logo etawaku
Search
Close this search box.

Apakah Asam Lambung Boleh Makan Ikan Goreng?

Apakah asam lambung boleh makan ikan goreng? Pada dasarnya, ikan merupakan salah satu makanan sehat kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan. Hanya saja, proses pengolahan ikan harus benar-benar diperhatikan.

Konsumsi ikan yang tidak tepat bisa saja justru memberikan akibat yang tidak baik untuk penderita penyakit tertentu, misalnya asam lambung, yang erat kaitannya dengan pencernaan.

Mari kita cari tahu fakta lengkap mengenai konsumsi ikan yang dimasak dengan cara digoreng, apakah baik dan boleh dimakan penderita asam lambung, serta tips memasak ikan yang bisa diaplikasikan agar tetap aman tanpa memicu gangguan pencernaan.

Tentu kamu sudah tahu bahwa asam lambung merupakan salah satu gangguan yang disebabkan oleh melemahnya otot LES (lower esophageal sphincter), yaitu katup yang terletak di bagian bawah kerongkongan dan berbatasan dengan lambung.

Pada orang normal, katup ini akan langsung menutup saat makanan masuk ke dalam lambung. Sementara itu, pada orang dengan penyakit asam lambung, katup ini mengalami pelemahan, sehingga asam lambung bisa kembali naik ke kerongkongan. 

Hal ini bisa memicu berbagai gejala, seperti mulut terasa asam, muncul sensasi terbakar di dada (heartburn), mual, muntah, hingga kesulitan menelan. 

Apakah Asam Lambung Boleh Makan Ikan Goreng?

bolehkah penderita asam lambung makan ikan goreng

Orang yang mengalami asam lambung harus benar-benar memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Alih-alih menyantap hidangan dengan nikmat, penderita asam lambung justru bisa merasa sakit jika mengonsumsi makanan yang seharusnya menjadi pantangan. 

Berbicara soal makanan, ikan goreng tentu sudah bukan menjadi lauk yang asing ya? Salah satu lauk dengan tekstur yang garing di luar tapi lembut di dalam ini memang sangat cocok dipadukan dengan nasi hangat. 

Tapi di balik kenikmatan ikan goreng, rupanya menu tersebut menimbulkan banyak pertanyaan tersendiri bagi penderita asam lambung. Banyak yang masih ragu apakah asam lambung boleh makan ikan goreng?

Kandungan minyak dalam makanan yang digoreng, termasuk ikan goreng, memiliki kadar lemak yang tinggi.

Kenapa dengan Makanan Berlemak Bagi Asam Lambung? Jadi, makanan berlemak memiliki sifat yang sulit dicerna. Hal itu menyebabkan tubuh mengirimkan sinyal kenyang, meskipun baru makan sedikit dan kondisi tersebut bisa mengganggu kerja lambung. 

Bukan hanya itu, makanan berlemak juga bisa membuat otot LES menjadi lemah, sehingga asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan dan memicu munculnya berbagai gejala asam lambung.

Mungkin setelah membaca artikel ini, kamu jadi makin sedih ya, karena tidak bisa menikmati ikan goreng seperti sedia kala?

Sebetulnya, penderita asam lambung boleh-boleh saja mengonsumsi ikan goreng, seperti ikan lele, ikan kembung, dan sebagainya, asalkan sedang dalam kondisi normal dan telah mendapatkan pengobatan. 

Selain itu, kamu juga bisa mengurangi porsi ikan goreng yang dikonsumsi, serta gunakan jenis minyak yang lebih sehat seperti minyak zaitun untuk menggorengnya, ya!. 

Tips Memasak Ikan untuk Penderita Asam Lambung

ikan goreng untuk asam lambung

Jika di pembahasan sebelumnya kita telah membahas mengenai apakah asam lambung boleh makan ikan goreng, kali ini kita akan mencari tahu tentang tips memasak ikan untuk penderita asam lambung agar tidak memicu kekambuhan, yaitu sebagai berikut:

1. Pilih Jenis Ikan Rendah Lemak

Saat menentukan jenis ikan untuk penderita asam lambung, pastikan kamu memilih jenis ikan yang mengandung sedikit lemak. 

Sebagai referensi, kamu bisa memilih ikan berdaging merah seperti salmon atau ikan tuna yang rendah lemak namun punya kandungan nutrisi lengkap. 

Selain itu, ikan berdaging putih seperti nila, halibut, atau ikan lemadang juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk penderita asam lambung. 

Jika jenis ikan tersebut sulit untuk didapatkan, kamu bisa memilih jenis ikan lain seperti ikan kembung atau ikan gabus.

Perlu diperhatikan, sebaiknya penderita asam lambung tidak mengonsumsi ikan asin atau ikan kalengan. Hal itu disebabkan karena jenis ikan ini mengandung kadar garam yang tinggi yang bisa memicu naiknya asam lambung. 

2. Hindari Metode Menggoreng

Seperti yang telah disebutkan di atas, penderita asam lambung sebaiknya menghindari makanan yang digoreng. Sebagai pilihan, kamu bisa menggunakan metode memasak lain, seperti mengukus. 

3. Hindari Penggunaan Bahan Pemicu Asam Lambung

Ketika memasak ikan untuk penderita asam lambung, sebisa mungkin kamu juga perlu menghindari penggunaan aneka bahan makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung, seperti bawang, tomat, cabai, dan sebagainya. 

infografis penderita asam lambung makan ikan

Baca Juga: Apakah Asam Lambung Boleh Makan Mie Goreng?

Resep Olahan Ikan yang Aman untuk Asam Lambung

Karena pertanyaan Apakah Asam Lambung Boleh Makan Ikan Goreng sudah terjawab, di mana jawabannya yaitu boleh-boleh saja penderita asam lambung makan ikan goreng, mungkin sekarang kamu ingin segera membuatnya?

Berikut ini resep ikan rebus untuk penderita asam lambung yang nikmat, praktis, dan bisa kamu coba di rumah:

Bahan:

  • 5-6 ekor ikan kembung/gabus ukuran sedang
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok teh kunyit bubuk
  • ½ jeruk lemon ukuran sedang
  • Air 

Cara Membuat:

  1. Bersihkan ikan kembung atau gabus dengan air mengalir, lalu masukkan ke dalam wadah.
  2. Masukkan garam sebanyak 1 sendok teh.
  3. Peras jeruk lemon dan lumurkan di atas ikan. 
  4. Aduk hingga bumbu merata ke seluruh bagian ikan.
  5. Siapkan wajan dan masukkan air secukupnya.
  6. Tambahkan satu sendok teh kunyit bubuk dan aduk rata. 
  7. Nyalakan kompor dengan api sedang, lalu masukkan ikan yang telah dimarinasi dengan garam dan jeruk lemon. 
  8. Rebus hingga ikan matang sempurna. Pastikan balik ikan agar tingkat kematangannya merata.
  9. Tunggu hingga airnya menyusut dan matikan kompor.
  10. Seporsi ikan rebus yang lezat dan penuh gizi siap disajikan.

Sebagai tambahan informasi, penderita asam lambung boleh mengonsumsi ikan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Agar nutrisinya lebih lengkap dan seimbang, kamu juga bisa menyajikan menu ikan yang aman untuk asam lambung bersama dengan sayuran dan buah-buahan.

Beli Susu Kambing untuk Asam Lambung

kenapa asam lambung harus minum susu kambing etawa

Ingin terbebas dari masalah tidak bisa makan ikan karena asam lambung? Kamu bisa minum Susu Kambing Etawaku Platinum yang memiliki berbagai manfaat, salah satunya baik untuk lambung.

Susu Etawaku Platinum yang memiliki komposisi susu kambing etawa asli ini lebih mudah dicerna tubuh (tidak menimbulkan alergi), sehingga bisa mempercepat penyerapan nutrisi dan meningkatkan imunitas agar bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Itu dia informasi dan fakta mengenai Apakah Asam Lambung Boleh Makan Ikan Goreng dan tips serta resep ikan yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Yuk, ikut berkontribusi bersama kami dengan cara membagikan artikel ini ke seluruh sosial media kamu ya!

Rekomendasi Artikel Lainnya: Apakah Sakit Asam Lambung Boleh Makan Bakso?

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar