logo etawaku
Search
Close this search box.

√ 3 Manfaat Kayu Bajakah untuk Asam Lambung dan Cara Minumnya

Bajakah, tanaman rambat kaya manfaat yang banyak tersebar di wilayah hutan Kalimantan ini rupanya sering dijadikan sebagai obat tradisional, salah satunya untuk asam lambung. 

Seperti apa manfaat kayu bajakah untuk asam lambung dan bagaimana cara penyajian dan takaran yang tepat untuk mengonsumsinya sebagai alternatif mengatasi asam lambung? Simak artikel ini sampai akhir, ya!

Tanaman Bajakah merupakan salah satu tanaman merambat yang bisa tumbuh hingga ketinggian 50 meter, akar bajakah yang berwarna cokelat memiliki ukuran yang besar dan kokoh.

manfaat akar bajakah untuk asam lambung

Saat dipotong, akar bajakah akan mengeluarkan getah yang berwarna bening. Kulit akar tanaman ini bisa dikelupas dengan mudah tanpa harus menggunakan alat bantu. 

Bagian akar dari tanaman bajakah inilah yang sering digunakan dalam bidang kesehatan, ada banyak manfaat yang ditawarkan oleh akar bajakah, salah satunya yaitu untuk lambung.

Diskon 57 Ribu Hari Ini! Sembuh dari Asam Lambung dengan Susu Etawaku. Lihat Promonya Disini.

Manfaat Akar Kayu Bajakah untuk Asam Lambung

Apakah akar Bajakah bisa menyembuhkan asam lambung? Jadi, dalam akar bajakah ini terdapat berbagai senyawa, seperti flavonoid, tannin, saponin, serta fenol, yang bisa membantu mempercepat penyembuhan luka yang disebabkan oleh asam lambung. Karena itulah ada beberapa manfaat kayu bajakah untuk asam lambung, seperti berikut:

1. Menghilangkan Mikroba Berbahaya

Kandungan tanin yang terdapat dalam akar bajakah ini memiliki manfaat untuk asam lambung karena senyawa tersebut memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. 

Seperti yang kita ketahui, penyakit asam lambung bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori yang menyebabkan pendarahan pada saluran pencernaan. 

Infeksi tersebut bisa membuat lapisan mukosa yang melapisi dinding lambung menjadi terkikis, sehingga menyebabkan pendarahan pada saluran pencernaan. 

2. Melawan Radikal Bebas

Kandungan flavonoid dalam kayu bajakah bisa membantu tubuh dalam melawan radikal bebas yang memicu terjadinya stres oksidatif dalam tubuh. 

Flavonoid dalam kayu bajakah ini juga bisa berperan untuk melawan stres sehari-hari. Sehingga, hal ini sangat baik dalam mencegah terjadinya atau kambuhnya penyakit asam lambung. 

3. Mencegah Obesitas

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak kayu bajakah jenis tampala bisa menurunkan kadar Reactive Oxygen Species (ROS) pada tikus obesitas. 

ROS ini memang berkaitan dengan obesitas. Padahal, obesitas dapat meningkatkan risiko asam lambung karena tekanan pada perut menjadi meningkat, sehingga asam lambung bisa kembali naik ke kerongkongan dan menimbulkan sensasi heartburn. 

Sudah coba berbagai obat alami tapi masalah asam lambung belum teratasi? Daripada kondisi asam lambung terus terjadi dan semakin parah, kamu bisa rutin Minum Etawaku Platinum sebagai solusi terbaik mengatasi asam lambung.

Etawaku terbuat dari susu kambing Etawa asli yang dikenal sangat baik untuk pencernaan tubuh, termasuk mengatasi masalah lambung karena susunya bersifat alkali (hampir setara ASI). Sehingga efektif menyembuhkan asam lambung.

Penjelasan Lengkapnya bisa cek artikel Beli Susu Kambing untuk Asam Lambung Disini.

Cara Minum Akar Kayu Bajakah Untuk Asam Lambung

cara minum kayu bajakah untuk asam lambung

Sebagai salah satu sumber antioksidan, tanaman ini memang seringkali digunakan sebagai bahan pengobatan. Tidak hanya oleh masyarakat pedalaman Kalimantan saja, namun, manfaat kayu bajakah untuk asam lambung dan dunia medis juga membuat kayu ini sering dicari bahkan hingga mancanegara.

Jika kamu penasaran dengan cara minum kayu bajakah untuk mengatasi masalah asam, lambung, berikut ini langkah mudah mengolah kayu bajakah:

  1. Rebus akar kayu bajakah ke dalam air mendidih.
  2. Tunggu hingga sekitar 30 menit sampai warnanya berubah menjadi seperti teh
  3. Tuang ke dalam gelas dan air rebusan kayu bajakah siap dinikmati. 

Selain itu, kamu juga bisa mengolah akar bajakah dengan cara lain, yaitu dengan membuatnya menjadi bubuk terlebih dahulu:

  1. Siapkan akar dari kayu bajakah, potong menjadi kecil-kecil dan bersihkan.
  2. Keringkan akar bajakah yang telah dipotong di bawah sinar matahari (Jika dinilai terlalu lama, kamu juga bisa memanfaatkan oven).
  3. Setelah kering, cacah kayu bajakah hingga ukurannya menjadi semakin kecil.
  4. Tumbuk secara manual cacahan kayu hingga halus (bisa menggunakan blender).
  5. Ambil serbuk bajakah yang telah halus sebanyak kurang lebih 1 gram.
  6. Seduh ke dalam 500 ml air panas.
  7. Air seduhan kayu bajakah siap diminum (rasa airnya akan hambar)

Tidak hanya bajakah, ada beberapa tanaman lain yang bisa dijadikan sebagai bahan alami buat asam lambung, yuk baca artikel di bawah:

Sebagai informasi tambahan: Beberapa tahun yang lalu, tanaman bajakah sempat menggemparkan dunia kesehatan. Pasalnya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini mampu mengobati kanker pada tikus putih karena kandungan flavonoid alami yang terdapat di dalamnya. 

Karena objek penelitiannya adalah hewan, maka manfaat kayu bajakah untuk asam lambung juga masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Jadi, sebaiknya konsultasi lebih dulu ke dokter dan jangan terlalu banyak mengonsumsinya, ya!

Baca Juga: Apakah Sakit Asam Lambung Boleh Makan Bakso?

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar