logo etawaku
Search
Close this search box.

Aturan Makan Pati Garut untuk Asam Lambung dan Cara Mengolahnya

Umbi garut menjadi salah satu bahan pangan yang biasanya diolah menjadi tepung. Mungkin kamu pernah dengar istilah pati garut, tepung garut, dan tepung irut? Nah semua itu artinya sama.

Hasil olahannya memiliki banyak manfaat. Contohnya untuk masalah lambung. Kalau kamu berniat memanfaatkannya untuk itu juga, maka kamu harus tahu bagaimana aturan makan pati garut untuk asam lambung.

Sebelum masuk lebih jauh membahas mengenai manfaat pati garut untuk asam lambung. Mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan tanaman umbi garut!

Jangan tertipu dengan namanya. Kalau kamu dengar pati garut, mungkin langsung terpikirkan kalau umbi ini berasal dari Kota Garut? Padahal bukan.

Tanaman ini ternyata berasal dari Filipina. Juga banyak dijumpai di Kepulauan Karibia, dan Amerika Selatan.

Di Indonesia, tanaman ini lebih dikenal dengan nama lain irut. Tanamannya cukup mudah ditemui di pekarangan rumah, terutama di wilayah pedesaan. Irut kerap digunakan sebagai makanan cadangan saat memasuki musim paceklik.

Ciri khas dari umbi garut ini yaitu:

  • Bentuknya yang lonjong.
  • Berwarna putih agak kekuningan.
  • Adanya garis horizontal di bagian luar. 

Manfaat Tepung Garut untuk Lambung

Manfaat Tepung Garut untuk Lambung

Biasanya, umbi garut banyak tersedia dalam bentuk tepung. Tepung atau pati garut memiliki protein yang tinggi. Sering digunakan sebagai bahan pengental makanan, campuran kue, bahkan sebagai obat dalam terapi penyembuhan asam lambung. 

Menariknya, pati garut telah digunakan sejak sekitar 7000 tahun yang lalu loh! Penggunaan pati garut untuk asam lambung terbilang cukup efektif. Namun sayangnya, jenis umbi ini belum digunakan secara optimal di Indonesia. 

Ada beragam manfaat tepung irut untuk asam lambung dan kesehatan saluran pencernaan, seperti:

1. Menjaga pH Lambung

Pati garut memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Dalam 100 gram pati garut saja, kalsiumnya bisa mencapai 40 mg. Jumlah tersebut bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian sebanyak 3%.

Kalsium yang terdapat dalam tepung garut ini ada dalam bentuk kalsium klorida. Sehingga, bisa menjaga keseimbangan asam dan basa yang tepat dalam lambung. Dengan begitu, luka yang timbul akibat asam lambung bisa berkurang. 

Diskon 57 Ribu Hari Ini! Sembuh dari Asam Lambung dengan Susu Etawaku. Lihat Promonya Disini.

2. Melancarkan Pencernaan

Tepung garut memiliki sifat demulcent yang bisa membantu menenangkan usus dan membantu pergerakan makanan dalam usus. Sehingga, pencernaan menjadi lebih lancar. 

Selain itu, pati garut juga bisa membantu meredakan mual dan membantu menggantikan nutrisi yang hilang.

3. Membantu Mengurangi Berat Badan

Bagi kamu yang sedang dalam program pengurangan berat badan. Konsumsi pati garut bisa menjadi salah satu opsi. Pasalnya, kandungan seratnya cukup tinggi.

Dalam 100 gram pati garut, kandungan seratnya mencapai 3,4 gram. Jumlah tersebut bisa memenuhi 11% kebutuhan serat harian yang direkomendasikan. 

Kenapa bagus untuk mengurangi berat badan? Karena jika kita mengonsumsi makanan tinggi serat, maka bisa membuat kita kenyang lebih lama. Sehingga tidak memicu kita untuk terus makan.

Mungkin kamu butuh info ini juga: Manfaat Kayu Bajakah untuk Asam Lambung.

Terlebih lagi, pati garut merupakan bahan makanan yang rendah kalori dan bebas lemak. Sehingga, sangat cocok digunakan dalam menu diet sehat kamu.

4. Menjaga Kolesterol

Mengonsumsi pati garut juga bisa membantu tubuh dalam memproduksi empedu lebih banyak.

Hal ini bisa membuat penyerapan kolesterol oleh kantung empedu semakin meningkat. Sehingga, kadar kolesterol dalam tubuh bisa terjaga.

Cara dan Aturan Makan Pati Garut untuk Asam Lambung

Selain pengolahannya, aturan makan pati garut untuk asam lambung juga harus diperhatikan. Agar saat dimakan, pati garut tetap aman dan memberikan dampak yang positif pada masalah lambungmu.

Catatan: Sebaiknya cukup makan pati garut sebanyak dua kali dalam sehari.

Perlu diperhatikan. Jika gejala asam lambung tidak kunjung reda meskipun sudah rutin mengonsumsi pati garut, kamu harus segera periksa ke dokter agar tidak menimbulkan komplikasi yang lebih parah, ya!

Masalah asam lambung belum juga usai meski sudah coba berbagai cara? Daripada kondisi itu terjadi terus menerus hingga makin parah. Kamu bisa pilih solusi terbaik dan mudah dengan minum Susu Etawaku.

Susunya yang bersifat alkali (hampir setara kualitas ASI) sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh, termasuk mengatasi masalah lambung.

Baca Juga:

Cara Mengolah Umbi Garut untuk Asam Lambung

Cara Mengolah Umbi Garut untuk Asam Lambung

Untuk mulai merasakan berbagai manfaatnya. Ada beberapa pilihan cara mengkonsumsi tepung garut untuk asam lambung, yaitu:

1. Membuatnya Menjadi Minuman

  • Parut beberapa buah umbi garut
  • lalu peras hingga keluar sari-sarinya.
  • Pastikan perasan dari umbi garut sudah cukup
  • Minum hasil perasan umbi garut sebagai obat untuk asam lambung. 

Selain itu, kamu juga langsung menggunakan pati garut yang sudah tersedia di pasar. Cukup campurkan dengan air panas dan aduk hingga merata. 

Rekomendasi Artikel Lainnya: Air Gula untuk Asam Lambung.

2. Membuat Bubur Garut untuk Asam Lambung

Kamu bisa membuat bubur garut untuk asam lambung. Cara ini merupakan salah satu cara nikmat yang sering menjadi pilihan.

Silakan ikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Siapkan tepung atau pati garut, gula aren, dan daun pandan sesuai selera.
  2. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan bahan-bahan yang telah disiapkan.
  3. Masak dengan api sedang sambil sesekali diaduk agar semua bahan tercampur rata.
  4. Tunggu hingga adonan berwarna bening kecoklatan. 
  5. Angkat dan tunggu hingga hangat, lalu bubur garut siap dinikmati.

Itu dia informasi mengenai umbi garut. Mulai dari manfaat dan aturan makan pati garut untuk asam lambung.

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar