logo etawaku
Search
Close this search box.

Apakah Asam Lambung Boleh Makan Mie Ayam atau Mie Instan?

Berbagai olahan Mie yang enak membuat kita seringkali sulit untuk tidak memakannya, namun bagi penderita Asam Lambung, mungkin akan berpikir 2 kali jika ingin makan Mie.

Hal itu karena Mie dikenal sebagai makanan yang tidak sehat, di sisi lain, asam lambung merupakan salah satu penyakit pencernaan, jadi wajar jika banyak yang bertanya soal apakah asam lambung boleh makan mie?

Memiliki masalah asam lambung berarti harus lebih berhati-hati dalam memilih jenis makanan. Pasalnya, jika tidak, maka asam lambung lebih rentan naik dan menyebabkan berbagai gejala yang membuat kita menjadi tidak nyaman. 

Mari kita temukan jawaban terkait fakta asam lambung boleh makan mie, bahaya atau tidak konsumsi mie bagi penderita asam lambung, hingga tips mudah memasak mie bagi penderita asam lambung. Yuk simak sampai akhir artikel yang sangat menarik ini!

Makanan Pantangan Asam Lambung

makanan pantangan asam lambung selain mie

Penyakit asam lambung memang sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Salah makan sedikit saja, penyakit ini bisa kambuh dan menyebabkan berbagai macam keluhan seperti mual, muntah, heartburn, sering bersendawa, hingga sesak napas. 

Bayangkan saja, jika kondisi ini sering terjadi, tentu semua aktivitas bisa menjadi terhambat, bukan?

Maka dari itu, jika kamu atau orang tersayangmu yang memiliki masalah asam lambung, pastikan makanan yang dikonsumsi aman dan tidak memicu asam lambung ini kambuh, ya!

Sebelum menjawab pertanyaan apakah penderita asam lambung boleh makan mie instan, berikut ada beberapa makanan yang dilarang dikonsumsi demi menghindari asam lambung kambuh.

  • Cokelat, karena bisa membuat katup yang membatasi kerongkongan dan lambung menjadi lemas sehingga meningkatkan risiko naiknya asam lambung. 
  • Alkohol dan minuman berkafein yang bisa menimbulkan iritasi dalam lambung.
  • Bawang-bawangan serta makanan pedas, yang bisa meningkatkan produksi asam dalam lambung.
  • Makanan asam seperti jeruk dan lemon yang bisa memicu rasa terbakar dalam perut.
  • Makanan asin dan berlemak.

Apakah Asam Lambung Boleh Makan Mie?

apakah penderita asam lambung boleh makan mie

Bagaimana dengan mie? Apakah asam lambung boleh makan mie? 

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita lihat terlebih dahulu komposisi utama dalam mie, yaitu tepung terigu.

Bahan tersebut merupakan salah satu jenis karbohidrat yang bisa digunakan sebagai sumber energi. 

Penderita asam lambung perlu memperhatikan beberapa hal sebelum mengonsumsi makanan sumber karbohidrat, termasuk mie, untuk membantu mengurangi gejala asam lambung seperti:

  • Konsumsi mie dalam jumlah sedikit dan jangan berlebihan.
  • Kunyah dengan benar.
  • Hindari kebiasaan makan mie bersama nasi, karena kadar gulanya akan semakin meningkat.
  • Setelah makan mie, jangan langsung tidur atau berbaring. Berilah jeda waktu sekitar 2 jam agar asam lambung tidak naik ke kerongkongan. 

Jadi, mengenai pertanyaan apakah asam lambung boleh makan mie? Sebenarnya sah-sah saja jika penderita asam lambung ingin mengonsumsi mie. Asalkan jangan berlebihan dan tetap seimbangkan dengan kebiasaan hidup sehat melalui olahraga rutin dan istirahat cukup.

Baca Juga Artikel Lainnya: Apakah Asam Lambung Boleh Makan Bakso?

Apakah Asam Lambung Boleh Makan Mie Ayam?

Mie ayam, salah satu olahan mie yang nikmat dan disukai oleh seluruh kalangan masyarakat ini rupanya menjadi salah satu makanan yang bisa membuat penderita asam lambung merasa galau. 

Bagaimana tidak? Dalam satu mangkuk mie ayam saja, ada berbagai bahan pantangan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung, sebut saja saos dan sambal yang terdapat dalam racikan bumbu agar makanan ini terasa lebih mantap. 

Belum selesai sampai situ, kandungan minyak yang membuat mie ayam terasa semakin gurih juga bisa memicu gejala asam lambung, karena bisa membuat otot sfingter yang terletak di antara kerongkongan dan lambung menjadi lemas.

Namun, hal ini bukan berarti penderita asam lambung tidak boleh makan mie ayam sama sekali ya!

Jika kamu memiliki masalah asam lambung dan ingin mengonsumsi mie ayam, kamu bisa mengikuti tips berikut ini agar lambung tetap aman:

  • Gunakan minyak dalam jumlah sedikit saja. 
  • Jangan konsumsi saos terlalu banyak karena kandungan tomat dalam saos bisa meningkatkan produksi asam dalam lambung. 
  • Hindari penggunaan sambal karena kandungan capsaicin dalam cabai bisa memperparah iritasi lambung, sehingga muncul gejala asam lambung seperti rasa terbakar dan sakit perut.

Apakah Asam Lambung Boleh Makan Mie Goreng (Mie Instan)?

apakah asam lambung boleh makan mie goreng instan

Terkait dengan mie instan, biasanya mie ini dilengkapi dengan bumbu. Sayangnya, bumbu yang terdapat dalam mie instan mungkin saja mengandung natrium, yaitu salah satu jenis garam, dalam jumlah tinggi. 

Padahal, makanan dengan kadar garam tinggi menjadi salah satu pantangan bagi penderita asam lambung. 

Jadi, alangkah baiknya jika kamu menghindari konsumsi mie instan saat asam lambung kambuh ya! 

Kamu bisa mengikuti beberapa tips memasak mie sehat yang baik untuk penderita asam lambung, yaitu:

  • Hindari konsumsi mie instan yang memiliki rasa pedas.
  • Makan mie secukupnya.
  • Campurkan bahan lain seperti sayuran dan telur agar gizi yang terkandung semakin lengkap, karena mie memiliki kalori tinggi namun vitamin dan proteinnya rendah.

Rekomendasi Artikel Lainnya: Apakah Asam Lambung Boleh Makan Ikan Goreng.

Susu Etawaku Platinum, Susu Kambing Berkualitas Unggul dan Aman untuk Asam Lambung

Untuk mempercepat penyembuhan asam lambung sehingga kamu bisa sesegera mungkin bebas makan mie sesuka hati, minum Etawaku Platinum sebagai Susu Kambing untuk Asam Lambung bisa menjadi solusi terbaik untuk itu.

Kandungan dalam susu Etawaku bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehari-hari, sehingga fungsi organ bisa selalu berjalan dengan optimal. 

Sifat susu kambing yang mudah dicerna oleh tubuh juga menjadi salah satu alasan mengapa produk kami sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang dengan masalah asam lambung. 

Rutin minum susu Etawaku Platinum yang disertai dengan pengobatan medis dan perubahan kebiasaan hidup bisa membantu mengurangi gejala asam lambung dan meningkatkan kualitas kesehatan tubuh, sehingga bisa terus beraktivitas tanpa hambatan.

Yuk, Beli Sekarang!

Bagaimana, sudah terjawabkah mengenai pertanyaan Apakah Asam Lambung Boleh Makan Mie? Jika masih ada yang ingin ditanyakan, bisa berikan komentarnya di bawah ini, ya!

Rekomendasi Artikel Terkait: Aturan Makan Pati Garut untuk Asam Lambung.

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar