logo etawaku
Search
Close this search box.

3+ Posisi Tidur Saat Batuk dan Sesak Nafas, Tidur Tetap Nyaman!

Kalau kamu sering mengalami masalah batuk yang disertai sesak nafas saat tidur, mungkin kamu paham betapa meresahkannya kondisi tersebut, karena akan membuat kualitas tidur kurang baik dan akhirnya kurang tidur.

Nah, sebagai tips untuk mengatasinya, kamu bisa memilih beberapa posisi tidur saat batuk dan sesak nafas, yang bisa menjadi solusi efektif dari masalah tersebut.

Batuk sendiri merupakan kondisi yang sering terjadi, biasanya dibarengi dengan flu dan masuk angin. Dengan posisi tidur yang baik dan tepat, maka kesulitan tidur akibat batuk dan sesak nafas dapat mereda, sehingga kamu bisa lebih mudah tidur dan nyenyak.

Diskon Rp57.000 Hari Ini! Sembuh dari Batuk dan Penyakit Pernapasan dengan Susu Etawaku. Lihat Promo Disini!

Posisi Tidur Saat Batuk dan Sesak Nafas, yang Baik dan Benar!

Posisi Tidur yang baik Saat Batuk dan Sesak Nafas

Langsung saja, berikut beberapa posisi tidur untuk kamu yang sedang mengalami batuk dan sesak nafas.

1. Posisi Telentang (Kepala Lebih Tinggi)

Karena kamu mengalami sesak nafas, maka posisi tidur telentang dengan kepala lebih tinggi bisa menjadi cara tidur yang benar, itu bertujuan untuk membuat saluran pernapasan kamu saat tidur dapat terbuka lebih baik. Dengan begitu, Kamu bisa meredakan sesak nafas.

Cobalah untuk tidur telentang dan berikan 2 bantal di leher maupun bahu (untuk membuat posisi kepala lebih tinggi).

2. Posisi Telentang (Lutut Lebih Tinggi)

Selain tidur dengan posisi telentang dan kepala lebih tinggi, kamu bisa mencoba alternatif lain dengan menambahkan bantal di bawah lutut (posisi lutut ditekuk).

Harapannya, bantal yang ada di bawah lutut dapat memaksimalkan sirkulasi udara dan mengatasi sesak nafas saat tidur.

3. Posisi Tidur Miring

Masih tidak jauh beda dengan kedua posisi sebelumnya, kamu bisa menerapkan posisi tidur pertama dan kedua, lalu memiringkan badan untuk membuat punggung bisa lurus dan postur tidur dapat lebih baik.

Tidak hanya sebagai posisi tidur saat batuk dan sesak nafas, tidur dengan seperti ini juga bermanfaat untuk penderita asma maupun asam lambung.

Tips Tidur Saat Batuk dan Sesak Nafas

tips tidur saat batuk dan sesak nafas

Tidak cukup dengan posisi tidur yang baik, kamu juga bisa menerapkan berbagai langkah tambahan agar kualitas tidur dapat terjaga meskipun sedang mengalami masalah pernapasan.

  • Pastikan Udara di Ruangan Bersih

Untuk bisa tidur dalam kondisi sesak nafas, tentunya peran kualitas udara sangat besar. Pastikanlah udara di sekitar tempat tidur kamu bersih dan nyaman.

Hindari penggunaan AC dan Kipas angin yang mengarah langsung ke wajah, hal itu karena bisa udara yang berhembus langsung ke wajah dapat juga menjadi pemicu batuk.

  • Hindari Posisi Tidur Miring ke Kanan

Tidak hanya ada posisi tidur yang baik untuk penderita batuk dan sesak nafas, ternyata ada juga posisi tidur yang tidak baik, yaitu tidur miring ke kanan.

Hal itu dibuktikan dari penelitian yang pernah dilakukan pada tahun 1990, di mana kesimpulannya adalah posisi tidur miring ke kanan dapat mempersempit saluran pernapasan (meskipun tidak semua orang), namun alangkah baiknya kamu hindari saja posisi tidur tersebut.

  • Minum Minuman Hangat

Sebelum tidur, kamu bisa minum air hangat untuk membuat batuk menjadi reda, sehingga bisa membuat kamu menjadi lebih mudah untuk tidur. Minum air putih hangat juga dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah tenggorokan.

  • Gunakan Humidifier

Selain menjaga kualitas udara dari AC dan kipas angin, kamu bisa menggunakan humidifier juga untuk membantu meningkatkan kualitas udara agar terhindar dari lembap, di mana udara yang lembap bisa menyebabkan virus dan bakteri berkembang lebih cepat.

  • Minum Susu Kambing Sebelum Tidur

Sudah coba berbagai solusi tapi batuk dan sesak nafas masih sering kambuh? Daripada terus minum obat, kamu bisa mengatasinya dengan lebih baik dengan susu kambing.

Ada banyak manfaat susu kambing untuk batuk berdahak dan penyakit pernapasan, hal ini karena adanya kandungan betakasein dan fluorin dalam susu kambing, sehingga bisa mengatasi masalah pernapasan, dari batuk, flu, pilek, hingga masalah pernapasan kronis seperti TBC dan Asma.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Itulah berbagai posisi tidur saat batuk dan sesak nafas yang bisa kamu coba dalam mengatasi masalah pernapasan saat sedang tidur malam hari. Jangan lupa terapkan juga tips-tips lainnya, ya!

Photo of author

EtawakuBrand

Tinggalkan komentar