logo etawaku
Search
Close this search box.

Manfaat Air Gula untuk Asam Lambung dan Bolehkah Meminumnya?

Apakah kamu memiliki masalah asam lambung? Kalau iya, mungkin kamu pernah mendengar saran agar minum air gula untuk asam lambung? Sebenarnya, bagaimana dampak konsumsi gula bagi penderita asam lambung? Yuk cari tahu disini.

Penyakit asam lambung dikenal dengan nama gastroesophageal reflux disease (GERD), yaitu salah satu penyakit kronis yang menyerang lambung. Penyakit ini bisa diderita oleh semua usia, baik pada anak-anak hingga orang dewasa.

GERD disebabkan karena lemahnya otot sfingter, yaitu katup yang terdapat pada bagian bawah kerongkongan dan berbatasan dengan lambung.

Kondisi ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami rasa terbakar (heartburn) akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan. Hal ini bisa menimbulkan berbagai masalah dan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. 

Salah satu cara untuk membantu meredakan asam lambung yaitu dengan mengonsumsi air gula. Tentunya, kadar gula yang dikonsumsi tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan takaran gula per hari agar tidak menimbulkan efek samping yang lebih berbahaya. 

Sebagai catatan, konsumsi air gula jangan dijadikan satu-satunya jalan pengobatan ya! Artinya, kamu juga perlu memeriksakan diri ke dokter dan minum obat yang dianjurkan agar kondisi ini tidak lebih parah. 

Manfaat Air Gula Pasir Hangat Untuk Lambung

Manfaat Air Gula Pasir Hangat Untuk Lambung

Selain bahan yang mudah didapat, ada juga beberapa manfaat yang ditawarkan oleh air gula untuk asam lambung, yaitu:

1. Membantu Memulihkan Energi

Ketika asam lambung naik ke kerongkongan, penderita penyakit ini kerap merasakan nafsu makan yang menurun sehingga tubuh menjadi lemas. 

Nah, mengonsumsi air gula hangat bisa membantu meredakan rasa lemas sekaligus menjadi sumber energi. 

Selain itu, air gula merupakan salah satu sumber energi yang cukup mudah diserap oleh tubuh dan bisa diubah menjadi energi dalam waktu yang cukup singkat. 

2. Mencegah Asam Lambung Kambuh

Minum air gula dianggap bisa membantu mencegah asam lambung agar tidak mudah kambuh. 

Alangkah lebih baik jika konsumsi air gula, bisa dicampur dengan berbagai bahan makanan sumber riboflavin atau vitamin B2.

Pasalnya, vitamin tersebut bisa membantu meringankan sensasi heartburn pada penderita asam lambung. 

Jika kamu belum tahu, sebenarnya ada banyak bahan yang menjadi sumber riboflavin, seperti apel dan alpukat. Jadi, kamu bisa mengonsumsi jus apel atau jus alpukat dengan tambahan air gula agar makin sehat ya.

3. Mengurangi Mual

Konsumsi air gula hangat bisa membantu menenangkan lambung.

Selain itu, rasa manis yang dihasilkan oleh gula juga bisa mencegah penderita asam lambung dari perasaan mual dan ingin muntah, sehingga gejala penyakit ini tidak lebih parah. 

4. Mengatasi Gejala Gastroenteritis

Apakah kamu pernah mendengar penyakit gastroenteritis? Mungkin nama tersebut masih terdengar asing di kamu ya? 

Penyakit ini merupakan salah satu gangguan lambung yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Kondisi ini lebih umum dikenal sebagai muntaber.

Gejala yang umum terjadi saat mengalami gastroenteritis yaitu:

  • Mual
  • Nafsu makan menurun
  • Sakit perut
  • Sakit otot dan sendi
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Menggigil 

Tentu saja hal tersebut bisa membuat penderitanya menjadi lemas. Maka dari itu, penderita muntaber bisa mengonsumsi air gula sebagai sumber energi, sehingga rasa lemas bisa berkurang. 

air gula untuk asam lambung

Perlu diperhatikan, konsumsi air gula tidak bisa mencegah penularan gastroenteritis ya! Metode ini hanya bisa digunakan untuk meringankan gejala yang timbul saat muntaber. 

Bolehkah Penderita Asam Lambung Minum Air Gula Pasir?

Bolehkah Penderita Asam Lambung Minum Air Gula Pasir

Dari berbagai manfaat air gula untuk asam lambung seperti di atas, tentu saja kita bisa menarik kesimpulan bahwa penderita asam lambung boleh minum air gula pasir. 

Namun pastikan minuman yang dicampur air gula pasir tidak mengandung kafein karena kandungan kafein bisa melonggarkan otot sfingter, sehingga risiko asam lambung naik semakin meningkat.

Maka dari itu, jika kamu memiliki masalah asam lambung, sebaiknya kamu hindari minuman manis yang berkafein ya!

Selain itu, konsumsi gula juga tidak boleh terlalu banyak, apalagi bagi penderita diabetes. Alih-alih meredakan masalah asam lambung, konsumsi air gula dalam dosis yang tinggi malah bisa memicu lonjakan gula dalam darah sehingga menyebabkan berbagai kondisi kesehatan yang lebih fatal. 

Berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kita cukup mengonsumsi gula sebanyak 10% dari asupan energi total, yaitu sebanyak 50 gram atau sekitar 4 sendok makan.

Jika konsumsi air gula lebih dari kadar tersebut, maka bisa menimbulkan risiko kenaikan berat badan secara berlebihan, obesitas, hingga penyakit jantung dan diabetes. 

Baca Juga: Apakah Sakit Asam Lambung Boleh Makan Bakso?

Selain Air Gula Pasir, Kamu Bisa Atasi Masalah Lambung dengan Susu Etawaku

Jika kamu merasa repot untuk menyiapkan sendiri minuman air gula untuk asam lambung, dan masih sedikit ragu akan hal itu, maka bisa konsumsi saja Susu Etawaku Platinum secara rutin sebagai salah satu metode terapi untuk meredakan asam lambung. 

Etawaku terbuat dari susu kambing etawa murni tanpa gula tambahan, sehingga produk ini memiliki kandungan gula yang rendah dan aman dikonsumsi oleh berbagai kalangan, termasuk penderita diabetes. 

Sifat alkali yang menyerupai ASI dari Etawaku membuat susunya sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung dan maag.

Penjelasan selengkapnya bisa baca Susu Kambing untuk Asam Lambung?

Itulah penjelasan mengenai konsumsi Air Gula Pasir untuk Asam Lambung dan Manfaatnya, semoga artikel di atas bisa menjawab pertanyaanmu ya!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar