logo etawaku
Search
Close this search box.

6 Manfaat Susu Kambing untuk Anak, Bunda Harus Tahu!

Bunda, memberikan nutrisi terbaik untuk anak akan membuatnya tumbuh dengan optimal. Salah satu caranya yaitu dengan memberikannya susu kambing. Sudah tahukah Bunda tentang berbagai manfaat susu kambing untuk anak? Jika belum tahu, yuk simak artikel ini sampai akhir!

Apa yang Bunda pikirkan mengenai produk susu untuk pertumbuhan anak? Mungkin langsung terbersit tentang berbagai merek susu sapi ya? Nah, tahukah Bunda? Ternyata, selain susu sapi, susu kambing juga tak kalah bagus untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Hal ini disebabkan karena kandungan susu kambing etawa memiliki kadar protein yang lebih tinggi ketimbang berbagai produk susu formula untuk bayi lainnya. Selain itu, susu kambing juga memiliki kandungan berbagai mineral, seperti natrium, kalium, kalsium, serta fosfor.

Seperti yang dikutip dari laman Alodokter, dalam satu gelas susu kambing etawa murni saja (sekitar 200 mL), terdapat berbagai nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori 130 kkal
  • Protein 9 gram
  • Lemak 5 gram
  • Karbohidrat 13 gram
  • Kalsium 200 miligram
  • Fosfor 160 miligram
  • Zat besi 5 miligram
  • Natrium 70 miligram
  • Kalium 320 gram

Manfaat Susu Kambing untuk Anak

manfaat susu kambing etawa untuk anak

United State Department of Agriculture (USDA) bahkan menyebutkan bahwa gizi yang terkandung dalam susu kambing etawa mendekati komposisi sempurna ASI. Namun perlu digaris bawahi, hal ini bukan berarti susu kambing bisa menggantikan ASI ya Bun!

Bunda bisa memberikan susu kambing jika Si Kecil telah berusia 2 tahun, karena ada beragam manfaat susu kambing untuk anak, seperti:

1. Mengoptimalkan Pertumbuhan Anak

Bunda, tingginya kandungan protein dalam susu kambing bisa mendukung pertumbuhan Si Kecil agar lebih optimal. 

Misalnya, kebutuhan protein yang dibutuhkan oleh anak usia 1-3 tahun adalah 20 gram perhari. Dengan mengonsumsi satu gelas susu kambing saja, bisa mencukupi kebutuhan proteinnya sebanyak 45%.

Sebagaimana kita ketahui, protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam membentuk sel dan jaringan tubuh, menjaga kekebalan, serta berperan sebagai sumber energi. 

Pemberian susu kambing digadang-gadang juga bisa menjadi salah satu solusi yang cukup efektif dalam upaya pencegahan stunting loh Bun! 

2. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Tingginya kandungan kalsium dan fosfor dalam susu kambing bisa membantu pertumbuhan serta kekuatan tulang Si Kecil. 

Tentunya, kepadatan tulang anak bisa menjadi fondasi agar ia memiliki tulang yang kuat dan terhindar dari risiko osteoporosis atau tulang keropos di kemudian hari . 

Tak hanya itu, terpenuhinya kebutuhan kalsium di masa kecil juga bisa mendukungnya agar tumbuh lebih tinggi.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Konsumsi susu kambing bisa meningkatkan produksi imunoglobulin, yaitu protein yang berperan dalam melawan berbagai mikroorganisme penyebab penyakit dalam tubuh. 

Hal itu disebabkan karena susu kambing memiliki kandungan selenium, yaitu salah satu mineral yang berperan dalam melindungi sel tubuh dari berbagai kerusakan, sehingga lebih optimal dalam melawan berbagai infeksi penyakit. 

Baca Juga: Manfaat Minum Susu Kambing Etawa Sebelum Tidur.

4. Menjaga Fungsi Organ Pencernaan

Kandungan probiotik dalam susu kambing lebih tinggi daripada susu sapi. Bukan hanya itu, jenis prebiotik yang ada dalam susu kambing juga sama dengan yang terdapat pada air susu ibu. 

Adanya prebiotik ini bisa membantu mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan Si Kecil, sehingga fungsi organnya semakin lancar.

5. Mudah Dicerna dan Diserap Tubuh

Berbeda dengan susu sapi, gumpalan protein yang terdapat dalam susu kambing berukuran lebih kecil, sehingga bisa lebih mudah dicerna serta zat gizinya lebih mudah diserap oleh tubuh Si Kecil. 

6. Meningkatkan Berat Badan Si Kecil

Bunda, jika Si Kecil memiliki berat badan yang kurang dari rata-rata, coba berikan ia susu kambing. Minuman ini sangat baik dalam membantu meningkatkan berat badan loh Bun!

Hal ini disebabkan karena susu kambing memiliki jumlah kalori dan asam lemak esensial yang cukup tinggi, namun mudah dibakar oleh tubuh, sehingga bisa menjadi sumber energi sekaligus menambah berat badan Si Kecil. Di artikel sebelumnya, kami juga telah membahas berbagai hal terkait susu penambah berat badan anak 2 tahun.

Apakah Susu Kambing Bagus untuk Anak-Anak?

kandungan susu kambing

Setelah membaca berbagai manfaat susu kambing untuk anak di atas, tentu Bunda sudah bisa menarik kesimpulan, bukan?

Susu kambing memang bagus untuk anak-anak. Selain kaya akan nutrisi, susu kambing juga memiliki risiko alergi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi, karena kandungan laktosa dan kaseinnya yang lebih rendah. 

Laktosa merupakan gula alami yang terdapat dalam susu. Beberapa anak yang mengalami intoleransi laktosa yang bisa menimbulkan berbagai gejala seperti gangguan pencernaan setelah minum susu. 

Sementara kasein adalah protein yang ada dalam susu. Beberapa anak memiliki alergi terhadap susu karena tubuh menganggap kasein ini sebagai benda asing. Maka dari itu, ketika ia mengonsumsi susu, bisa muncul berbagai gejala seperti ruam, gangguan pencernaan, bahkan sesak napas. 

Namun, sebelum Bunda memberikan susu kambing untuk Si Kecil, ada beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan, yaitu:

1. Pilih Susu Kambing Rendah Gula

Bunda, sistem pencernaan Si Kecil memang belum sempurna jika digunakan untuk mencerna makanan tinggi gula. Selain itu, konsumsi gula berlebih juga bisa memberikan dampak yang buruk bagi Si Kecil, sebut saja risiko obesitas yang semakin meningkat. 

Maka dari itu, ketika memilih produk susu kambing untuk anak, pastikan Bunda pilih yang rendah kandungan gula ya! Kalau bisa Bunda malah disarankan untuk memilih susu kambing tanpa menggunakan gula tambahan agar manfaat susu kambing untuk anak semakin optimal. 

2. Pastikan Nutrisi Lengkap

Bunda tentu ingin Si Kecil tumbuh dengan sehat dan cerdas bukan? Nah, salah satu caranya yaitu dengan memberikan susu kambing yang memiliki nutrisi yang lengkap.

Seperti yang telah kita ketahui, pemberian nutrisi sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak, apalagi di periode emasnya. Jika nutrisi Si Kecil terpenuhi, maka pertumbuhan fisik, emosional, serta kecerdasannya bisa semakin optimal. 

3. Baca Aturan Pakai

Bunda perlu ingat, meskipun ada berbagai manfaat susu kambing untuk anak, namun pemberian susu kambing juga harus diperhatikan. Jadi, jangan berikan dalam jumlah yang berlebihan ya, Bunda!

Pasalnya, jika kita tarik dari manfaat susu kambing yang bisa meningkatkan berat badan, pemberian susu kambing dalam jumlah terlalu banyak dapat meningkatkan berat badan Si Kecil secara berlebihan. 

Merk Susu Kambing untuk Anak

Nah, bagaimana? Manfaat susu kambing yang tak kalah dari susu sapi pasti membuat Bunda terpikir untuk mulai beralih produk, bukan? 

Susu Kambing Etawaku Platinum menjadi rekomendasi merk susu kambing yang punya manfaat dahsyat untuk anak loh Bun! Pasalnya, Etawaku terbuat dari 80% susu kambing etawa asli tanpa gula tambahan. 

Jadi, tak hanya murni, susu kambing Etawaku Platinum juga rendah gula ya, Bun! 

Belum selesai sampai situ, nutrisi dalam susu kambing Etawaku Platinum juga 3 kali lebih baik jika dibandingkan dengan susu sapi! Tentu saja ini menjadi kabar baik bagi Bunda yang ingin anaknya tumbuh dengan optimal. 

Kalsium yang tinggi dalam produk susu kambing ini juga bisa menjaga kepadatan tulang Si Kecil agar ia semakin kuat dan aktif bergerak!

Cukup berikan Si Kecil dua gelas susu Etawaku Platinum setiap pagi dan malam hari, bantu ia mencukupi nutrisi agar tumbuh sehat setiap saat!

Yuk, beli Etawaku Platinum sekarang! Karena Etawaku Lebih Murni, Lebih Kaya Nutrisi!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar