logo etawaku
Search
Close this search box.

10+ Makanan yang boleh Dimakan Saat Batuk Berdahak

Saat sedang batuk, makanan yang mungkin biasa Kamu makan sehari-hari, akan menjadi makanan yang dilarang selama kondisi batuk masih belum sembuh. Namun, jangan khawatir, bukan berarti semua makanan tidak boleh dikonsumsi.

Masih banyak makanan yang boleh dimakan saat batuk berdahak. Bukan hanya boleh, tapi bahkan bisa membantu mempercepat penyembuhan batuk.

Apa itu Batuk Berdahak?

Batuk merupakan cara alami tubuh membersihkan tenggorokan untuk mengeluarkan benda asing atau kuman dari saluran pernafasan. Ada beberapa jenis batuk yang sering dialami banyak orang, salah satunya batuk berdahak.

Batuk berdahak adalah gejala dari kondisi pilek dan kesehatan lainnya. Dahak merupakan lendir yang berasal dari paru-paru dan tenggorokan, yang berfungsi mengeluarkan kuman dari tubuh. Jenis batuk ini biasanya akan lebih parah pada malam hari.

Penyebab Batuk Berdahak

penyebab batuk berdahak

Meskipun batuk adalah cara alami tubuh mengeluarkan kotoran. Namun, ada beberapa sebab yang dapat memicu batuk berdahak, seperti:

1. Sering Makan Coklat

Coklat merupakan cemilan kesukaan sebagian besar orang. Mengonsumsi coklat dapat melemahkan sfingter esofagus atau otot yang berfungsi mencegah isi lambung mengalir ke esofagus. Apabila sfingter esofagus melemah, maka asam lambung akan naik hingga tenggorokan. 

Hal ini akan menyebabkan suara serak, sakit tenggorokan, batuk kronis, batuk berdahak, perut mules dan lain-lain. Oleh karena itu, bagi penderita gerd, harus mengurangi konsumsi coklat supaya asam lambung tidak naik.

2. Merokok

Kebiasaan merokok dapat mengganggu kesehatan tubuh. Bagi perokok aktif, kebiasaan ini dapat menyebabkan batuk berdahak yang cukup mengganggu. Tak hanya itu, merokok juga dapat meningkatkan resiko penyakit kanker bagi perokok aktif dan perokok pasif.

3. Alergi Makanan

Alergi pada makanan dapat menyebabkan produksi lendir berlebih. Kondisi itu akan mengakibatkan masalah pernafasan, seperti ruam kulit dan kepala pusing. Beberapa makanan bisa menjadi alergen yang menghasilkan lendir. Mulai dari telur, susu, ikan, kerang, gandum, dan kacang tanah.

4. Terkena Polusi

Selain dari makanan, paparan asap atau polusi juga dapat meningkatkan produksi lendir. Lendir bekerja untuk melindungi diri dari iritasi lingkungan. Sehingga, saat terpapar polusi akan menghasilkan lendir yang cukup banyak. 

5. Mengalami Penyakit Tertentu

Saat sistem kekebalan tubuh bekerja melawan berbagai penyakit. Misalnya pilek, flu, dan sinus. Maka, tubuh akan memproduksi lendir berlebih untuk mempertahankan diri. Gejalanya seperti hidung tersumbat, iritasi tenggorokan, dan gangguan pernafasan.

Makanan yang boleh Dimakan Saat Batuk Berdahak

makanan yang boleh dimakan saat sedang batuk

Ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan saat batuk. Beberapa makanan ini dapat mengatasi masalah batuk berdahak dengan cepat. Adapun, jenis makanan atau cemilan untuk orang batuk berdahak yaitu:

1. Sup Kaldu

Mengonsumsi semangkuk sup kaldu saat sedang batuk berdahak, ternyata banyak manfaatnya loh. Sup kaldu dapat membantu menghilangkan lendir dalam tenggorokan. Tidak hanya itu, kandungan nutrisi pada sup kaldu juga dapat membantu menghidrasi tubuh.

2. Jahe

Jahe memiliki senyawa yang dapat memperbesar pembuluh darah paru-paru dan mengendurkan otot yang menyebabkan terbukanya saluran udara. Mengonsumsi secangkir jahe panas dapat meredakan batuk dan sakit tenggorokan yang mengganggu

3. Bawang Putih

Bawang putih kaya akan senyawa yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Kandungan ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan perbaikan produksi serotonin. Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Rutin konsumsi perasan jeruk nipis dengan air hangat atau teh, dapat mempercepat menghilangkan batuk berdahak.

5. Kunyit

Kunyit memiliki curcumin dan anti inflamasi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta reaksi antibodi aktif yang melawan infeksi. Sehingga, kunyit ampuh meredakan flu dan batuk berdahak. 

6. Brokoli

Brokoli dikenal sebagai jenis sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Brokoli memiliki kandungan vitamin C dan E yang dapat meningkatkan imunitas. Sehingga, cepat meredakan batuk berdahak dan pilek.

7. Nanas

Nanas salah satu buah yang menyegarkan dan menyehatkan. Banyak yang tidak tahu, mengonsumsi nanas dapat meredakan batuk berdahak dengan cepat. Bromelain, merupakan enzim yang terdapat pada nanas. Bromelain memiliki sifat anti inflamasi dan mukolitik yang dapat mengencerkan dahak. 

8. Pisang 

Pisang dapat meredakan berbagai penyakit. Mulai dari batuk, pilek, mual dan muntah. Pisang sangat cocok dikonsumsi jika sedang menderita batuk karena mengandung banyak nutrisi, karbohidrat, dan kandungan serat larut.

9. Kacang Almond

Almond memiliki sifat preventif dan terapeutik yang dapat menyembuhkan batuk dan pilek. Senyawa polifenol dapat membantu melawan virus secara cepat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, setelah kacang almond dicerna, peningkatan kekebalan ini masih bertahan cukup lama.

10. Kiwi

Kiwi salah satu buah yang memiliki kandungan tinggi vitamin C. Kandungan nutrisi dalam buah kiwi dapat cepat meredakan batuk berdahak. Rutin mengonsumsi buah kiwi saat sedang flu dan batuk, akan membantu meredakan dalam waktu cepat.

11. Yoghurt

Yoghurt bisa dijadikan sebagai cemilan untuk orang batuk berdahak. Mengonsumsi yoghurt dapat mempercepat penyembuhan batuk karena memiliki kandungan probiotik, yang dapat meningkatkan imun kekebalan tubuh. Kandungan nutrisi dalam yoghurt akan mampu melawan infeksi penyebab batuk berdahak.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Minum Susu Etawaku untuk Mengatasi Batuk Berdahak

susu kambing terbaik untuk atasi batuk berdahak

Setelah mengetahui apa saja makanan yang boleh dimakan saat batuk. Kamu tentu ingin lebih mempercepat penyembuhan batuk, bukan?

Karena, jika batuk berdahak berlangsung lama. Hal itu bisa menimbulkan kondisi batuk yang semakin parah. Untuk itu, Kamu bisa menambahkan Susu Etawaku Platinum sebagai upaya mengatasi batuk.

Etawaku merupakan susu kambing yang bisa mengatasi batuk berdahak. Kandungan nutrisi pada susu kambing etawaku memiliki banyak manfaat. Salah satunya ada kandungan fluorin, yang baik untuk mengatasi masalah pernapasan. Mulai dari batuk berdahak, mengobati TBC, asma, dan penyakit pernapasan lainnya.

Dalam susu kambing Etawaku juga mengandung selenium yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Rutin mengonsumsi susu kambing Etawaku akan membuat tubuh terhindar dari virus yang menyebabkan sakit dan membuat tubuh lebih bugar dan berenergi. 

Susu kambing Etawaku dapat dikonsumsi oleh semua kalangan. Mulai dari anak-anak, dewasa hingga lansia. Selain itu, Susu Etawaku juga aman dikonsumsi untuk yang memiliki alergi terhadap kasein dan laktosa. 

Itulah macam-macam makanan yang boleh dimakan saat batuk berdahak. Meskipun dapat mempercepat proses penyembuhan. Namun, jika batuk semakin parah, disarankan untuk segera ke dokter dan menjalani pemeriksaan lebih lanjut. 

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar