logo etawaku
Search
Close this search box.

5+ Rekomendasi Buah untuk Kesemutan, Enak dan Mudah Dicari!

Jika dalam artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai berbagai penyebab kaki kesemutan sebelah kiri dan cara tepat mengatasinya, kali ini kita akan mencari tahu tentang rekomendasi berbagai buah untuk kesemutan, yang pastinya aman dikonsumsi dan mudah dicari. Yuk simak!

Kesemutan bisa menjadi salah satu gangguan saraf bahkan muncul sebagai gejala dari penyakit berbahaya. Oleh karena itu, kita harus benar-benar menjaga kesehatan tubuh dari luar dan dalam, salah satunya dengan mengonsumsi buah. 

Buah-buahan mengandung berbagai macam vitamin serta nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan saraf, serta mencegah berbagai penyakit yang berbahaya bagi tubuh kita.

Maka dari itu, konsumsi buah secara rutin bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah kesemutan. 

Apa Saja Buah untuk Kesemutan?

Tentunya, kamu juga perlu memperhatikan jenis buah apa saja yang tepat untuk mengatasi kesemutan. Nah, biar nggak salah pilih, berikut ini beberapa rekomendasi buah untuk kesemutan yang pasti aman dan bisa dicari dengan gampang!

buah-buahan untuk kesemutan

1. Paprika Merah

Kamu tentu sudah tidak asing dengan buah ini ya? Salah satu bahan yang kerap digunakan sebagai topping aneka makanan ini memang memiliki nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. 

Paprika ini memang dikenal dari warna-warnanya, yaitu hijau untuk paprika yang paling muda, kuning untuk paprika agak matang, dan merah untuk jenis paprika yang paling matang. 

Meskipun memiliki warna yang berbeda, namun ketiga paprika ini memiliki kandungan nutrisi yang sama. Hanya saja, paprika merah memiliki kadar antioksidan dan fitonutrien paling tinggi ketimbang dua jenis paprika lainnya. 

Antioksidan dalam paprika merah bisa menjaga kekebalan tubuh serta mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Hal inilah yang menyebabkan paprika masuk sebagai rekomendasi buah untuk kesemutan.

Dalam 100 gram paprika, memiliki kandungan lengkap sebagai berikut:

  • Air 93,8 gram
  • Energi 20 kalori
  • Protein 0,86 gram
  • Lemak 0,17 gram
  • Karbohidrat: 4,64 g
  • Serat: 1,7 g
  • Kalsium: 10 mg
  • Zat besi: 0,34 mg
  • Magnesium: 10 mg
  • Fosfor: 20 mg
  • Kalium: 175 mg
  • Natrium: 3 mg
  • Seng: 0,13 mg
  • Fluoride: 2 mcg
  • Vitamin C: 80,6 mg
  • Thiamin (vitamin B1): 0,057 mg
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,028 mg
  • Vitamin E: 0,37 mg
  • Folat: 10 mcg
  • Kolin: 5,5 mg
  • Beta karoten: 208 mcg
  • Vitamin A: 111 mcg

Tak hanya itu, kandungan capsaicin dalam paprika merah memiliki manfaat yang sangat baik dalam mencegah penyakit kardiovaskular, seperti aterosklerosis atau pengerasan arteri yang menyebabkan kesemutan. 

2. Nanas 

Si kuning yang memiliki rasa asam dan manis khas ini merupakan buah yang dapat untuk mengatasi masalah kesemutan, karena memiliki kandungan enzim bromelain. Enzim ini sangat baik untuk meredakan inflamasi. 

Tak hanya itu, nanas juga tinggi akan kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan sel agar tidak rusak karena radikal bebas. 

Seperti yang dikutip dari website resmi Kemenkes RI, konsumsi buah nanas sebanyak 165 gram saja bisa memenuhi 131% kebutuhan vitamin C harian kita loh!

Nah, berikut ini berbagai kandungan lain yang ada dalam secangkir buah nanas:

  • Kalori: 82,5
  • Lemak: 1,7 g
  • Protein: 1 g
  • Karbohidrat: 21,6 g
  • Serat: 2,3 g
  • Vitamin C: 131% Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Mangan: 76% AKG
  • Vitamin B6: 9% AKG
  • Tembaga: 9% AKG
  • Thiamin: 9% AKG
  • Folat: 7% AKG
  • Kalium: 5% AKG
  • Magnesium: 5% AKG
  • Niasin: 4% AKG
  • Asam pantotenat: 4% AKG
  • Riboflavin: 3% AKG
  • Besi: 3% AKG
  • Vitamin A
  • Vitamin K
  • Fosfor
  • Zinc
  • Kalsium

Kamu bisa mengonsumsi nanas dengan berbagai cara yang nikmat, seperti dengan membuat sop buah atau jus nanas yang segar. Namun pastikan kadar gula yang kamu gunakan jangan terlalu banyak untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan lainnya ya!

3. Jeruk 

Tak usah diragukan lagi, buah ini memang sudah terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan ini sangat bermanfaat dalam menjaga kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. 

Selain itu, jeruk juga memiliki kandungan vitamin B12, salah satu vitamin neurotropik yang sangat baik dalam menjaga kesehatan saraf, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai buah untuk mengatasi kesemutan. 

4. Apel 

Apakah kamu pernah mendengar istilah, “one apple a day, keeps the doctor away”? Istilah ini memang sangat cocok untuk disandang oleh buah apel, sehingga bisa menjadi rekomendasi buah untuk penderita kesemutan. 

Buah apel memiliki kandungan senyawa polifenol yang bisa menurunkan kolesterol dalam darah, juga kandungan flavonoid yang ada dalam buah apel juga bisa menurunkan tekanan darah serta mencegah stroke yang bisa menyebabkan kesemutan. 

5. Alpukat 

Alpukat merupakan rekomendasi buah yang baik untuk kesemutan yang harus kamu coba! Hal itu karena tingginya vitamin B6 dalam buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan saraf tubuh kita. 

Buah ini juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga sangat ampuh dalam mencegah infeksi bakteri dan virus. 

Kamu bisa menggunakan alpukat sebagai campuran dalam menu makan sehat setiap hari atau bisa kreasikan bahan ini dengan bahan lain agar nutrisinya semakin lengkap dan seimbang, seperti dengan membuat avocado toast

Sayur Penghilang Kesemutan

Selain kelima jenis buah untuk kesemutan di atas, kamu juga bisa mengonsumsi buah lain seperti pisang, blueberry, atau mangga yang kaya akan vitamin dan nutrisi lain sebagai cara untuk menghilangkan kesemutan secara alami. 

Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi sayuran agar nutrisi lain bisa terpenuhi ya! Nah, berikut ini beberapa rekomendasi sayuran penghilang kesemutan yang bisa kamu coba:

1. Bayam

Sayuran hijau yang mudah ditemukan di mana saja ini memang tinggi akan vitamin B6 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan saraf, sehingga bisa meredakan kesemutan yang dialami. 

2. Brokoli 

Penyakit diabetes bisa menyebabkan gangguan seperti kesemutan. Konsumsi brokoli bisa menjadi salah satu cara yang dianjurkan agar kadar gula dalam darah tetap stabil dan mencegah diabetes, sehingga terhindar dari risiko kesemutan. 

3. Kangkung

Kangkung mungkin dikenal sebagai sayuran yang bisa menyebabkan kantuk. Tapi di sisi lain, sayuran hijau ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan kesemutan loh!

Hal ini disebabkan karena kangkung memiliki kandungan vitamin A, C, serta berbagai antioksidan yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung, sehingga bisa mencegah gejala kesemutan. 

Kamu bisa mengombinasikan berbagai jenis sayuran di atas dengan aneka bahan lain agar nutrisinya semakin lengkap ya! 

Baca Juga Artikel Lainnya: Obat Tradisional Kesemutan Tangan Kanan.

Pantangan Makanan Kesemutan

Jika di atas kita sudah mempelajari tentang aneka sayur dan buah untuk kesemutan, dalam sub bab ini kita akan mencari tahu tentang berbagai makanan yang menjadi pantangan untuk kesemutan, yaitu sebagai berikut:

1. Sumber Gluten

Bagi beberapa orang, mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gluten seperti roti, sereal, pasta, kue, dan aneka makanan yang terbuat dari gandum bisa memperparah kondisi kesemutan. 

2. Makanan Olahan

Berbagai makanan olahan seperti daging atau biji-bijian olahan bisa menjadi pantangan makanan untuk kesemutan. 

Sebut saja daging olahan yang tinggi akan kandungan garam. Padahal, konsumsi garam dalam jumlah berlebihan bisa meningkatkan risiko terkena gejala mati rasa bagi penderita neuropati. 

Sementara, konsumsi aneka produk biji-bijian olahan bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Maka dari itu, makanan ini sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes agar tidak menimbulkan neuropati diabetik penyebab kesemutan. 

3. Makanan Tinggi Gula

Aneka dessert memang sangat menggoda dan sulit untuk dilewatkan ya? Namun, ada bahaya di balik nikmatnya dessert dan olahan makanan tinggi gula lainnya loh!

Tak heran, makanan atau minuman yang memiliki kadar gula tinggi justru disarankan untuk menghindari konsumsi makanan ini agar tidak memperparah gejala neuropati berupa kesemutan. 

4. Minuman Beralkohol

Alkohol bisa memicu penyakit neuropati perifer. Konsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan bisa menyebabkan keracunan, peradangan, hingga kekurangan vitamin yang bisa memperparah kerusakan saraf. 

Itu dia informasi mengenai berbagai rekomendasi sayur dan buah untuk kesemutan, serta beberapa pantangan yang harus dihindari agar kondisi kesemutan tidak semakin parah. Semoga bermanfaat!

Tak hanya buah dan sayuran, kamu juga bisa mengatasi kesemutan dengan rutin mengonsumsi susu kambing Etawaku Platinum, karena susu Etawaku memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang sendi. Seperti yang kita tahu, kalau kesemutan ini ada hubungannya dengan tidak sehatnya tulang sendi.

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar