logo etawaku
Search
Close this search box.

7 Ciri Ciri Janin Sehat Pada Trimester Pertama

Awal kehamilan merupakan masa yang paling bahagia sekaligus paling berisiko ya, Bunda? Maka dari itu, kesehatan janin juga harus selalu dipantau. Lalu, bagaimana ciri ciri janin sehat pada trimester pertama?

Yuk kenali berbagai ciri ciri kandungan sehat dan kuat di masa awal kehamilan dalam artikel ini.

Trimester awal kehamilan merupakan masa ketika kandungan berusia 1-12 minggu atau 1-3 bulan. Usia awal kehamilan ini kerap kali menyebabkan Bunda merasakan morning sickness atau pusing dan mual yang terjadi secara berulang akibat perubahan hormon. 

Hal itu memang sangat wajar terjadi, karena tubuh Bunda perlu menyesuaikan diri dengan janin.

Tak hanya perubahan fisik, Bunda juga akan mengalami perubahan emosional. Namun, kondisi tersebut justru bisa menjadi tanda bahwa Bunda mengalami kehamilan normal. 

Pentingnya Kehamilan di Trimester Pertama

cara mengetahui janin sehat tanpa usg trimester 1

Trimester awal ini menjadi masa yang sangat krusial.

Pasalnya, di tahap kehamilan ini, organ-organ janin mulai terbentuk. Jika Bunda tidak betul-betul memperhatikan kesehatan janin, maka risiko cacat lahir atau gangguan lain bisa meningkat!

Pasti Bunda tidak mau, kan, kalau kesehatan janin terganggu? Untuk itu pentingnya memastikan kondisi janin sehat, biasanya untuk melakukan hal itu, Bunda bisa melakukan USG saat trimester awal kehamilan agar bisa mengetahui usia kandungan, sehingga HPL bisa lebih akurat. 

Umumnya, janin akan tumbuh sekitar 5 cm setiap bulan. Angka tersebut bisa saja berbeda, tergantung dengan kondisi fisik setiap individu.

Mengenal Ciri Ciri Janin Sehat pada Trimester Pertama Tanpa USG

ciri-ciri kandungan kuat trimester pertama

Jika Bunda tidak sempat melakukan USG di masa ini, Bunda bisa mengenali ciri ciri janin sehat pada trimester 1, bahkan tanpa USG, dengan melihat ciri atau tanda-tanda berikut ini:

1. Gerakan Janin dalam Kandungan Mulai Terasa

Tahukah Bunda? Ternyata, salah satu ciri ciri janin sehat pada trimester pertama yaitu adanya gerakan Si Kecil loh!

Pergerakan janin dalam perut sudah dimulai sejak kandungan memasuki usia 6-10 minggu. Hanya saja, karena ukuran bayi masih kecil, pergerakan ini tidak begitu terasa.

Baru kemudian, ketika memasuki usia kehamilan 5 bulan, Bunda bisa merasakan gerakan bayi yang aktif, seperti menendang atau berputar.

2. Denyut Jantung Si Kecil Mulai Muncul

Pada minggu kelima kehamilan, denyut jantung bayi sudah mulai berdetak. Akan tetapi, detak jantung bayi di usia ini masih sulit dideteksi, sehingga membutuhkan pemeriksaan dengan menggunakan alat, salah satunya ultrasound. 

Jantung bayi akan berdetak cenderung lebih cepat daripada orang dewasa.

Umumnya, di usia 5-6 minggu, jantung bayi berdetak sebanyak 80-85 denyut per menit (bpm). 

3. Berat Badan Bunda Meningkat

Selama kehamilan, Bunda memang akan mengalami kenaikan berat badan. Hal itu juga menjadi salah satu ciri ciri janin sehat pada trimester pertama. 

Pada trimester pertama, biasanya Bunda akan mengalami peningkatan berat badan secara bertahap.

Namun, peningkatan berat badan yang normal pada trimester awal yaitu 1-2 kg, kemudian semakin meningkat menjadi 2-2,5 kg di trimester selanjutnya. 

4. Ukuran Perut Membesar

Ciri ciri janin sehat pada trimester pertama bisa ditunjukkan dengan ukuran perut Bunda yang semakin membesar. 

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Salad Buah?

Hal itu menjadi tanda bahwa janin dalam kandungan selalu tumbuh dengan sehat. Agar kondisi Bunda dan Si Kecil selalu kuat, pastikan Bunda selalu mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang ya!

5. Mengalami Morning Sickness

Saat trimester awal kehamilan, Bunda biasanya akan mengalami morning sickness, yaitu rasa mual dan muntah yang kerap muncul ketika usia kandungan 4-12 minggu. 

Kondisi ini bisa terjadi sebagai respons tubuh terhadap perubahan hormon. Meningkatnya hormon hCG dan estrogen diduga kuat menjadi hormon penyebab morning sickness. 

Ketika kondisi ini terjadi, Bunda tidak perlu panik ya!

Morning sickness bisa menjadi salah satu ciri ciri janin sehat pada trimester pertama. Bunda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk membantu meredakan rasa mual:

  • Konsumsi teh jahe
  • Makan makanan dalam porsi sedikit tapi sering
  • Hindari konsumsi makanan yang memiliki aroma tajam

Jika rasa mual dan muntah tidak kunjung reda dan semakin parah, sebaiknya segera hubungi dokter.

Rasa mual berlanjut akan berpengaruh terhadap nafsu makan Bunda, sehingga bisa menyebabkan asupan nutrisi untuk bayi menjadi berkurang. 

6. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Pertumbuhan janin terjadi seiring dengan membesarnya rahim. Hal itu menyebabkan kandung kemih menjadi lebih tertekan, sehingga Bunda lebih sering buang air kecil. 

Selain itu, meningkatnya frekuensi buang air kecil pada ibu hamil juga dipengaruhi oleh aktivitas hormon hCG (human chorionic gonadotropin), yaitu hormon kehamilan yang membuat produksi urin bertambah. 

7. Ukuran Payudara Membesar

Ukuran payudara yang semakin membesar juga merupakan ciri ciri janin sehat pada trimester pertama. 

Selain itu, payudara Bunda juga akan terasa nyeri dan pegal akibat lonjakan hormon progesteron, estrogen, serta prolaktin. Hal ini terjadi sebagai salah satu mekanisme tubuh Bunda dalam menyiapkan masa menyusui. 

infografis janin sehat

Tips Menjaga Kesehatan Janin pada Trimester Pertama

Selain tanda tersebut, di masa awal kehamilan Bunda juga kerap mengalami mood swing atau perubahan suasana hati. 

Sebenarnya, kondisi ini cukup normal akibat produksi hormon yang meningkat. Meski demikian, sebaiknya Bunda perlu belajar untuk mengendalikan perubahan emosi ya! Karena, jika Bunda bahagia, maka janin bisa tumbuh dengan lebih optimal. 

Selain itu, Bunda bisa melakukan beberapa tips di bawah ini untuk menjaga kesehatan janin pada trimester pertama:

1. Penuhi Nutrisi dengan Susu Etawaku

Asupan nutrisi menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan agar janin tumbuh dengan kuat dan sehat.

Maka dari itu, sejak trimester awal, Bunda harus selalu mengonsumsi makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang. 

Untuk membantu memenuhi nutrisi harian (Tinggi Kalsium, Protein, dan berbagai nutrisi baik lainnya), Bunda bisa mengonsumsi susu Etawaku secara rutin ya

Etawaku memiliki kandungan nutrisi 3 kali lebih tinggi daripada susu sapi, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan Bunda dan bayi. 

Selengkapnya bisa baca Manfaat Minum Susu Kambing untuk Ibu Hamil.

2. Olahraga Rutin

Bunda bisa melakukan beberapa olahraga ringan seperti senam hamil atau jalan-jalan santai di pagi atau sore hari.

Selain membuat tubuh selalu aktif, olahraga juga bisa membantu melepas stress loh!

3. Hindari Asap Rokok dan Alkohol

Waspada! Paparan asap rokok dan konsumsi alkohol bisa membahayakan kesehatan Bunda dan janin dalam kandungan loh!

Maka dari itu, sebisa mungkin Bunda menghindari kedua hal ini ya!

4. Jangan Melakukan Aktivitas Berat

Melakukan aktivitas berat sangat tidak disarankan bagi ibu hamil trimester pertama. Beraktivitas secara berlebihan bisa menyebabkan Bunda merasakan kram, bahkan mengalami komplikasi kehamilan.

5. Lakukan Pemeriksaan Rutin

Bunda perlu melakukan pemeriksaan secara rutin dengan dokter kandungan atau bidan ya! Hal ini bertujuan agar perkembangan janin selalu terpantau serta mendeteksi gangguan kehamilan lebih dini. 

Idealnya, Bunda perlu melakukan pemeriksaan minimal sebanyak empat kali selama kehamilan, yaitu 1 kali di trimester pertama, 1 kali di trimester kedua, dan 2 kali di trimester ketiga. 

Itu dia beberapa ciri ciri janin sehat pada trimester pertama untuk mengetahui janin usia 1 bulan, 2 bulan sehat atau tidak tanpa USG, serta beberapa tips yang bisa Bunda lakukan agar kesehatan Bunda dan janin selalu terjaga.

Semoga informasi ini bermanfaat dan Bunda bisa menjalani kehamilan dengan lancar ya!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar