logo etawaku
Search
Close this search box.

15+ Manfaat Susu Campur Pisang dan Bolehkah Dimakan Bersamaan?

Bagi kamu pecinta smoothies, tentu sudah tidak asing dengan menu banana smoothie ya? Salah satu minuman segar yang menggunakan campuran pisang dan susu sebagai bahan utama ini tak hanya memiliki rasa nikmat, namun juga kaya manfaat, loh! 

Penasaran dengan berbagai manfaat susu campur pisang? Yuk ulik berbagai fakta unik tentang konsumsi susu campur pisang yang baik untuk ibu hamil, bayi, menambah berat badan, serta manfaat lainnya dalam artikel ini!

Pisang dan susu, dua bahan yang bisa didapatkan dengan sangat mudah ini memang terkenal akan gizinya yang lengkap dan memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. 

Susu dan Pisang, 2 Sumber Nutrisi Tinggi untuk Tubuh

Sebelum membahas manfaat susu campur pisang, mari kita pahami dulu soal nutrisi yang ada di dalam keduanya.

Susu dan Pisang, 2 Sumber Nutrisi Tinggi untuk Tubuh

Susu sendiri merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan kandungan kalsium yang sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang, kontraksi otot, serta fungsi saraf. Tak hanya itu, susu juga menjadi sumber protein, vitamin B, fosfor, kalium, dan berbagai nutrisi lainnya.

Sementara itu, pisang menjadi salah satu buah-buahan yang tinggi serat, mangan, kalium, serta vitamin B6 yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

Dan seperti jenis buah lainnya, pisang juga memiliki kandungan vitamin C dalam jumlah yang tinggi. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan yang sangat baik untuk melindungi sel dari kerusakan. 

Dengan mencampurkan satu buah pisang matang dengan satu cangkir susu, kamu bisa mendapatkan berbagai nutrisi sebagai berikut:

Nutrisi 1 Buah Pisang Matang1 Cangkir SusuSusu Campur Pisang
Kalori108 kalori149 kalori257 kalori
Protein1,3 g7,69 g8,99 g
Karbohidrat27 g11 g38 g
Serat Pangan3 g0 g3 g
Lemak0,33 g7,93 g8,26 g
Kalsium5 mg276 mg281 mg
Fosfor 22 mg84 mg106 mg

Manfaat Susu Campur Pisang

Kamu bisa mendapatkan beragam manfaat saat mengonsumsi susu campur pisang, seperti:

1. Mempercepat Pemulihan Pasca Olahraga

Minuman ini bisa membantu mempercepat proses pemulihan setelah olahraga. Kandungan protein dalam campuran susu (yaitu whey dan kasein) dan pisang berfungsi dalam memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, sekaligus mempercepat proses sintesis otot.

Campuran susu dan pisang juga bisa menjadi sumber karbohidrat yang penting untuk membangun glikogen dalam otot.

Nah, glikogen ini merupakan salah satu bentuk glukosa yang bisa digunakan sebagai energi cadangan.

Kamu bisa membuat banana milkshake yang nikmat dan segar untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Namun sebelum itu, pastikan kamu tidak menggunakan gula tambahan dalam jumlah yang terlalu banyak agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan lainnya, ya!

2. Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian yang ditulis oleh Dr. George Harrop dan dimuat dalam Journal of the American Medical Association, menunjukkan manfaat dicampurnya susu dan pisang yang bisa digunakan sebagai metode diet yang baik bagi penderita obesitas.

Dalam penelitian tersebut, Harrop merekomendasikan konsumsi 6 buah pisang dan 4 gelas susu skim setiap hari selama 10 hari. Hasilnya, metode ini bisa menurunkan berat badan sekitar 1,8-4 kg.

Metode bernama fad diet ini bahkan menjadi salah satu metode diet paling populer di Amerika Serikat.

Di samping itu, menurunkan berat badan dengan konsumsi susu campur pisang perlu disertai dengan konsumsi makanan sumber protein dan serat, sehingga berat badan bisa turun tanpa membuat rasa lapar berlebihan.

Tak hanya itu, minum air putih dalam jumlah yang cukup juga sangat penting, mengingat tubuh kita memerlukan air agar tetap terhidrasi dengan baik dan membuang racun.

3. Menjaga Kepadatan Tulang

Kandungan kalsium yang tinggi dalam susu dan pisang sangat baik dalam menjaga kepadatan dan kekuatan tulang kita. 

Pastikan kamu memilih produk susu kaya kalsium seperti susu Etawaku Platinum. Produk kami terbuat dari susu kambing etawa asli yang terkenal akan kandungan kalsiumnya yang tinggi, sehingga bisa mencegah risiko pengeroposan tulang. 

Beli Paket 2 Box Susu Etawaku

Menariknya, kalsium yang ada dalam susu kambing Etawaku Platinum lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi.

4. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat pangan dalam susu campur pisang bisa membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, konsumsi serat pangan juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, serta mencegah berbagai penyakit loh!

5. Menjaga Tekanan Darah

Mengonsumsi susu campur pisang bisa membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Pasalnya, kedua bahan ini memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi dan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari. 

Maka dari itu, konsumsi susu campur pisang sangat disarankan bagi penderita darah tinggi. Jika tekanan darah stabil, fungsi jantung akan berfungsi dengan lebih optimal dan kita bisa terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya lainnya. 

Manfaat Makan Pisang Campur Susu Sebelum Tidur

Selain baik untuk dikonsumsi setelah olahraga, rupanya mengonsumsi susu dan pisang sebelum tidur juga bisa memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, seperti:

1. Mencegah Kram Otot 

Kondisi ini kerap dialami oleh ibu hamil di malam hari. Manfaat ini bisa didapatkan dari kandungan kalium yang bisa membantu mengendurkan otot dan mencegah kram yang bisa mengganggu kualitas tidur kita.

2. Mengurangi Stres

Kandungan magnesium yang tinggi dalam susu dan pisang bisa membantu mengurangi stres dan gangguan kecemasan. Dengan demikian, kamu bisa merasa lebih rileks dan tidur dengan lebih nyenyak. 

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Susu merupakan sumber asam amino triptofan yang bisa meningkatkan produksi melatonin. Nah, melatonin atau hormon mengantuk inilah yang bisa mempercepat kita agar mengantuk sehingga terhindar dari risiko insomnia. 

Susu Dicampur Pisang Bisa Menambah Berat Badan?

Terkait konsumsi susu yang dicampur dengan pisang, banyak orang yang menanyakan terkait risikonya, salah satunya apakah bisa memicu berat badan bertambah?

Mengenai hal itu, jawabannya adalah iya, jika berlebihan dalam mengonsumsi susu campur pisang maka dapat menyebabkan berat badan bertambah, hal ini disebabkan karena susu campur pisang memiliki kalori yang cukup tinggi.

Maka dari itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi susu campur pisang dalam jumlah yang secukupnya agar tidak mengalami peningkatan berat badan yang signifikan.

Artikel Lainnya: Apakah Susu Kambing Bisa Menambah Berat Badan?

Manfaat Pisang Susu untuk Ibu Hamil

Nah, jika di pembahasan sebelumnya kita sudah membahas mengenai manfaat susu campur pisang, kali ini kita akan membahas mengenai salah satu jenis pisang, yaitu pisang susu bagi ibu hamil. 

Konsumsi pisang susu bagi ibu hamil bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan janin dan ibu loh, seperti:

1. Meredakan Morning Sickness

Morning sickness atau perasaan mual dan muntah memang kerap dirasakan oleh ibu hamil. Tapi tidak perlu khawatir, karena mengonsumsi pisang susu bisa membantu meredakan permasalahan ini.

Hal itu disebabkan karena pisang menjadi sumber vitamin B6 serta piridoksin yang bisa meredakan gejala mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil.

2. Sebagai Sumber Energi

Kandungan gula sederhana seperti glukosa, fruktosa, serta sukrosa yang terdapat dalam pisang susu bisa dimetabolisme dengan cepat oleh tubuh. Makanya, konsumsi pisang bisa meningkatkan energi dengan cepat. 

3. Mencegah Edema

Edema merupakan salah satu gangguan yang menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki serta persendian lainnya yang sering menyerang ibu hamil. Mengonsumsi pisang susu bisa menjadi salah satu langkah tepat mengatasinya.

4. Menunjang Kesehatan Janin

Pisang memiliki kandungan asam folat yang sangat baik untuk mendukung perkembangan janin dalam kandungan. 

Selain itu, tingginya vitamin B6 yang terkandung dalam pisang juga bisa membantu perkembangan sistem saraf bayi, sehingga risiko cacat lahir bisa berkurang. 

5. Mencegah Sembelit

Serat pangan yang cukup tinggi dalam pisang susu bisa membantu melancarkan pencernaan serta mencegah sembelit yang sering dialami oleh ibu hamil. 

6. Menjaga Tekanan Darah

Konsumsi pisang susu untuk ibu hamil dalam jumlah yang wajar bisa membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Hal ini disebabkan karena pisang mengandung kalium yang bisa mengontrol tingkat tekanan darah dalam tubuh. 

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Salad Buah?

Manfaat Pisang Susu untuk Bayi

Manfaat Pisang Susu untuk Bayi

Buah ini memiliki tekstur yang lunak, sehingga mudah ditelan oleh bayi, terutama sebagai makanan pendamping ASI (MPASI).

Tingginya kadar vitamin C serta nutrisi lengkap lainnya dalam pisang susu juga sangat bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh si kecil serta menjaga kesehatan kulitnya. Rasa dari pisang susu juga manis, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh bayi.

Kamu bisa membuat berbagai olahan makanan untuk MPASI dengan bahan pisang susu, seperti bubur pisang.

Jika penasaran, kamu bisa mencoba langkah mudah membuat bubur pisang anti gagal sebagai berikut:

  1. Siapkan satu buah pisang susu dan ASI atau susu formula secukupnya.
  2. Kupas dan potong pisang pisang kecil-kecil.
  3. Masukkan ke dalam wadah dan lumatkan dengan garpu.
  4. Campurkan dengan ASI atau susu formula dengan takaran secukupnya. 
  5. Bubur pisang siap disajikan.

Artikel Terkait: Resep MPASI 9 Bulan untuk Penambah Berat Badan.

Itu dia berbagai manfaat susu campur pisang yang bisa kamu dapatkan beserta tips mengonsumsinya. Tertarik coba?

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar