logo etawaku
Search
Close this search box.

Ciri Ciri Batuk Bawaan Hamil, Adakah Bedanya dengan Batuk Biasa?

Bagi setiap wanita, kehamilan adalah kabar yang membahagiakan. Namun, tentu ada beberapa kondisi yang bisa menjadi ujian tersendiri selama masa kehamilan. Selain adanya gejala mual, muntah, kepala pusing, dan badan yang terus merasa lemas, ada juga batuk yang kerap kali menyerang.

Lebih parahnya, sebagian bahkan mengalami kondisi batuk yang tak kunjung sembuh saat hamil. Nah, soal batuk ini, mungkin Bunda bertanya-tanya, bagaimana cara membedakan batuk biasa dengan bawaan hamil? Dan kenapa pula saat hamil sering batuk?

Untuk itu, Bunda bisa cek penjelasan di artikel ini untuk bagaimana saja ciri ciri batuk bawaan hamil dan berbagai informasi terkait lainnya.

Ciri Ciri Batuk Bawaan Hamil

batuk tanda hamil

Selain mual dan muntah, batuk juga menjadi tanda kehamilan yang sering dialami oleh wanita. Adapun ciri-ciri batuk bawaan hamil sebagai berikut:

1. Batuk Kering

Saat sedang hamil, kadar estrogen pada wanita akan meningkat, sehingga membuat mudah mengalami batuk kering. Biasanya gejala ini hanya berlangsung selama satu atau tiga minggu pada awal kehamilan.

2. Batuk Disertai Mual

Jika batuk disertai dengan mual, maka sangat kemungkinan itu merupakan gejala kehamilan. Biasanya wanita akan batuk dan mual di pagi hari hari. Hal ini sering terjadi saat trimester pertama dan membaik saat usia kandungan bertambah.

3. Batuk Berdahak

Batuk berdahak atau disertai dengan lendir sering terjadi saat hamil. Sebab, saat hamil hormon berubah dan meningkatkan produksi lendir yang ada di saluran pernafasan. Selain itu, imun tubuh yang lemah dapat membuat wanita batuk berdahak.

4. Batuk Sakit Tenggorokan

Sistem kekebalan tubuh yang menurun membuat wanita hamil rentan terhadap penyakit. Tidak hanya batuk, namun saat hamil wanita juga akan merasakan sakit tenggorokan. Oleh karena itu, disarankan konsumsi vitamin dan makan makanan bergizi.

5. Batuk Disertai Sakit Kepala

Ciri-ciri selanjutnya yaitu batuk yang disertai dengan sakit kepala. Gejala awalnya yakni kepala yang terasa sangat sakit dan disertai dengan batuk pilek. Kepala terasa sakit bisa disebabkan karena aliran darah ke otak yang terganggu, karena Bunda lebih fokus untuk rahim dalam mempersiapkan kehamilan.

6. Batuk dan Cepat Lelah

Kondisi batuk seringkali diikuti dengan tubuh yang cepat lelah. Saat kehamilan, wanita akan sangat merasa lelah karena adanya perubahan hormon dan kebutuhan energi yang lebih banyak. Pada masa kehamilan, wanita biasanya ingin lebih banyak istirahat. 

7. Batuk dengan Sesak Nafas

Saat mempersiapkan kehamilan, biasanya tubuh akan merespon dengan adanya perubahan hormon. Selain itu, tubuh juga akan merespon jika adanya virus atau benda asing yang masuk ke tubuh dengan atuk. Adanya batuk bertujuan untuk menghilangkan zat asing atau virus keluar dari tubuh.

Artikel Lainnya: Kenapa Saat Batuk Perut Terasa Sakit?

Cara Mengobati Batuk Bawaan Hamil

Umumnya, batuk yang disebabkan oleh alergi tidak akan berdampak buruk untuk janin. Namun, jika batuk berlangsung selama berminggu-minggu diikuti dengan gejala lain seperti demam dan sesak nafas maka harus segera periksa dokter.

Sebelum ke dokter, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengobati batuk saat hamil, yaitu:

1. Mandi Air Hangat

Saat batuk muncul disertai dengan sesak nafas, Bunda bisa mengatasinya dengan mandi air hangat. Hal ini dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat dan melegakan sesak nafas.

2. Makan Sup

Supaya tubuh tetap sehat dan bugar, Bunda bisa coba makan sup hangat. Selain enak, sup hangat juga dapat meredakan batuk, sesak nafas, dan membuat pernafasan lebih lega karena mengurangi peradangan.

3. Madu dan Lemon

Sistem imun tubuh akan menurun saat sedang hamil. Oleh karena itu, harus banyak konsumsi makanan bergizi. Salah satu cara untuk meningkatkan imun adalah dengan konsumsi madu dan lemon. Cukup campurkan madu dan lemon ke dalam air hangat maka akan membantu mengatasi radang tenggorokan pemicu batuk.

4. Minum Vitamin

Saat sedang hamil sangat disarankan banyak konsumsi vitamin. Vitamin dapat membuat imun tubuh meningkat sehingga tidak mudah sakit. Hal ini penting karena sistem imun yang kuat akan bisa membuat tubuh cepat sembuh dari penyakit.

5. Kumur Air Garam

Manfaat kumur air garam bukanlah mitos belaka. Faktanya, berkumur dengan air garam menjadi salah satu solusi dalam mengatasi radang tenggorokan dan batuk. Cara membuatnya pun mudah, cukup larutkan garam ke dalam gelas berisi air hangat.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Nasi Goreng? 

Posisi Tidur Ibu Hamil Saat Batuk

Meskipun terdengar sepele, namun faktanya, posisi tidur yang salah dapat membuat batuk semakin parah terutama saat malam hari.

Oleh karena itu, aturlah posisi tidur dengan baik dan benar agar Bunda bisa tetap nyaman untuk tidur dalam keadaan batuk.

Lalu bagaimana cara atau posisi tidur Bumil saat sedang batuk? Untuk itu, Bunda bisa coba mengambil posisi tidur dengan memposisikan kepala lebih tinggi untuk mencegah dahak mengalir. Selengkapnya Bunda bisa cek artikel tentang posisi tidur saat batuk dan sesak nafas.

Apa yang Terjadi Pada Janin Jika Ibu Hamil Batuk?

Meskipun bukan jenis penyakit yang parah, namun batuk saat hamil tidak boleh disepelekan. Saat batuk, ada tekanan yang membuat perut bunda bergerak dari bawah ke atas.

Batuk yang berlangsung selama berminggu-minggu harus segera diperiksa ya, Bun. Demi menghindari dampak negatif kedepannya bagi janin. Disarankan untuk Bunda agar memeriksa ke dokter kandungan guna mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Etawaku, Susu Sehat untuk Ibu Hamil dan Bisa Mengatasi Batuk

Batuk jika terjadi terus menerus saat hamil tentunya mengkhawatirkan ya, Bun? Karena bisa menyebabkan ketidaknyamanan untuk Bunda serta mungkin membahayakan janin. Nah, untuk mengatasi masalah batuk, Bunda bisa minum Susu Etawaku Platinum.

Bukan hanya untuk batuk, Etawaku juga sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang dan sendi. Selain itu, susunya yang mengandung tinggi kalsium, protein, dan nutrisi baik lainnya pada dasarnya akan sangat dibutuhkan oleh Ibu Hamil.

Nutrisi yang terpenuhi saat hamil bisa menjaga kesehatan Bunda secara menyeluruh, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit dan bisa bugar selama kehamilan. Etawaku, susu kambing terbaik untuk mengatasi batuk dan berbagai masalah pernapasan atau masalah kesehatan lainnya!

Itulah ciri ciri batuk bawaan hamil yang harus bunda tahu. Jangan lupa tetap jaga kesehatan selama hamil, ya! Banyak cara yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga kesehatan, misalnya mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat untuk Ibu Hamil, dan berbagai upaya lainnya.

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar