logo etawaku
Search
Close this search box.

Bolehkah Makan Bakso Saat Batuk? Ini Penjelasan dan Tipsnya

Saat tubuh sedang tidak sehat, seperti kondisi batuk misalnya, pasti ada saja makanan-makanan yang harus dihindari, seperti bakso. Banyak orang yang masih bertanya-tanya, bolehkah makan bakso saat batuk?

Nah, mari kita cari tahu jawabannya serta kulik lebih jauh mengenai fakta konsumsi bakso saat batuk dalam artikel ini!

Bicara soal batuk, kamu tentu pernah mengalami kondisi ini, bukan? Batuk sendiri merupakan salah satu cara tubuh dalam mengeluarkan benda asing, seperti debu atau mikroorganisme penyebab penyakit lainnya. 

Biasanya, dalam waktu dua minggu, batuk akan sembuh sendiri tanpa harus mendapatkan penanganan medis. Akan tetapi, kondisi ini juga bisa terjadi dalam waktu yang lama secara terus menerus selama lebih dari delapan minggu.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bolehkah makan bakso saat batuk, mari kita kenali terlebih dahulu tentang kondisi batuk yang kerap terjadi.

apakah boleh makan bakso saat batuk

Dalam beberapa kasus, batuk ini bisa terjadi dan disertai dengan keluarnya darah atau suara seperti menggonggong. Ketika kamu atau orang terdekatmu mengalami hal ini, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis dengan cepat dan tepat ya!

Di balik itu semua, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya batuk, seperti:

  • Menghirup udara yang kurang bersih. Aneka partikel atau mikroorganisme seperti virus dan bakteri yang terdapat di udara bisa mengiritasi saluran pernapasan dan menimbulkan batuk. 
  • Merokok yang bisa membuat paru-paru kotor dan menunjukkan gejala batuk. 
  • Memiliki alergi tertentu, seperti alergi debu. 
  • Bekerja di tempat yang memiliki kualitas udara yang buruk dan polusi yang tinggi. 

Meskipun tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya, namun kondisi ini tentu menyebabkan rasa yang tidak nyaman ya? Apalagi jika pekerjaan kita mengharuskan untuk bertemu dengan banyak orang. Wah bisa gawat!

Bolehkah Makan Bakso Saat Batuk?

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi dan mempercepat penyembuhan batuk yaitu dengan menjaga pola makan. Saat batuk, sebaiknya mengonsumsi aneka makanan yang tinggi serat dan flavonoid, seperti aneka buah dan sayur. 

Kembali ke pertanyaan awal, apakah boleh makan bakso saat batuk?

makan bakso saat batuk, boleh atau tidak.

Untuk menjawabnya, kita perlu melihat bahan baku dari bakso itu sendiri, yaitu daging dan tepung. Seperti yang kita ketahui, tepung merupakan salah satu bahan yang kaya akan karbohidrat, sementara daging merupakan sumber protein. 

Memang bahan dasar dari bakso memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, seperti menjadi sumber energi, mempercepat pemulihan jaringan serta sel dalam tubuh yang rusak, hingga menjaga imunitas agar tubuh bisa melawan berbagai infeksi secara optimal. 

Namun kita perlu memperhatikan komponen lain dalam bakso, yaitu bumbu yang digunakan. Berbagai bumbu, penyedap rasa, hingga saus dan sambal yang banyak akan tidak baik dikonsumsi saat tenggorokan kita mengalami iritasi. 

Sebut saja penyedap rasa yang membuat rasa dan aroma bakso semakin gurih dan menggoda. Racikan yang terbuat dari monosodium glutamat ini rupanya bisa menyebabkan peradangan pada tubuh.

Apabila digunakan secara berlebihan, tentu bahan ini bisa semakin memperparah batuk. 

Sementara itu, saus dan sambal yang digunakan dalam bakso bisa menyebabkan peradangan semakin parah, sehingga membuat tenggorokan kita menjadi tidak nyaman. 

Belum lagi kandungan lemak yang berasal dari daging dan kaldu yang dihasilkan dalam proses pembuatan bakso, yang bisa memperparah radang tenggorokan penyebab batuk. 

Sampai sini, kita bisa menarik kesimpulan atas pertanyaan bolehkah makan bakso saat batuk? Jawabannya adalah boleh. Namun, pastikan kamu mengonsumsi dalam batas wajar dan jangan berlebihan ya!

Hal lain yang juga sering ditanyakan: Apakah Asam Lambung Boleh Makan Bakso?

Tips Makan Bakso Saat Batuk

Sampai sini jelas ya, sebenarnya kamu tidak perlu galau dan risau jika ingin mengonsumsi bakso saat batuk. Beberapa tips berikut ini juga bisa membantu kamu agar tetap bisa makan bakso dengan aman meskipun batuk sedang menyerang, yuk simak!

1. Minum Air Putih

Siapa yang suka minum es teh setelah makan semangkuk bakso? Mulai sekarang, yuk ubah kebiasaan tersebut menjadi minum air putih! 

Selain bisa membantu melegakan tenggorokan dan mengencerkan dahak, air putih juga bisa membantu meringankan peradangan setelah mengonsumsi makanan berlemak, sehingga batuk bisa sembuh dengan lebih cepat

Agar lebih optimal, kamu juga bisa memilih air putih hangat yang nyaman untuk tenggorokan yang sedang teriritasi, ya!

2. Hindari MSG

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahan kimia dalam penyedap rasa berupa monosodium glutamat bisa menyebabkan dampak yang buruk bagi kesehatan, salah satunya bisa memperparah batuk. 

Maka dari itu, kamu perlu mengurangi atau menghindari sama sekali penggunaan MSG dalam bakso yang kamu konsumsi ya!

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan bawang putih dan garam yang bisa menghasilkan rasa umami secara alami namun lebih aman untuk menjaga tenggorokanmu dari peradangan.

3. Jangan Gunakan Saus dan Sambal

Ini mungkin terdengar sulit ya, namun, kamu perlu mencoba untuk mengurangi atau menghindari saus dan sambal saat batuk menyerang ya! Tahan sebentar agar kamu bisa sehat lebih cepat. 

Baca Juga: Manfaat Daun Miana untuk Mengatasi Batuk.

4. Makan Secukupnya

Kamu perlu memperhatikan porsi saat ingin mengonsumsi bakso ketika batuk ya! Karena makan dalam jumlah berlebihan akan menimbulkan berbagai dampak yang kurang baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Selain itu, kamu juga perlu menunggu sebentar hingga kuahnya menjadi hangat dan tidak terlalu parah, serta mengonsumsi makanan ini secara perlahan dan tidak terburu-buru agar tidak tersedak. 

Itu dia informasi dan fakta mengenai konsumsi bakso saat batuk. Semoga pertanyaan mengenai bolehkah makan bakso saat batuk bisa terjawab, ya! 

Untuk menyembuhkan batuk, kamu bisa minum susu kambing yang dikenal akan manfaatnya untuk mengatasi gangguan pernapasan, termasuk batuk. Penjelasan lengkapnya bisa kamu baca di artikel tentang susu kambing untuk batuk berdahak.

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar