ini juga menawarkan berbagai manfaat lain, seperti:

  • Meredakan nyeri punggung
  • Meregangkan tubuh
  • Mengontrol gejala asma
  • Melatih keseimbangan, fleksibilitas, serta kekuatan tubuh
  • Mengurangi stress dan gangguan kecemasan.

Kamu bisa melakukan gerakan ini dengan aman sesuai dengan langkah berikut:

  1. Berbaringlah terlentang di atas matras
  2. Letakkan kedua tangan di sisi tubuh dengan telapak tangan menyentuh matras
  3. Tekuk lutut hingga posisi kedua tumit dekat dengan bokong, pastikan telapak kaki tetap menyentuh matras
  4. Secara perlahan, angkat tubuh dengan tumpuan kedua kaki dan lengan
  5. Tahan posisi ini selama 1 menit
  6. Kembali ke posisi semula, lalu ulangi langkah di atas sekitar 10 kali

Apakah Yoga Dapat Menambah Tinggi Badan?

Beberapa gerakan yoga membuat postur tubuh kita menjadi lebih baik, namun, apakah benar kalau olahraga Yoga bisa meninggikan badan? Berikut penjelasannya:

Jadi, sebenarnya tujuan utama yoga bukanlah untuk menambah tinggi badan, namun memperbaiki postur agar lebih tegap, sehingga kita bisa terlihat lebih tinggi.

Jadi, kalau kamu ingin memiliki tinggi badan lebih optimal, kamu bisa mulai rutin melakukan gerakan yoga agar postur tubuh tetap terjaga dan jangan lupa imbangi juga dengan olahraga lain seperti berenang atau lompat tali, konsumsi makanan bergizi seimbang, serta istirahat yang cukup.

Selain Gerakan Yoga Sebagai Peninggi Badan, Penuhi Asupan Kalsium dengan Susu Etawaku!

Seseorang yang ingin meninggikan badan, tentunya membutuhkan asupan kalsium yang tinggi karena kalsium memang menjadi nutrisi yang dibutuhkan untuk itu.

Kamu bisa mencukupi kebutuhan kalsium dengan rutin minum Etawaku Platinum | Susu Tinggi Kalsium yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dengan minum susu tinggi kalsium, kamu juga bisa menjaga dan menguatkan kepadatan tulang guna menghindari masalah tulang seperti pegal, linu, nyeri sendi, hingga mencegah osteoporosis di masa depan.

Itu dia beberapa rekomendasi gerakan yoga untuk menambah tinggi badan yang mudah dan bisa kamu coba di rumah. 

Selain rutin melakukan berbagai gerakan di atas, agar upayamu dalam meninggikan badan bisa lebih optimal hasilnya, bisa ikuti beberapa tips lain, diantaranya:

  1. Hindari konsumsi berbagai jenis Makanan Penghambat Tinggi Badan
  2. Sering mengonsumsi makanan yang dapat menambah tinggi badan
  3. Melakukan berbagai gerakan peninggi badan sebelum tidur
  4. Menerapkan 3 posisi tidur untuk menambah tinggi badan.

Tips lain selengkapnya bisa kamu baca di cara menambah tinggi badan sampai 175 CM.

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar