logo etawaku
Search
Close this search box.

Apakah Minum Susu Bisa Menambah Tinggi Badan?

Meskipun tinggi badan erat kaitannya dengan faktor genetik, tapi ada salah satu cara aman yang bisa dilakukan, yaitu dengan rutin minum susu. Nah, sekarang pertanyaannya, apakah minum susu bisa menambah tinggi badan secara efektif? 

Susu memang dikenal sebagai salah satu minuman sehat yang memiliki nutrisi lengkap. Manfaat susu ini bisa terlihat di masa pertumbuhan, terutama saat kita masih anak-anak. 

Sebuah penelitian yang membahas tentang kebiasaan minum susu dengan pertumbuhan anak menyatakan bahwa anak-anak yang rutin mengonsumsi susu mengalami peningkatan berat dan tinggi badan 20 persen lebih baik daripada yang tidak minum susu.  

minum susu bisa menambah tinggi badan

Sementara itu, studi lain yang membahas tentang konsumsi susu untuk anak usia 6 bulan hingga 5 tahun menyebutkan bahwa kelompok anak yang mengonsumsi susu memiliki risiko pertumbuhan terhambat lebih rendah sebanyak 1,9 kali daripada kelompok lainnya. 

Dari beberapa riset tersebut, muncullah asumsi bahwa ada hubungan positif antara asupan nutrisi dalam makanan dengan pertumbuhan anak. Artinya, jika nutrisi anak terpenuhi, maka pertumbuhannya menjadi semakin optimal. 

Apakah Minum Susu Bisa Menambah Tinggi Badan?

Kembali ke pertanyaan awal, apakah minum susu bisa menambah tinggi badan? Jawabannya, bisa

Namun, perlu diingat bahwa masih ada berbagai faktor yang bisa mempengaruhi tinggi badan, seperti:

  • Faktor genetik yang memberikan pengaruh sebesar 80% terhadap tinggi badan seseorang. 
  • Aktivitas yang dilakukan ketika masa pertumbuhan. Anak yang rutin berolahraga cenderung memiliki tinggi badan yang lebih optimal.
  • Pola tidur, jam tidur yang terpenuhi sangat penting untuk menunjang pertumbuhan anak. 

Peran Susu dalam Menambah Tinggi Badan

kenapa susu bisa menambah tinggi badan

Konsumsi susu bisa membantu menstimulasi tubuh dalam memproduksi hormon insulin-like growth factor 1 (IGF-1), yaitu hormon yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan jaringan tulang serta otot.

Selain itu, susu memiliki beragam kandungan yang sangat diperlukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan, seperti:

  1. Kalsium 

Kandungan ini adalah salah satu bahan yang sangat penting dalam mendukung kepadatan tulang dan kesehatan sendi. Bukan hanya itu, kalsium juga diperlukan untuk menjaga fungsi saraf, otot, hingga jantung. 

Tercukupinya asupan kalsium di masa pertumbuhan anak akan menunjang pertumbuhan tulang lebih optimal. Tak heran, konsumsi susu di masa anak-anak bisa membantu pertumbuhannya agar makin tinggi. Hal ini karena kalsium memang bisa meninggikan badan secara tidak langsung.

minum susu bisa meninggikan badan
  1. Fosfor 

Sama halnya dengan kalsium, fosfor juga dibutuhkan oleh tubuh dalam proses pembentukan, pertumbuhan, serta memelihara kepadatan tulang. Dengan demikian, risiko pengeroposan tulang akan semakin berkurang. 

Bukan hanya itu, fosfor juga diperlukan oleh tubuh untuk mengatur keseimbangan vitamin dan mineral dalam tubuh, seperti vitamin D, yodium, magnesium, serta seng. 

  1. Yodium

Kandungan yodium yang ada di dalam susu berfungsi untuk menunjang kelenjar tiroid, yaitu salah satu kandungan yang berperan dalam perkembangan tubuh, yang juga berpengaruh terhadap tinggi badan. 

  1. Protein 

80% dari susu adalah kasein, sementara 20% sisanya adalah whey protein. Kandungan utama yang ada dalam susu ini berfungsi untuk menjaga jaringan tubuh, membentuk enzim, hormon, menjaga imunitas, serta membantu menyimpan zat gizi. 

  1. Vitamin D

Selain bisa didapatkan dari sinar matahari, kamu juga bisa mendapatkan vitamin yang sangat baik untuk tulang ini dari susu loh!

  1. Vitamin B12

Tak hanya vitamin D, vitamin B12 dalam susu juga berperan untuk mengoptimalkan tinggi badan, menjaga kepadatan tulang, menurunkan risiko osteoporosis, hingga menjaga kesehatan jantung. 

Dengan kandungan-kandungan itulah susu bisa menambah tinggi badan kita, sehingga bagi kamu yang ingin menambah tinggi badan, bisa rutin minum susu dari sekarang!

Waktu Minum Susu yang Baik untuk Menambah Tinggi Badan

Setelah mengetahui jawaban untuk apakah minum susu bisa menambah tinggi badan, sekarang pertanyaannya, kapan harus minum susu?

Berbicara mengenai waktu minum susu yang baik untuk menambah tinggi badan, sebenarnya hingga saat ini belum ada penelitian yang menyatakan waktu terbaik untuk mengonsumsinya. 

Namun sebaiknya, jika kamu ingin menambah tinggi badan, cobalah untuk mengonsumsi susu di pagi hari serta malam hari sebelum tidur. 

  • Minum susu di pagi hari bisa membantu memenuhi kalori serta nutrisi harian, sehingga kita bisa lebih siap menjalani hari. 
  • Sementara itu, mengonsumsi susu dua jam sebelum tidur sangat disarankan karena di waktu inilah tubuh bisa menyerap kalsium dengan lebih optimal, serta membantu meningkatkan kualitas tidur, sehingga sangat baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan fisik. 

Jangan lupa juga untuk menghindari konsumsi berbagai makanan penghambat tinggi badan.

Etawaku Platinum, Asupan Nutrisi untuk Tumbuh Tinggi

Susu Etawaku Platinum - Susu Kambing Etawa Asli (Bubuk)​

Susu kambing Etawaku Platinum menjadi rekomendasi produk susu kambing yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh dan mendukung tinggi badan agar lebih optimal, karena kandungan kalsium yang tinggi dan nutrisi baik lainnya seperti protein, fosfor, dan berbagai vitamin.

Kamu bisa mengonsumsi Etawaku satu gelas di pagi hari sebagai sumber energi, dan satu gelas di malam hari untuk menambah tinggi badan. 

Susu Etawaku Platinum sangat aman dikonsumsi oleh semua kalangan, karena kandungan gulanya yang rendah, tidak menimbulkan alergi, dan mudah dicerna.

Itulah penjelasan lengkap mengenai apakah minum susu bisa menambah tinggi badan, kenapa harus susu, dan kapan waktu terbaik mengonsumsinya.

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar