logo etawaku
Search
Close this search box.

Manfaat Susu Kambing untuk Ibu Hamil, Bolehkah Meminumnya?

Buat bunda yang masih ragu dan bertanya-tanya mengenai bolehkah ibu hamil minum susu kambing atau apa saja manfaat susu kambing untuk ibu hamil? Bunda bisa cek penjelasanya di artikel ini, ya!

Bagi bunda yang belum terlalu familiar dengan susu kambing, susu ini memiliki karakteristik khusus yang bisa dibedakan dengan susu sapi, yaitu warna yang lebih putih. Hal itu disebabkan karena susu kambing tidak memiliki kandungan karoten seperti pada susu sapi, yang memberikan warna kekuningan.

Ciri khas lain dari yaitu sifatnya yang lebih mudah dicerna daripada susu sapi, sehingga penyerapan asam amino dalam tubuh menjadi lebih baik.

Susu kambing juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kalsium yang terdapat dalam satu gelasnya bahkan 33 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi (dalam takaran yang sama).

Manfaat Minum Susu Kambing untuk Ibu Hamil


Dengan kandungan dan kelebihan susu kambing, tak heran kalau kita bisa mendapatkan banyak manfaat darinya, termasuk untuk ibu hamil. Berikut ini penjelasan mengenai apa saja Manfaat Susu Kambing untuk Ibu Hamil:

1. Memperlancar Produksi ASI

Sebuah penelitian menyebutkan, bahwa rutin minum susu kambing untuk ibu menyusui terbukti mampu meningkatkan produksi ASI secara signifikan selama masa menyusui. Hal itu disebabkan oleh tingginya kandungan kalsium pada susu kambing. 

Namun, sebaiknya bunda pastikan susu kambing yang dikonsumsi memiliki kualitas yang baik. Selain itu, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika bunda memiliki alergi tertentu terhadap produk susu.

2. Menjaga Kekuatan Tulang Ibu Hamil

Kepadatan tulang yang menurun sepertinya menjadi salah satu masalah yang cukup sering dialami oleh ibu hamil. Hal itu bisa terjadi karena asupan kalsium yang didapat oleh ibu hamil juga digunakan untuk menunjang perkembangan janin dalam kandungan.

Makanya, kalsium menjadi salah satu komponen yang sangat penting untuk dipenuhi selama proses kehamilan.

Dengan kandungan kalsium yang tinggi, bunda bisa memanfaatkan susu kambing dalam mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang.

Dikutip dari U.S. Department of  Agriculture, kandungan kalsium dalam 100 mL susu kambing mencapai 125 mg. Sementara itu, kebutuhan kalsium per hari pada ibu hamil adalah sebanyak 1500 mg.

3. Mendukung Perkembangan Bayi

Susu kambing memiliki protein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi, susu almond, maupun susu kedelai.

Selain itu, ternyata proteinnya juga lebih mudah untuk dicerna tubuh, di mana protein ini sangat dibutuhkan dalam masa perkembangan janin dalam kandungan hingga mendukung perkembangan bayi.

Artikel Terkait: Manfaat Susu Kambing untuk Anak.

4. Menurunkan Risiko Rakitis Neonatal

Apa itu rakitis neonatal? Rakitis neonatal yaitu salah satu gangguan tulang yang terjadi pada bayi akibat kekurangan vitamin D.

Bayi yang menderita rakitis neonatal menunjukkan gejala tulang lemah, lunak, atau memiliki kelainan bentuk.

Untuk menghindari itu, Bunda bisa rutin minum susu kambing. Hal ini karena dalam 100 mL susu kambing terdapat kandungan vitamin D sebanyak 51 IU. Jumlah itu lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi.

Vitamin D inilah yang akan membantu tubuh dalam menyerap kalsium dan fosfat sehingga terhindar dari risiko rakitis neonatal.

5. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Ibu Hamil

Susu kambing memiliki kandungan lemak sehat yang tinggi di mana lemak sehat bisa membantu berbagai gangguan pencernaan serta mempercepat proses metabolisme.

Belum lagi sifatnya yang antasida, sehingga bisa membantu meredakan nyeri pada ulu hati dan gangguan lambung secara efektif.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Kambing?

bolehkah ibu hamil minum susu kambing

Berbagai manfaat susu kambing untuk ibu hamil yang telah dipaparkan di atas tentu saja membuktikan bahwa susu kambing aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Meskipun memiliki banyak manfaat, bahayakah jika diminum ibu hamil?

Menurut dr. Arrum Putri Amalia, boleh saja ibu hamil minum susu kambing selama tetap mengonsumsinya dalam batas yang wajar (hindari juga gula tambahan agar tidak mengalami kondisi diabetes saat hamil).

Selain itu, selalu pastikan produk yang dikonsumsi memiliki kualitas yang bagus dan telah melewati proses pasteurisasi. Pasalnya, konsumsi susu kambing tanpa melewati proses pasteurisasi bisa memicu berbagai masalah pencernaan, seperti keracunan makanan.

Susu kambing tanpa pasteurisasi lebih rentan terkontaminasi bakteri, baik dari kondisi hewan yang terinfeksi, kebersihan alat atau lingkungan yang tidak terjaga, maupun terkena bakteri saat bersentuhan dengan tangan pemerah.

Selain itu, sebaiknya bunda juga berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk rutin mengonsumsi susu kambing, agar bisa terhindar dari berbagai risiko seperti alergi dan dampak negatif lain yang tidak diinginkan.

Demikian beberapa informasi terkait manfaat susu kambing untuk ibu hamil! Artikel di atas tersedia juga dalam bentuk infografis, yuk simpan.

5 Manfaat Susu Kambing untuk Ibu Hamil
Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar