logo etawaku
Search
Close this search box.

Apakah Kalsium Bisa Meninggikan Badan? Cek Faktanya Disini

Saat sedang berusaha meninggikan badan, biasanya kalsium menjadi nutrisi yang sangat diperhatikan. Namun sekarang pertanyaannya, apakah kalsium bisa meninggikan badan? Untuk itu, yuk kita bahas di artikel ini!

Postur tubuh tinggi memang menjadi idaman tersendiri bagi orang tua kepada anaknya atau dari si anak itu sendiri.

Kalsium sendiri merupakan kandungan yang sangat dibutuhkan anak terutama pada masa pertumbuhan. Hal ini karena kalsium memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh.

Apakah Kalsium Bisa Meninggikan Badan? 

Perlu bunda ketahui, setiap tubuh manusia sudah memiliki cadangan kalsium yang berada di dalam tulang. Sehingga, saat nanti anak mengalami kekurangan kalsium, tubuh akan langsung mengambil cadangan kalsium dari tulang. Namun jika kekurangan kalsium terus menerus, hal ini dapat membuat seseorang akan lebih mudah terkena masalah tulang dan kesehatan.

Kemudian untuk pertanyaan mengenai apakah kalsium bisa meninggikan badan? Jawabannya yaitu bisa! Berikut penjelasannya:

Jadi, tinggi badan seseorang itu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti genetik, aktivitas sehari-hari, dan asupan nutrisi yang diterima tubuh. 

Nah, kalsium merupakan nutrisi yang asupan kebutuhannya harus tercukupi setiap hari agar dapat mendukung pertumbuhan anak bisa berjalan baik dan maksimal. 

Selain dibutuhkan untuk pertumbuhan, dengan asupan kalsium yang cukup juga dapat membuat anak terhindar dari berbagai macam penyakit. Adapun manfaat kalsium lainnya yaitu:

a. Mencegah Osteoporosis

Mencukupi kebutuhan harian kalsium dapat mencegah osteoporosis saat usia 20 tahun ke atas. Pada usia tersebut, kepadatan tulang memang akan berkurang yang akan membuat tulang dan gigi mudah keropos. 

b. Membentuk Tulang Kuat

Kalsium dalam tubuh 99% dicadangkan dalam tulang dan gigi. Tujuannya supaya dapat menjaga kepadatan tulang dan gigi sehingga nantinya tidak mudah rusak dan keropos.

c. Mendukung Kerja Jantung 

Meskipun banyak yang belum tahu, namun faktanya kalsium dapat mendukung kerja jantung. Kalsium dalam tubuh dapat memperlancar proses pembekuan darah, mengontrol pemompaan darah, dan menjaga otot jantung berdetak lebih teratur.

Berapa Kalsium yang Dibutuhkan untuk Menambah Tinggi Badan?

berapa kalsium yang dibutuhkan untuk menambah tinggi badan

Kalsium adalah nutrisi yang harus dipenuhi kebutuhan hariannya. Kebutuhan kalsium anak dibedakan hanya berdasarkan usia saja. Saat anak berusia 4-8 tahun, maka anak membutuhkan kurang lebih 1000 Mg per hari. 

Kemudian jika anak berusia 9-15 tahun, maka membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1.300 Mg per hari. Sedangkan usia 15 tahun ke atas hingga lansia, tubuh membutuhkan asupan kalsium 1200 Mg setiap harinya. 

Apa Ciri Ciri Orang kekurangan kalsium?

Banyak yang tidak sadar jika dirinya mengalami kekurangan kalsium. Hal ini harus diperhatikan lagi mengingat kekurangan kalsium yang parah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius.

Apabila seseorang kekurangan kalsium dalam jangka waktu yang lama, maka bisa mengalami pengeroposan tulang secara permanen yang dapat mengakibatkan kerapuhan, patah tulang, dan lain-lain.

Oleh karena itu, penting untuk kenali ciri-ciri kekurangan kalsium seperti berikut ini.

1. Mudah Lelah

Gejala awal kekurangan kalsium yang paling umum adalah kelelahan. Sel-sel pada tubuh yang kekurangan gizi seperti kalsium berpotensi menyebabkan seseorang menjadi lebih mudah terasa lelah dan munculnya nyeri pada tubuh.

2. Nyeri Otot dan Kejang

Kalsium berperan penting untuk menunjang kerja fungsi otot yang baik. Kekurangan asupan kalsium dalam tubuh nantinya akan menyebabkan nyeri otot, kekakuan hingga tubuh kejang.

3. Masalah Kognitif

Tidak sedikit yang berpikir jika kalsium hanya untuk tulang dan gigi. Namun pada faktanya, kalsium dalam tubuh juga dapat mempengaruhi fungsi kognitif, menyebabkan gejala seperti kabut otak, kebingungan dan pusing.

4. Mati Rasa dan Kesemutan

Kalsium memiliki peran penting dalam sistem saraf pusat. Apabila seseorang kekurangan kalsium dalam tubuhnya, maka akan sangat berpengaruh pada fungsi saraf yang akan menyebabkan mati rasa dan kesemutan. Ini biasa terjadi pada beberapa organ tubuh seperti jari tangan, tangan, kaki dan jari kaki.

5. Kejang

Banyak yang tidak mengetahui jika kejang bisa terjadi apabila seseorang kekurangan asupan kalsium. Meskipun jarang terjadi, namun hal ini sangat memungkinkan apabila dalam tubuh kekurangan kadar kalsium yang cukup banyak.

6. Masalah pada Kuku dan Kulit

Kalsium juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kuku dan kulit. Jika seseorang kekurangan kalsium dalam tubuhnya, maka dapat menyebabkan kulit kering, kuku yang mudah patah, rambut kasar, rambut rontok, dan peradangan kulit.

7. Gejala PMS yang Parah

Kadar kalsium yang rendah sering dikaitkan dengan sindrom pra-menstruasi yang parah. Rendahnya kadar vitamin D dan kalsium selama siklus menstruasi akan menyebabkan perempuan mengalami gejala PMS yang cukup parah, seperti seluruh badan terasa lebih nyeri.

8. Masalah Gigi

Seperti yang kita tahu, kalsium sangat berperan dalam kesehatan gigi. Jika seseorang mengalami kekurangan kalsium, maka sangat memungkinkan akan menimbulkan masalah gigi seperti gigi rapuh, kerusakan gigi dan akar gigi yang melemah.

9. Hipokalsemia

Kekurangan kalsium dikaitkan dengan gangguan mood, seperti hipokalsemia. Hipokalsemia berat akan menyebabkan gejala neurologis dan psikologis seperti kebingungan, masalah ingatan, mudah tersinggung, gelisah, depresi hingga halusinasi

Ciri-ciri di atas juga terjadi pada anak-anak. Namun ciri-ciri yang paling terlihat yaitu pertumbuhannya yang lambat. Hal ini karena kalsium berperan sebagai mineral yang mendukung pertumbuhan anak.

Jadi, apabila anak-anak kekurangan kalsium maka dapat meningkatkan risiko pertumbuhan tulang yang terhambat. 

Artikel Lainnya: Posisi Tidur untuk Menambah Tinggi Badan.

Makanan dan Minuman Tinggi Kalsium

Makanan dan Minuman Tinggi Kalsium

Untuk memenuhi kebutuhan asupan si kecil, berikut ini rekomendasi makanan dan minuman tinggi kalsium yang bisa membantu menambah tinggi badannya:

1. Ikan Salmon

Salmon merupakan salah satu ikan yang dipercaya memiliki banyak khasiat, terutama untuk kecerdasan. Namun tak hanya itu, ikan salmon juga mengandung tinggi kalsium dan vitamin D yang bagus untuk tubuh.

2. Ikan Sarden

Selain salmon, ikan yang mengandung banyak kalsium yaitu sarden. Dalam takaran 100 gram ikan sarden, mengandung sekitar 95 Mg kalsium.

3. Tahu

Tahu dikenal sebagai makanan yang kaya akan protein. Namun jangan salah, ternyata tahu juga mengandung kalsium yang cukup banyak loh. Dalam takaran 260 gram tahu mengandung 830 Mg kalsium. 

4. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sayuran ini juga mengandung kalsium yang cukup tinggi. Dalam takaran 100 gram brokoli mengandung 46 Mg kalsium.

5. Bayam

Selain brokoli, bayam juga masuk sebagai sayuran yang memiliki kandungan kalsium yang cukup banyak. Dalam 100 gram bayam dapat membantu memenuhi 25% atau 150 Mg kalsium.

Tips: Selain mengonsumsi makanan tinggi kalsium, hindari juga beberapa makanan penghambat tinggi badan.

Etawaku Junior Susu Pertumbuhan Anak

Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, maka diperlukan asupan nutrisi yang seimbang. Susu pertumbuhan anak sudah harus mengandung nutrisi lengkap, seperti Etawaku Junior.

Etawaku Junior merupakan produk susu etawa asli dengan kombinasi krimer nabati yang memiliki nutrisi 3x lebih baik daripada susu sapi.

Susu Etawaku Junior menjadi pilihan tepat produk susu kambing etawa murni untuk dukung tumbuh kembang anak setiap hari. Formulasi STARGROW yang meliputi Omega 3 & DHA, Prebiotik (Inulin & FOS), 10 Vitamin, 7 Mineral, Kalsium, dan Zinc membuat susu Etawaku Junior siap penuhi nutrisi dan dukung tumbuh kembang anak!

Selain dengan kalsium, masih banyak lagi tips menambah tinggi badan sampai 175 cm sekalipun!

Itulah penjelasan lengkap mengenai apakah kalsium bisa meninggikan badan atau tidak. Sekarang saatnya Bunda mendukung pertumbuhan anak dengan memberikan ia asupan kalsium terbaik dari Susu Etawaku!

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar