logo etawaku
Search
Close this search box.

Apakah Asam Lambung Boleh Minum Susu? Ini Penjelasan Lengkapnya

Apakah asam lambung boleh minum susu? Mungkin itu menjadi salah satu pertanyaan yang paling sering muncul di kepala ketika kamu punya masalah asam lambung ya?

Wajar saja, kita memang sering dicekoki dengan informasi bahwa susu tidak baik untuk penderita asam lambung. Tapi apakah hal tersebut benar? Yuk kita cari tahu bersama tentang fakta susu bagi penderita asam lambung!

Susu dianggap menjadi salah satu minuman sehat yang kaya nutrisi. Bagaimana tidak? Dalam satu gelasnya saja, terdapat berbagai kandungan yang diperlukan oleh tubuh. Sebut saja kalsium, magnesium, protein, vitamin lengkap dan sebagainya. 

Maka dari itu, susu menjadi salah satu minuman pelengkap nutrisi sehari-hari yang sangat baik untuk menunjang pertumbuhan serta menjaga kesehatan kita.

Diskon 40% Hari Ini. Sembuhkan Asam Lambung dengan Susu Etawaku Platinum. Lihat Promonya Disini!

Apakah Asam Lambung Boleh Minum Susu?

Apakah Penderita asam Lambung Boleh Minum Susu

Beberapa penderita asam lambung menyatakan bahwa konsumsi susu bisa membantu mengatasi sensasi terbakar (heartburn) yang muncul saat asam lambung kambuh. Sementara beberapa sisanya menyatakan bahwa susu bisa memperparah gejala asam lambung. 

Lantas, bagaimana kebenarannya? Apakah penderita asam lambung boleh minum susu?

Sebenarnya, hingga saat ini, jawaban untuk pertanyaan tersebut masih menimbulkan perdebatan. Belum ada bukti yang cukup kuat yang menyatakan bahwa penderita asam lambung boleh minum susu. 

Nah, jika kamu memiliki masalah asam lambung dan ingin mengonsumsi susu, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Pilih Susu Rendah Lemak

Tahukah kamu? Dalam satu cangkir susu full cream (245 mL) memiliki kandungan lemak sebanyak 8 gram. Padahal, kebutuhan lemak harian kita adalah sekitar 60-75 gram saja. Artinya, mengonsumsi satu cangkir susu telah memenuhi kebutuhan lemak sekitar 10%.

Selain itu, ada satu hal lain yang perlu kita perhatikan, yaitu fakta bahwa makanan berlemak menjadi salah satu pantangan bagi penderita asam lambung. 

Hal ini disebabkan karena kandungan lemak bisa membuat otot LES (lower esophageal sphincter) menjadi rileks dan kendor, sehingga bisa meningkatkan risiko asam lambung kembali naik ke kerongkongan. 

Untuk itu, kamu perlu memilih susu dengan kandungan lemak yang lebih rendah, seperti susu kambing Etawaku Platinum. Dalam satu gelas Susu Etawaku, kandungan lemak totalnya hanya 8 gram, sementara lemak jenuhnya hanya 2,5 gram saja. 

Tentunya, dengan kandungan lemak yang rendah dalam susu Etawaku Platinum ini, kamu yang memiliki masalah asam lambung tetap bisa mengonsumsi susu dengan aman tanpa terganggu.

Itulah alasan kenapa Etawaku menjadi merk susu kambing untuk asam lambung yang terbaik.

2. Perhatikan Kandungan Nutrisi

Kandungan nutrisi yang lengkap merupakan salah satu prioritas utama dalam pemilihan produk susu untuk penderita asam lambung. 

Pasalnya, nutrisi harian yang lengkap dan tercukupi bisa menjadi salah satu cara agar penderita asam lambung lebih cepat pulih. 

Susu Etawaku Platinum menjadi pilihan tepat bagi penderita asam lambung. Bukan hanya memiliki nutrisi 3 kali lebih tinggi daripada susu sapi, namun susu kambing juga memiliki sifat yang mudah dicerna oleh tubuh. 

Hal itu juga memberikan kelebihan agar lambung tidak perlu bekerja dengan keras untuk memecah berbagai kandungan yang ada dalam susu.

3. Jangan Konsumsi Berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Hal itu juga berlaku untuk jumlah konsumsi susu bagi penderita asam lambung. 

Perut yang terlalu penuh akan memberikan tekanan yang lebih tinggi pada lambung, sehingga semakin mendorong asam lambung untuk kembali ke kerongkongan. 

Apakah Minum Susu Bisa Mengurangi Asam Lambung?

Jika di atas kita telah membahas mengenai kandungan lemak yang bisa memperparah gejala asam lambung, maka saat ini kita akan mencari tahu apakah minum susu bisa mengurangi asam lambung?

Jawabannya, mungkin saja bisa!

Ada beberapa kandungan dalam susu yang bisa berperan dalam membantu meringankan gejala asam lambung, yaitu:

Kalsium 

Seperti yang kita ketahui, susu merupakan salah satu makanan sumber kalsium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Nah, selain itu, ternyata kandungan kalsium dalam susu juga bisa berperan sebagai antasida alami loh!

Tentu kamu sudah tidak asing dengan obat antasida yang bisa membantu menetralkan keasaman dalam lambung, bukan?

Sebuah penelitian dengan sampel 18 orang yang mengalami heartburn menyebutkan bahwa konsumsi kalsium karbonat bisa meningkatkan ketegangan pada otot LES, sehingga bisa mencegah terjadinya heartburn.

Protein 

Mengonsumsi sumber protein seperti susu juga disebut-sebut bisa meredakan heartburn yang kerap dialami oleh penderita asam lambung. Hal itu disebabkan karena protein bisa membantu merangsang sekresi gastrin. 

Nah, gastrin ini merupakan hormon yang diproduksi oleh tubuh untuk meningkatkan kontraksi otot LES serta mempercepat pengosongan lambung, sehingga risiko kembalinya isi lambung ke kerongkongan bisa menurun. 

Meski demikian, fakta mengenai protein yang bisa meredakan atau  justru memperparah asam lambung masih memerlukan penelitian lebih lanjut. 

Atasi Asam Lambung dengan Susu Etawaku

Selain karena rendah lemak seperti yang sudah dijelaskan di atas. Etawaku dapat mengatasi masalah asam lambung karena salah satu kandungannya, yaitu Asam Lemak Essensial 35% (lebih tinggi dibandingkan susu sapi), sehingga susunya memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pencernaan tubuh seperti asam lambung.

Etawaku Platinum yang terbuat dari susu kambing etawa juga tidak menimbulkan alergi dan susunya lebih mudah dicerna, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

Yuk! Beli Susu Etawaku Platinum Sekarang.

Asam Lambung Tidak Boleh Minum Apa Saja?

Jika penderita asam lambung boleh minum susu asalkan tetap memperhatikan beberapa hal seperti yang telah disebutkan di atas, lantas apakah ada minuman yang menjadi pantangan bagi penderita asam lambung?

Jawabannya, ada!

Beberapa minuman memang menjadi pantangan yang harus dijauhi oleh penderita asam lambung, seperti:

1. Jus Buah Sitrus

Buah yang termasuk dalam golongan sitrus memiliki sifat asam yang bisa memperparah refluks asam lambung. Selain itu, asam sitrat yang terdapat dalam golongan buah ini juga dapat mengiritasi kerongkongan. 

Jadi, kamu perlu menghindari berbagai jenis jus buah sitrus seperti jeruk, lemon, tangarine, jeruk nipis, atau grapefruit ya!

Baca Juga: Manfaat Susu Campur Pisang.

2. Kopi 

Kopi dan minuman berkafein lainnya bisa meningkatkan produksi asam dalam lambung, sehingga risiko kambuhnya asam lambung semakin meningkat.

3. Minuman Beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol bisa membuat otot LES menjadi lemah serta meningkatkan produksi asam lambung. Hal inilah yang membuat minuman beralkohol menjadi pantangan bagi penderita asam lambung. 

4. Minuman Berkarbonasi

Maraknya minuman berkarbonasi membuat kita semakin sulit untuk menghindarainya. Namun, di balik sensasi unik yang kita rasakan saat mengonsumsinya, ternyata jenis minuman berkarbonasi tidak baik untuk penderita asam lambung loh!

Pasalnya, minuman berkarbonasi bisa menyebabkan perut menjadi mengembang, sehingga tekanan terhadap otot sfingter menjadi meningkat dan mendorong asam lambung untuk kembali naik ke kerongkongan. 

5. Cokelat 

Minum cokelat panas di tengah cuaca yang sedang dingin memang memberi kenikmatan tersendiri. Namun, akan lain cerita jika kamu memiliki masalah asam lambung. 

Sebagaimana kita ketahui, cokelat memiliki kandungan kakao dan kafein yang bisa meningkatkan gejala refluks asam lambung. 

Maka dari itu, sebisa mungkin penderita asam lambung menghindari konsumsi cokelat dalam segala bentuk ya, mulai dari susu cokelat bahkan hingga cokelat panas. 

6. Minuman Tinggi Lemak dan Kalori

Terlalu sering mengonsumsi minuman yang tinggi lemak dan kalori bisa menyebabkan berat badan naik secara drastis. Tentunya hal ini tidak baik bagi kesehatan tubuh kita secara menyeluruh, 

Bukan hanya itu, jenis minuman ini juga bisa membuat fungsi otot LES menjadi tidak optimal dan kendor, sehingga asam lambung bisa lebih mudah naik ke kerongkongan dan menimbulkan berbagai sensasi yang tidak nyaman. 

Itu dia jawaban atas pertanyaan mengenai apakah asam lambung boleh minum susu? Fakta tentang kandungan susu yang berpotensi meredakan gejala asam lambung, serta berbagai minuman yang menjadi pantangan bagi penderita asam lambung. Semoga bermanfaat!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar