logo etawaku
Search
Close this search box.

√ Penderita Asam Lambung Boleh Makan Durian atau Tidak?

Setiap penderita asam lambung sudah seharusnya memperhatikan apa yang dimakan, karena salah sedikit saja, asam lambung berisiko kambuh.

Dari sekian banyak makanan, salah satu yang sering menjadi pertanyaan adalah buah durian. Banyak yang belum tahu, apakah jika sakit asam lambung boleh makan durian atau tidak?

Durian, salah satu buah eksotis yang punya banyak penggemar ini memang sangat menggugah selera. Sebelum menjawab apakah penyakit asam lambung boleh makan buah durian atau tidak, mari kita telusuri terlebih dahulu mengenai kandungan yang ada di buah durian.

Penderita Asam Lambung Boleh Makan Durian atau Tidak

Bukan hanya rasanya, buah Durian pada dasarnya juga mempunyai berbagai kandungan baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsi 243 gram atau sekitar satu cangkir buah durian saja, terdapat berbagai nutrisi, seperti:

  • Kalori 357 kkal
  • Lemak 13 gram
  • Karbohidrat 66 gram
  • Serat 9 gram
  • Protein 4 gram
  • Vitamin C dan B Kompleks
  • Kalium
  • Zat Besi

Dengan kandungan yang baik, lalu kenapa masih banyak pertanyaan mengenai penyakit asam lambung boleh makan durian atau tidak?

Jadi, ada 2 hal yang membuat durian bisa menyebabkan asam lambung naik, di antaranya:

  1. Kandungan Gula dan Gas Buah Durian Tinggi

Mungkin kamu sering mendengar fakta kalau durian merupakan salah satu jenis buah yang tinggi kandungan gas, ya? Ternyata gas tersebut berasal dari kandungan gula buah durian.

Durian memiliki gula alami, yaitu sukrosa dan fruktosa yang tinggi. Apabila buah ini dikonsumsi dalam jumlah banyak, maka kandungan gula tidak bisa dipecah dan menumpuk di dalam usus. 

Sementara di dalam usus, gula akan mengalami fermentasi sehingga terbentuk gas dalam jumlah yang banyak. 

Tentu saja, penumpukan gas di dalam perut akan menimbulkan berbagai masalah, mulai dari perut kembung, begah, nyeri, kram, bahkan menambah tekanan yang bisa memicu asam lambung naik ke kerongkongan. 

  1. Kandungan Kalori Buah Durian Tinggi

Setidaknya, di dalam satu kilogram buah durian, kalorinya mencapai 1.470 kkal. Padahal tubuh kita hanya membutuhkan kalori rata-rata kita adalah sekitar 2.000-2.650 kkal setiap harinya.

Artinya, mengonsumsi satu buah durian utuh telah memenuhi asupan kalori lebih dari separuhnya. 

Jika jumlah kalori yang didapat tidak diimbangi dengan pembakaran kalori, maka bisa meningkatkan risiko obesitas. Hal itu bisa meningkatkan tekanan dalam perut sehingga asam lambung bisa naik ke kerongkongan.

Apakah Penderita Asam Lambung Boleh Makan Durian?

Mempunyai banyak kandungan yang baik namun ada juga kekurangannya, lalu apakah penyakit lambung naik boleh makan durian?

Sakit Asam Lambung Bolehkah Makan Durian

Jawabannya adalah boleh, namun harus dikonsumsi dalam jumlah tertentu. Jika kamu memiliki riwayat penyakit asam lambung, cukup konsumsi 2-3 biji durian saja, ya! Jangan gegabah dan langsung mengonsumsi satu buah durian utuh. 

Perlu dicatat, saat asam lambung naik, kamu sebaiknya jangan konsumsi buah ini terlebih dahulu. Tungu sampai asam lambung pulih dan pilih makanan lain yang lebih aman untuk dikonsumsi, seperti sayuran atau buah-buahan lain yang rendah gula dan kalori. 

Jika berbagai kandungan dalam durian dibutuhkan oleh tubuh, kenapa muncul pertanyaan apakah penderita asam lambung boleh makan durian? Nah, sebenarnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh penderita asam lambung saat ingin mengonsumsi durian, yaitu:

Tips Aman Makan Durian untuk Penderita Asam Lambung

tips makan durian untuk penderita asam lambung

Selain mengurangi jumlah durian yang dikonsumsi, kamu juga bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

1. Makan Makanan dengan Karbohidrat Terlebih Dhulu

Jika kamu memiliki masalah asam lambung, jangan berani konsumsi durian dalam keadaan perut kosong, ya! 

Makan durian ketika perut masih kosong bisa meningkatkan risiko perut kembung yang bisa memperparah gejala asam lambung. Jadi, sebaiknya kamu makan nasi atau sumber karbohidrat lainnya sebelum mengonsumsi durian.

2. Minum Antasida

Tak hanya mengisi perut dengan karbohidrat, kamu juga perlu mengonsumsi antasida atau obat untuk mengurangi gejala asam lambung.

Hal ini bisa membantu menetralisir asam lambung serta mengatasi gejala lain seperti heartburn, mual dan muntah, kembung, dan sendawa akibat gas yang berlebihan. 

Etawaku Platinum, Rekomendasi Susu Terbaik untuk Penderita Asam Lambung

Pasti kamu tidak mau kan, kalau kondisi asam lambung terjadi terus menerus? Alih-alih bisa menikmati durian yang lezat, kamu justru merasakan berbagai gangguan pencernaan.

Maka dari itu, kamu perlu mengubah kebiasaan dan memiliki pola hidup yang sehat. Kamu bisa memulai dari sekarang dengan menjaga pola makan, berolahraga secara rutin, istirahat yang cukup, serta penuhi nutrisi dengan minum Susu Kambing untuk Asam Lambung.

Etawaku Platinum memiliki kandungan yang lengkap dan baik untuk menjaga kesehatanmu. Nutrisi dalam Etawaku 3x lebih baik daripada susu sapi, sehingga bisa membantu menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Tak hanya itu, susu kambing Etawaku Platinum juga mudah dicerna sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa diserap dengan lebih mudah oleh tubuh, serta tidak menimbulkan reaksi intoleransi laktosa yang bisa memperparah gejala asam lambung. 

Rutin minum susu Etawaku Platinum setiap hari, cegah asam lambung kambuh kembali!

Itulah penjelasan mengenai asam lambung boleh makan durian atau tidak, sudah terjawab kan? Selain itu, mungkin kamu butuh juga informasi berikut:

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar