logo etawaku
Search
Close this search box.

5+ Obat Tradisional Kesemutan Tangan Kanan yang Pasti Aman!

Pernah mengalami tangan kesemutan di sebelah kanan? Yuk ketahui berbagai penyebab serta resep obat tradisional kesemutan tangan kanan dalam artikel ini!

Saat kesemutan terjadi, bagian tubuh yang terserang akan mengalami kebas, geli, panas, atau sensasi seperti ditusuk-tusuk jarum. Nah, sebenarnya, kondisi kesemutan atau parestesia ini sangat umum terjadi.

Biasanya, kesemutan pada tangan kanan dialami saat saraf mendapatkan banyak tekanan, sehingga aliran darah menjadi tidak lancar.

Coba ingat, pasti kamu pernah mengalami kesemutan setelah tidur bersandar pada tangan, bukan? Nah, hal itu karena tangan terlalu mendapatkan banyak tekanan dari badan kamu yang bersandar kepadanya.

Kesemutan Tangan Kanan Kurang Vitamin Apa?

kesemutan tangan kanan

Bukan hanya itu, rupanya kesemutan juga bisa menjadi salah satu indikasi kalau tubuh kamu kekurangan vitamin loh! Wah kok bisa?

Jadi, saraf-saraf di dalam tubuh kita memerlukan berbagai vitamin untuk menjalankan tugas secara optimal. Vitamin ini dinamakan vitamin neurotropik, yang meliputi:

1. Vitamin B1 (Tiamin)

Jenis vitamin ini berperan sebagai sumber energi bagi saraf. Anak-anak membutuhkan vitamin B1 sebanyak 10-50 mg setiap hari, sementara orang dewasa memerlukan asupan vitamin B1 sebanyak 50-100 mg setiap hari. 

Tiamin bisa didapatkan secara alami dalam gandum utuh, daging sapi, tuna, salmon, atau kacang-kacangan. Kamu juga bisa mengonsumsi beberapa jenis sereal yang diperkaya dengan vitamin B1 atau melalui suplemen ya!

infografis artikel - obat tradisional kesemutan

2. Vitamin B6 (Piridoksin)

Piridoksin sangat penting dalam mendukung perkembangan otak, menjaga kesehatan sistem saraf serta sistem imun. Vitamin ini merupakan salah satu jenis vitamin yang bisa larut dalam air. 

Sebenarnya, kasus kekurangan vitamin B6 cukup jarang terjadi. Namun, risiko kekurangan vitamin B6 lebih rentan terjadi pada penderita penyakit celiac (reaksi imun pada sistem pencernaan), obesitas, radang usus, rheumatoid arthritis, atau penyakit liver. 

Untuk mencegah defisiensi vitamin B6, kamu bisa mengonsumsi sayuran, daging, ikan, aneka kacang-kacangan, pisang, oat, atau telur.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan vitamin B6 dalam bentuk suplemen atau suntik sesuai dengan dosis yang dibutuhkan. 

3. Vitamin B12 (Kobalamin)

Vitamin B12 sendiri diperlukan dalam proses produksi myelin, yang berperan penting dalam melindungi serabut saraf dalam tubuh. 

Selain itu, vitamin B12 juga sangat penting dalam pembentukan sel darah merah, menghasilkan energi, dan menjaga kesehatan kulit serta rambut. 

Untuk mencegah kesemutan akibat kekurangan vitamin B12, kamu bisa mengonsumsi bayam, daging, susu, atau telur ya!

Baca Juga: Kaki Kesemutan Sebelah Kiri.

Kesemutan di Tangan Kanan Gejala Penyakit Apa?

Selain kekurangan vitamin neurotopik di atas, kondisi kesemutan di tangan kanan juga bisa menjadi salah satu gejala dari berbagai macam penyakit loh!

Sebelum membahas obat tradisional kesemutan tangan kanan, berikut informasi mengenai kemungkinan gejala penyakitnya.

1. Neuropati Perifer

Yaitu gangguan akibat adanya kerusakan pada saraf tepi atau saraf perifer. Saraf ini berperan sebagai media untuk mengirimkan sensasi fisik ke otak dan sebaliknya. 

Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai hal, seperti cedera saraf, efek samping penggunaan beberapa jenis obat, salah satunya obat anti tuberkulosis, serta penyakit autoimun. 

2. Neuropati Diabetik

Tingginya kadar gula dalam darah bisa memicu kerusakan saraf yang bisa menimbulkan sensasi kesemutan dan mati rasa. Kondisi ini juga perlu diwaspadai karena menjadi salah satu komplikasi dari penyakit diabetes. 

3. Saraf Tertekan

Adanya tekanan pada saraf tangan bagian kanan merupakan penyebab paling umum dari kesemutan. Kondisi ini menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar, sehingga menimbulkan sensasi kesemutan. 

Kamu bisa mengalami kondisi ini saat mengambil posisi tidur yang kurang baik, melakukan kegiatan berulang dalam waktu yang lama, seperti menulis, merokok, gaya hidup yang kurang gerak, bahkan obesitas. 

4. Rheumatoid Arthritis

Ini adalah salah satu penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi. Sebenarnya, penyakit ini bisa terjadi di bagian sendi manapun. Namun, jika rheumatoid arthritis menyerang siku, hal ini bisa menjadi penyebab kesemutan di tangan kanan.

5. Carpal Tunnel Syndrome

Salah satu gejala yang ditimbulkan dari kondisi ini yaitu rasa kesemutan dan mati rasa di bagian telapak atau pergelangan tangan. Kondisi ini menyebabkan penderitanya kesulitan menggenggam benda-benda tertentu. 

Biasanya, carpal tunnel syndrome lebih rentan dialami oleh orang yang melakukan kegiatan yang melibatkan gerakan jari dan tangan secara berulang, seperti atlet bulu tangkis, voli, maupun pekerja kantoran yang memiliki tuntutan untuk mengetik dalam waktu yang lama. 

6. Kekurangan Tiroid

Dalam istilah medis, kondisi ini disebut dengan hipotiroidisme, yaitu salah satu gangguan akibat tubuh memproduksi hormon tiroid dalam jumlah sedikit. Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan kondisi ini bisa terjadi, seperti:

  • Usia dan jenis kelamin, wanita berusia lebih dari 60 tahun memiliki risiko lebih tinggi terkena hipotiroidisme. 
  • Keturunan 
  • Ibu hamil atau pasca melahirkan dalam waktu 6 bulan terakhir
  • Penderita penyakit autoimun lain, seperti diabetes tipe 1, celiac, atau multiple sclerosis.
  • Penderita bipolar, down syndrome, atau sindrom turner

Jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat, penderita hipotiroidisme bisa mengalami kerusakan saraf pada tangan, sehingga menyebabkan kesemutan, tangan menjadi lemah, bahkan mati rasa. 

7. Stroke 

Kalau kamu sering mengalami kesemutan, kamu patut curiga, jangan-jangan itu adalah tanda dari stroke ringan! 

Stroke bisa terjadi karena adanya pembuluh darah dalam otak yang tersumbat, sehingga bisa mengganggu saraf-saraf lain, termasuk saraf yang mengirimkan sinyal ke tangan, yang bisa menimbulkan sensasi kesemutan. 

8. Epikondilitis 

Istilah ini mungkin terdengar sangat asing ya? Sebenarnya, kondisi ini merupakan peradangan yang terjadi pada tendon di area siku. Hal ini bisa menimbulkan berbagai gejala, seperti nyeri, kesemutan, serta pembengkakan di area siku dan tangan. 

9. Vaskulitis

Yaitu peradangan pada pembuluh darah. Vaskulitis yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan berbagai perubahan pada pembuluh darah, seperti penebalan, penyempitan, penipisan, bahkan penyumbatan. 

Tentu saja hal ini bisa mengganggu aliran darah pada tubuh, sehingga penderitanya bisa mengalami rasa kebas dan kesemutan di bagian tangan. 

Obat Tradisional Kesemutan Tangan Kanan

cara mengatasi kesemutan tangan kanan dengan obat tradisional

Ramuan tradisional obat kesemutan tangan sering digunakan sebagai cara menghilangkan kesemutan yang tak kunjung hilang secara alami, sekaligus tanpa efek samping. Nah, begini cara mengobati tangan kebas sebelah kanan:

1. Gunakan Minyak Esensial

Minyak esensial dapat membantu meringankan berbagai masalah terkait dengan saraf, termasuk kesemutan. Hal ini bisa terjadi karena minyak esensial memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik yang mampu meringankan rasa nyeri dan memperbaiki saraf yang rusak. 

Cara menggunakan minyak esensial sebagai obat tradisional kesemutan tangan kanan cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

  1. Gunakan minyak esensial lavender sebanyak 10-12 tetes.
  2. Campurkan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. 
  3. Oles dan pijat dengan lembut di tangan kanan yang mengalami kesemutan.
  4. Lakukan setiap hari untuk membantu saraf tetap rileks. 

2. Lakukan Terapi Pijat

Terapi pijat memberikan manfaat yang sangat baik dalam melancarkan peredaran darah. Maka dari itu, pemilihan metode pijat sebagai terapi bisa menjadi cara tradisional mengatasi kesemutan tangan kanan yang sangat baik dan aman. 

3. Kompres Air Hangat

Air hangat bisa meningkatkan sirkulasi darah di area tubuh yang kesemutan. Untuk mengatasi kesemutan di tangan kanan, kamu bisa mengompres area tersebut dengan handuk yang telah direndam dalam air hangat selama lima hingga tujuh menit ya!

4. Gunakan Larutan Garam Epsom 

Garam epsom memiliki kandungan magnesium yang sangat baik untuk meringankan peradangan dalam tubuh. Selain itu, larutan ini juga bisa memulihkan saraf yang mengalami peradangan dan menyebabkan kesemutan. 

Kamu bisa menggunakan larutan garam epsom sebagai salah satu obat tradisional kesemutan dengan cara sebagai berikut:

  1. Siapkan secangkir garam epsom dan satu ember air hangat. 
  2. Masukkan garam ke dalam ember, lalu aduk hingga merata.
  3. Rendam bagian yang kesemutan selama 15-20 menit.
  4. Rutin lakukan kebiasaan ini setiap hari untuk melancarkan sirkulasi darah. 

5. Cuka Apel

Kandungan asam asetat dalam cuka apel bisa mempercepat perbaikan saraf yang rusak. Kamu bisa mengonsumsi cuka apel dengan langkah mudah sebagai berikut:

  1. Siapkan satu gelas air hangat, satu sendok teh cuka apel, dan madu. 
  2. Campurkan cuka apel ke dalam air.
  3. Masukkan madu secukupnya, lalu aduk hingga merata. 
  4. Minuman cuka apel segar dan menyehatkan siap disajikan.

Untuk mengatasi kesemutan dengan buah, kamu bisa baca selengkapnya di artikel rekomendasi buah untuk kesemutan.

Selain dengan bahan-bahan alami di atas, untuk cara yang lebih mudah dalam mengatasi masalah kesemutan, kamu bisa rutin minum Susu Etawaku Platinum yang memiliki manfaat tersendiri untuk masalah tulang dan sendi, termasuk kondisi seperti kesemutan atau kebas (yang mana kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda ada masalah dengan tulang sendi).

Nah, itu dia informasi mengenai berbagai penyebab kesemutan di tangan kanan, serta beberapa pilihan obat tradisional kesemutan tangan kanan yang bisa kamu coba. Kira-kira, metode mana yang ingin kamu coba? Yuk beri pendapatmu di kolom komentar!

Baca Juga Artikel Lainnya: Tangan Sering Kesemutan Saat Tidur, Kenapa Ya?

Jika bermanfaat, kamu bisa share artikel ini ke seluruh sosial media kamu ya!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar