logo etawaku
Search
Close this search box.

Apakah Asam Lambung Boleh Makan Nasi Goreng dan Nasi Putih?

Apakah asam lambung boleh makan nasi, baik nasi putih maupun nasi goreng?

Pertanyaan itu sering ditanyakan oleh penderita asam lambung, mengingat misalnya nasi goreng, minyak yang ada di dalamnya cukup banyak sehingga dikhawatirkan dapat membahayakan lambung.

Belum lagi rasa pedas yang ada, tentu akan semakin membuat asam lambung tidak baik dan berisiko kambuh.

Maka dari itu, pentingnya Anda mengetahui dengan pasti soal kebenaran apakah penderita asam lambung boleh makan nasi goreng atau tidak. Mari kita bahas di bawah ini.

Apakah Asam Lambung Boleh Makan Nasi Goreng?

Apakah Asam Lambung Boleh Makan Nasi Goreng

Menjawab pertanyaan itu, dr. Radius Kusuma pernah menuturkan pendapatnya, di mana boleh tidaknya seorang penderita asam lambung makan nasi goreng, itu tergantung bagaimana cara masaknya.

Jika nasi goreng dimasak dengan minyak berlebih, mengandung cabai dan lada yang pedas, hingga terdapat makanan yang mengandung gas (seperti sawi, kacang pancang, daun singkong), maka konsumsi nasi goreng untuk penderita asam lambung tidak diperbolehkan karena bisa memicu produksi asam lambung naik.

Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah lambung namun ingin tetap makan nasi goreng, pastikan memasak dengan sebaik mungkin, jika perlu, bisa berkonsultasi dengan Dokter untuk menentukan seperti apa makanan yang pas dan baik.

Baca Juga: Apakah Asam Lambung Boleh Makan Mie Goreng?

Apakah Asam Lambung Boleh Makan Nasi Putih?

apakah asam lambung boleh makan nasi putih

Nasi putih sebagai makanan pokok tentu akan sulit dihindari, apalagi jika sedari kecil sudah makan nasi putih. Lalu bagaimana jika saat ini punya masalah asam lambung, apakah tetap boleh makan nasi putih?

Menurut dr. Rio, boleh-boleh saja mengonsumsi Nasi putih, bahkan jika makan dengan makanan lain seperti telur rebus ataupun goreng. Yang terpenting bagi penderita asam lambung adalah ketika makan sesuatu, pastikan beberapa hal berikut:

  • Tidak makan makanan pedas atau asam
  • Hindari menggunakan minyak berlebih saat memasak
  • Makan di waktu yang teratur (jangan berganti-ganti jam makan)
  • Makan dalam jumlah sedikit demi sedikit, namun sering (dibandingkan makan banyak sekaligus).

Rekomendasi Artikel Lainnya: Apakah Penderita Asam Lambung Boleh Makan Bakso?

Pengganti Nasi untuk Penderita Asam Lambung

Jika kamu memilih benar-benar waspada dan mencoba tidak makan nasi sama sekali, berikut ada beberapa pengganti nasi yang baik untuk penderita asam lambung:

  • Oatmeal

Sumber karbohidrat sekaligus serat yang tinggi. Makanan dengan tinggi serat akan menurunkan risiko asam lambung naik, selain itu kamu juga akan kenyang lebih lama dan tetap berenergi.

  • Beras Cokelat

Makanan pengganti nasi putih yang juga baik untuk asam lambung yakni beras cokelat. Sama seperti oatmeal, beras cokelat juga punya serat tinggi yang dapat melancarkan sistem pencernaan tubuh dan dapat mengontrol asam lambung karena adanya karbohidrat kompleks.

  • Kentang

Kentang juga sering dijadikan makanan pengganti nasi, makanan yang satu ini memang baik karena memiliki karbohidrat kompleks yang kaya (lebih mudah dicerna).

Namun pastikan saat memilih kentang untuk pengganti nasi, pastikan memasaknya dengan dipanggang atau direbus, sehingga baik untuk asam lambung.

  • Pisang

Buah Pisang mungkin akan menjadi makanan faforitmu mulai sekarang, mengingat pisang sangat mudah ditemukan dan ternyata baik untuk asam lambung. Pisang mengandung serat dan vitamin B6 yang baik untuk kesehatan jantung dan tulang.

Sifat basa pada pisang juga dapat mengimbangi masalah asam lambung.

  • Ubi Jalar

Terakhir, ada ubi jalar yang kaya serat dan anntioksidan, sehingga baik untuk kesehatan usus agar sehat dan kuat.

Dengan mengonsumsi ubi jalar, penderita asam lambung dapat menjaga sistem pencernaan tubuh dan menghindari masalah asam lambung naik.

Artikel Terkait: Aturan Makan Pati Garut untuk Asam Lambung.

Bagaimana, sudah terjawab mengenai keraguan kamu soal apakah asam lambung boleh makan nasi goreng dan nasi putih? Jika belum, bisa diskusi bersama melalui kolom komentar di bawah ini, ya!

Baca Juga Artikel Lainnya: Apakah Asam Lambung Boleh Makan Ikan Goreng?

Photo of author

EtawakuBrand

Tinggalkan komentar