logo etawaku
Search
Close this search box.

√ Apakah Sakit Asam Lambung Boleh Makan Bakso? Ini Penjelasannya

Seseorang yang memiliki masalah asam lambung terpaksa harus menghindari beberapa makanan agar asam lambungnya tidak kambuh atau semakin parah. Terkait hal itu, banyak yang bertanya soal apa saja makanan yang di maksud, dan salah satu yang sering ditanyakan yaitu Bakso.

Mungkin kamu juga bertanya-tanya demikian? mengenai apakah penderita asam lambung boleh makan bakso? Mengingat makanan yang satu ini menjadi makanan yang hampir mustahil untuk dilewatkan begitu saja, bagaimana tidak? makanan ini ada di mana mana dan bisa dibilang makanan yang disukai semua orang.

Nah, jika kamu masih ragu-ragu tentang bolehkah sakit asam lambung makan bakso? Yuk cari tahu faktanya disini.

“Udah Pingin Makan Apa Aja Tanpa Khawatir Asam Lambung? Minum Dulu Susu Etawaku Platinum” Dapatkan Diskon Hingga 164 Ribu Sekarang! Lihat Promonya Disini.

Apa Itu Penyakit Asam Lambung?

Apa Itu Penyakit Asam Lambung

Sebelum lebih jauh membahas mengenai bolehkah penderita sakit asam lambung makan bakso, ada baiknya kita kenali penyakitnya dengan baik terlebih dahulu.

Penyakit asam lambung atau yang lebih sering dikenal dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan salah satu gangguan ketika asam lambung kembali naik ke kerongkongan akibat melemahnya otot sfingter, atau otot kerongkongan bagian bawah yang berbatasan dengan lambung. 

Pada orang normal, otot ini seharusnya berkontraksi dan kembali menutup setelah makanan masuk ke lambung.

Namun pada penderita GERD, otot ini akan tetap terbuka sehingga asam lambung bisa naik dan menyebabkan penderitanya mengalami sensasi terbakar (heartburn).

Menurut penelitian yang diadakan tahun 2020 silam, angka kejadian GERD di Indonesia ternyata cukup tinggi, yaitu mencapai 4,9% loh! Artinya, dari 100 orang, sekitar 5 orang di antaranya memiliki masalah asam lambung. 

Penyakit ini memang bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Terutama beberapa golongan seperti orang lanjut usia, penderita obesitas, serta ibu hamil yang memiliki risiko lebih tinggi dan lebih rentan terkena GERD.

Sebenarnya, penyakit asam lambung tidak mematikan.

Hanya saja, jika kondisi ini tidak segera ditangani maka bisa menyebabkan risiko komplikasi, seperti kanker kerongkongan, erosi gigi, batuk asma, serta peradangan pada pita suara dan kerongkongan.

Apakah Penderita Asam Lambung Boleh Makan Bakso?

bolehkah sakit asam lambung makan bakso

Nah, kembali ke pertanyaan awal, apakah asam lambung boleh makan bakso? terutama bakso kuah yang biasanya rasa pedasnya sangat terasa/

Sebenarnya, boleh-boleh saja jika penderita asam lambung ingin makan bakso berkuah yang segar ini, asalkan memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Bakso termasuk makanan berlemak. Jadi, sebaiknya penderita asam lambung mengonsumsi makanan ini dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.
  • Jangan tambahkan saos atau sambal agar rasa bakso tidak terlalu pedas, sehingga risiko asam lambung bisa berkurang.
  • Sebaiknya jangan konsumsi bakso langsung dalam porsi yang banyak. Ambil sedikit demi sedikit dan bagi menjadi beberapa sesi makan.
  • Jangan langsung tidur setelah makan bakso.

Baca Juga: Apakah Asam Lambung Boleh Makan Mie?

Cara Tepat Mengatasi Asam Lambung

Setelah puas mengetahui fakta soal bolehkan sakit asam lambung boleh makan bakso, kamu juga harus tahu beberapa tips di bawah ini untuk mengatasi asam lambung:

1. Minum Etawaku Platinum Susu untuk Asam Lambung

Kalau kamu ingin mengatasi masalah asam lambung dengan cara yang enak, maka pilihan pertama ini cocok banget.

Susu Etawaku bersifat alkali di mana kandungan susunya sama seperti Air Susu Ibu (ASI) dan baik untuk penderita asam lambung atau maag.

Etawaku merupakan Susu Tinggi Kalsium yang selain bermanfaat untuk tulang maupun sendi, juga memiliki berbagai manfaat lain, salah satunya bisa dijadikan sebagai minuman susu kambing untuk asam lambung.

2. Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung

Ada beberapa jenis makanan pantangan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung, yaitu:

  1. Makanan berlemak dan gorengan yang bisa menurunkan tekanan pada otot sfingter dan meningkatkan risiko terjadinya refluks asam. 
  2. Aneka makanan pedas yang bisa memperparah sakit perut dan sensasi terbakar yang dialami oleh penderita GERD.
  3. Beberapa jenis buah dan sayur yang bersifat asam, seperti nanas, jeruk, tomat, dan sebagainya. 
  4. Minuman bersoda dan berkafein. 

3. Jaga Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan yang berlebihan menjadi salah satu faktor risiko penyakit asam lambung. Maka dari itu, sangat penting untuk terus menjaga pola makan agar gizinya tetap seimbang sekaligus olahraga secara teratur agar berat badan tetap ideal.

4. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok bisa menyebabkan otot sfingter menjadi lemah sehingga risiko terkena refluks asam lambung semakin meningkat. Maka dari itu, yuk hentikan kebiasaan merokok dari sekarang!

5. Jangan Berbaring Setelah Makan

Apakah kamu punya kebiasaan berbaring sehabis makan? Wah, harus segera hentikan nih! Mulai sekarang, sebelum berbaring, coba beri jeda sekitar 3 jam setelah makan agar asam lambung turun terlebih dahulu ya!

6. Makan Dalam Porsi Sedikit Namun Sering

Makan terlalu banyak bisa membuat lambung bekerja lebih keras, serta membuat katup esofagus menjadi lemah.

Jadi, bagi penderita asam lambung sebaiknya makan dalam porsi yang sedikit tapi lebih sering agar asam lambung tidak kambuh.

Sebagai solusi tambahan, kamu bisa juga mencoba konsumsi herbal untuk mengatasinya, seperti minum ramuan daun bandotan untuk asam lambung, atau merebus daun balakacida yang terkenal akan manfaatnya untuk lambung.

Itu dia fakta mengenai asam lambung boleh makan bakso. Gimana menurut kamu? Apakah kamu masih ragu untuk mengonsumsi bakso? Bisa sampaikan di kolom komentar ya!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar