logo etawaku
Search
Close this search box.

√ Susu Kambing untuk Batuk Berdahak: Cara Nikmat Atasi Batuk

Minum susu kambing untuk batuk berdahak menjadi langkah yang sering diambil dalam mengatasi masalah pernapasan seperti batuk.

Tidak heran, memang susu kambing dikenal akan manfaatnya yang sangat baik dalam menjaga kesehatan, salah satunya kesehatan saluran pernapasan dari berbagai infeksi dan peradangan, termasuk batuk berdahak.

Sampai sini mungkin kamu bertanya-tanya, apakah susu kambing benar-benar bisa menyembuhkan batuk? Apakah metode ini aman untuk mengobati batuk anak? Bolehkah minum susu kambing saat batuk berdahak?

Supaya tidak penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Diskon Hingga 40% Hari Ini! Susu Kambing Etawaku untuk Atasi Batuk Berdahak. Lihat Promonya Disini.

Apa Itu Batuk Berdahak?

Apa Itu Batuk Berdahak?

Sebelum membahas lebih lanjut manfaat susu kambing untuk batuk berdahak, mari kita ketahui dulu mengenai kondisi batuk disertai dahak.

Batuk berdahak merupakan salah satu respons tubuh terhadap benda asing yang masuk dalam saluran pernapasan yang menyebabkan produksi lendir berlebihan.

Biasanya, batuk berdahak paling sering disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Sebagai perlawanan, tubuh akan mengeluarkan lendir agar mikroorganisme tersebut terjebak dan keluar. Maka dari itu, jika kamu mengalami batuk berdahak, segera buang dahak yang keluar ya!

Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal lain, seperti:

  • Pneumonia akibat infeksi bakteri, virus, atau jamur.
  • Bronkitis, yaitu peradangan pada lapisan dalam bronkus.
  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) karena terpapar iritan dalam waktu yang lama.
  • Asma
  • Post nasal drip yang menyebabkan adanya dahak pada saluran napas bagian atas.

Perlu diperhatikan, jika tanda-tanda seperti dahak keluar bercampur darah, berwarna hijau atau kuning, muncul gejala sesak napas dan mengi, muncul keringat dingin di malam hari, serta demam finggi, maka segera periksa ke dokter.

Kenapa Susu Kambing Bagus untuk Pernapasan?

manfaat susu kambing untuk batuk berdahak

Mungkin kamu masih bingung, kenapa ada banyak manfaat susu kambing untuk batuk berdahak? Memangnya susu kambing punya kandungan apa sih

Berikut kandungan dalam susu kambing etawa:

1. Fluorin

Tahukah kamu? Ternyata, kandungan fluorin dalam susu kambing 10-100 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi loh!

Buat kamu yang masih kurang familiar dengan kandungan ini, fluorin merupakan salah satu zat antiseptik alami yang tentunya aman untuk menjaga saluran pernapasan, terutama paru-paru.

Dengan mengonsumsi susu kambing yang tinggi fluorin, kamu bisa melindungi paru-paru dengan lebih optimal, sehingga terhindar dari berbagai risiko infeksi yang bisa menyebabkan batuk berdahak.

Fluorin inilah yang menjadi alasan kenapa banyak ditemukan manfaat susu kambing untuk paru-paru.

2. Betakasein

Ini merupakan jenis protein yang terdapat dalam susu kambing yang mudah dicerna oleh tubuh karena sifatnya yang mirip dengan ASI.

Tentunya, kandungan ini bisa membantu menjaga kesehatan saluran pernapasan sehingga bisa meringankan gejala batuk berdahak.

Tak hanya itu, jenis protein ini cenderung tidak menyebabkan reaksi alergi pada tubuh. Lain halnya dengan protein yang ada dalam susu sapi yang bisa memicu gejala mual, muntah, diare, dan berbagai gangguan pencernaan lainnya.

3. Sodium

Kekurangan sodium bisa meningkatkan risiko terserang TBC yang bisa menyebabkan batuk berdahak. Selain itu, zat ini juga berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga bisa melawan berbagai infeksi dengan lebih optimal.

Maka dari itu, konsumsi susu kambing bisa membantu memenuhi asupan sodium dalam tubuh.

Dengan berbagai kandungan di atas, maka untuk pertanyaan apakah susu kambing bisa menyembuhkan batuk? Jawabannya, sangat bisa!

Etawaku Platinum, Susu Kambing untuk Batuk Berdahak

susu kambing terbaik untuk atasi batuk berdahak

Bicara soal Susu Kambing, maka produk terbaiknya yaitu Susu Etawaku Platinum yang memiliki banyak manfaat, seperti untuk kekuatan atau kesehatan tulang dan sendi, hingga untuk mengatasi berbagai masalah pernapasan (batuk, flu, pilek, dan lain sebagainya)

Etawaku Platinum hadir sebagai rekomendasi produk susu kambing untuk batuk berdahak. Produk kami memiliki berbagai kelebihan, seperti:

1. Tinggi Nutrisi

Etawaku Platinum mengandung berbagai gizi yang diperlukan tubuh. Bahkan, kandungan nutrisi dalam susu kambing Etawaku Platinum 3x lebih baik daripada susu sapi loh!

Tidak hanya fluorin, betakasein, dan sodium yang tinggi untuk menjaga saluran pernapasan. Susunya juga tinggi kalsium, sehingga memberikan manfaat yang sangat baik dalam menjaga kepadatan tulang.

2. Rendah Gula

Etawaku Platinum terbuat dari susu etawa murni dan krimer nabati rendah gula, serta tidak mengandung gula tambahan, sehingga aman untuk dikonsumsi semua kalangan, termasuk penderita diabetes.

3. Tidak Memicu Alergi

Susu Etawaku Platinum mudah dicerna oleh tubuh dan tidak menimbulkan reaksi alergi, sehingga bisa dikonsumsi untuk meredakan batuk berdahak tanpa memicu gejala gangguan pencernaan ya!

Bolehkah Minum Susu Kambing Saat Batuk?

Setelah mengetahui berbagai khasiat susu kambing untuk batuk berdahak, sekarang pertanyaannya, apa boleh meminumnya saat sedang batuk dahak?

Jika kamu pernah mendengar pantangan untuk mengonsumsi susu saat batuk, hal itu tidak benar ya! Konsumsi susu kambing bisa dilakukan kapan saja tanpa pantangan waktu, asalkan sesuai dengan anjuran minum dan tidak berlebihan.

Konsumsi susu kambing untuk mengatasi batuk berdahak tidak menyebabkan tubuh mengeluarkan lendir lebih banyak. So, kamu tidak usah risau kalau konsumsi susu kambing bisa membuat batuk semakin parah ya! Hal ini justru bisa membantu meringankan iritasi pada tenggorokan.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Itu dia berbagai fakta susu kambing untuk batuk berdahak, semoga bermanfaat ya!

Photo of author

Isna Hardikasari

2 pemikiran pada “√ Susu Kambing untuk Batuk Berdahak: Cara Nikmat Atasi Batuk”

Tinggalkan komentar