logo etawaku
Search
Close this search box.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nasi Goreng? Ini Fakta Lengkapnya!

Bolehkah ibu hamil makan nasi goreng? Mungkin itu menjadi salah satu pertanyaan yang sering Bunda lontarkan, ya? Bukan apa-apa, namun selama kehamilan, Bunda memang perlu berhati-hati dalam memilih makanan agar tidak menimbulkan bahaya bagi Bunda dan janin. 

Jadi, mari kita simak sampai akhir informasi dan fakta lengkap mengenai nasi goreng untuk ibu hamil, tips memasaknya, serta berbagai makanan yang direkomendasikan agar asupan nutrisi tetap terpenuhi dan kesehatan kandungan Bunda tetap terjaga!

Nasi goreng, salah satu menu makanan yang praktis dan disukai semua orang ini memang sulit untuk dihindari. Apalagi kini banyak penjual nasi goreng, mulai dari pedagang kaki lima hingga kafe-kafe elit. 

Namun rupanya, makanan ini kerap menimbulkan tanda tanya: bolehkan ibu hamil makan nasi goreng? 

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nasi Goreng

apakah boleh ibu hamil makan nasi goreng

Menu ini menggunakan bahan-bahan beragam serta penggunaan minyak yang cukup banyak saat memasak, sehingga dikhawatirkan bisa memberikan dampak buruk untuk kandungan.

Mitos yang sering didengar ketika ibu hamil mengonsumsi nasi goreng yaitu makanan ini bisa memicu penambahan berat badan Bunda secara drastis. Benarkah demikian?

Sebenarnya, jika menilik dari bahan utamanya, nasi merupakan sumber karbohidrat yang justru baik untuk sumber energi agar Bunda siap menjalani hari. Tak hanya itu, sumber karbohidrat ini juga bisa membantu mengurangi rasa mual yang sering Bunda alami loh!

Apalagi jika Bunda menggunakan topping yang beragam, seperti aneka sayuran dan telur. Bahan-bahan tersebut justru bisa menambah nilai gizi dalam satu sajian nasi goreng karena menjadi sumber vitamin, mineral, serta protein untuk dukung kehamilan yang sehat. 

Kembali ke pertanyaan awal, apakah ibu hamil boleh makan nasi goreng?

Jawabannya adalah boleh. Asalkan Bunda bisa selalu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  • Hindari konsumsi berlebihan.

Sebaiknya Bunda makan dalam porsi sedikit dan kunyah dengan perlahan agar tubuh bisa mencerna dengan lebih optimal. 

  • Pilih bahan yang bergizi.

Bunda bisa menambahkan sayuran seperti wortel, kacang polong, jagung, atau paprika sesuai selera. 

  • Gunakan minyak rendah lemak.

Batasi penggunaan garam (ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi garam hanya 5-6 gram atau 1 sendok teh setiap hari). 

  • Hindari Bumbu atau olahan makanan tertentu.

Hindari bumbu seperti kaldu instan atau MSG serta produk daging yang telah diproses seperti sosis atau daging kalengan karena tinggi sodium. 

  • Seimbangkan dengan makanan bergizi lain.

Makanlah makanan bergizi seperti aneka buah-buahan serta lengkapi dengan susu Etawaku Platinum yang kaya nutrisi dan baik untuk menjaga kesehatan Bunda dan janin. 

Resep Nasi Goreng Nikmat dan Sehat untuk Ibu Hamil

Nah, jika Bunda sudah mengetahui kejelasan soal Bolehkah ibu hamil makan nasi goreng dan ingin mengonsumsi nasi goreng yang sehat serta aman, Bunda bisa menggunakan resep nasi goreng tanpa MSG (untuk 3 porsi) berikut ini ya:

Bahan

  • 2 piring nasi sisa kemarin
  • 1 buah wortel ukuran sedang
  • ½ buah jagung manis
  • 5 buah buncis
  • 1 batang daun bawang, ambil bagian putihnya saja, dan iris tipis
  • 1 butir telur
  • 1 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 2 buah cabe merah
  • 1 sendok teh garam (tidak munjung)
  • ½ sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan margarin
  • 1 buah tomat segar

Cara Membuat

  1. Cuci bersih wortel, jagung, dan buncis dengan air mengalir.
  2. Potong dadu wortel, pipil jagung, dan potong buncis hingga ukurannya kecil.
  3. Rebus sayuran tersebut selama kurang lebih 5 menit, lalu tiriskan. 
  4. Ulek atau blender bawang putih, bawang merah, serta cabe hingga halus.
  5. Siapkan wajan, nyalakan kompor dengan api sedang, lalu masukkan margarin.
  6. Tumis aneka bumbu yang telah dihaluskan sampai harum.
  7. Orak arik telur, lalu masukkan daun bawang.
  8. Masukkan sebagian nasi, garam, dan gula, lalu aduk sampai merata.
  9. Tunggu selama beberapa saat, lalu masukkan semua nasi yang masih tersisa. Aduk sampai warna dan bumbunya merata.
  10. Masukkan aneka sayuran yang telah direbus, aduk hingga merata, lalu lakukan tes rasa. 
  11. Jika rasanya sudah sesuai selera, matikan kompor dan plating dengan irisan tomat segar sebagai topping. Nasi goreng sedap dan sehat siap Bunda santap.

Nah, jika Bunda memiliki kondisi kesehatan khusus seperti asam lambung, Bunda perlu menghindari penggunaan cabe dan tomat ya! Hal itu bertujuan untuk menghindari berbagai risiko yang bisa membahayakan Bunda dan janin. Penjelasan Lengkap: Apakah Asam Lambung Boleh Makan Nasi Goreng?

Rekomendasi Makanan untuk Ibu Hamil

Meskipun pertanyaan mengenai Bolehkah Ibu Hamil Makan Nasi Goreng sudah terjawab, di mana ternyata boleh-boleh saja.

Namun, jika Bunda tidak mau mengambil risiko dengan tetap makan nasi goreng, Bunda bisa memenuhi nutrisi selama kehamilan dengan mengonsumsi beberapa makanan lain seperti:

1. Daging Rendah Lemak

Daging merupakan sumber protein yang sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi Bunda dan Si Kecil dalam kandungan. 

Zat besi sendiri menjadi salah satu komponen yang penting dalam pembentukan sel darah merah, sehingga bisa mencegah terjadinya anemia. 

Bunda bisa memilih aneka daging merah atau dagin ayam ya. Hanya saja, pastikan bagian yang dikonsumsi adalah bagian yang rendah lemak agar terhindar dari risiko kelebihan berat badan. 

2. Ikan 

Tingginya kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan bisa membantu mengoptimalkan pembentukan dan perkembangan otak janin. Selain itu, ikan juga menjadi salah satu protein yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. 

Sebelum itu, pastikan Bunda tidak memilih ikan laut yang telah tercemar merkuri, karena kandungan ini bisa memberikan efek yang fatal. Bunda juga harus mengolah ikan dengan benar agar matang sempurna, sehingga terhindar dari risiko kontaminasi bakteri.

3. Buah dan Sayur

Aneka jenis buah dan sayuran merupakan sumber vitamin C yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama saat trimester pertama. Kandungan ini bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh serta melawan berbagai infeksi.

Artikel Terkait: Bolehkah Ibu Hamil Makan Salad Buah?

4. Produk Susu dan Turunannya

Mengonsumsi produk susu bisa membantu memenuhi nutrisi Bunda. Selain itu, susu juga bisa menjadi sumber energi jika Bunda sulit makan karena merasa mual terus menerus. Namun, pastikan Bunda tidak memiliki alergi atau intoleransi terhadap laktosa ya!

Nah, produk susu Etawaku Platinum menjadi rekomendasi susu yang tinggi nutrisi dan aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Etawaku terbuat dari susu kambing etawa asli di mana ada banyak manfaat susu kambing untuk ibu hamil.

Kelebihan lain yaitu susunya yang rendah laktosa, sehingga tidak menyebabkan gejala intoleransi laktosa.

Juga, kandungan gulanya sangat rendah. Jadi, Bunda tetap bisa mengonsumsi susu dengan nyaman tanpa perlu khawatir dengan efek sampingnya!

Yuk beli susu Etawaku Platinum sekarang juga dan dapatkan e-book 10 Tantangan Hidup Sehat Bersama Susu Etawaku secara gratis!

5. Telur 

Sumber protein ini sangat mudah didapatkan dan bisa diolah dengan berbagai cara yang nikmat. Telur juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bisa mendukung pertumbuhan sel dalam tubuh serta mengurangi risiko cacat lahir. 

6. Sereal 

Sereal yang terbuat dari gandum utuh memang tinggi mineral, vitamin B, karbohidrat, serta kalsium yang sangat penting untuk pertumbuhan janin dan menjaga kesehatan tubuh Bunda. 

Perlu diingat, sebaiknya Bunda memilih produk sereal yang rendah gula agar terhindar dari risiko diabetes gestasional ya! Jika ragu, sebaiknya Bunda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

7. Kacang-kacangan 

Berbagai jenis kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang baik bagi tubuh. Selain itu, kacang memiliki serat yang tinggi, sehingga bisa melancarkan kerja sistem pencernaan, mencegah sembelit, dan wasir. 

Bunda bisa mengonsumsi berbagai kombinasi jenis kacang seperti kacang polong, kacang tanah, atau lentil dalam menu makanan sehat setiap hari ya!

Itu dia informasi dan fakta mengenai bolehkah ibu hamil makan nasi goreng? Resep nasi goreng nikmat yang bisa Bunda coba di rumah, serta berbagai rekomendasi makanan sumber nutrisi yang baik untuk Bunda dan Si Kecil. Semoga bermanfaat ya!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar