logo etawaku
Search
Close this search box.

Batuk Karena Asam Lambung, Catat Gejala dan 4 Cara Mengatasinya!

Bicara soal batuk, tentu saja kamu pernah mengalami kondisi ini bukan? Tapi tahukah kamu? Ternyata batuk bukan hanya menjadi respons saat tubuh terinfeksi zat asing loh! Beberapa orang juga bisa mengalami batuk karena asam lambung.

Penasaran tentang batuk yang disebabkan oleh asam lambung dan cara aman untuk mengatasinya? Yuk baca faktanya dalam artikel ini!

Diskon Rp164 Ribu Hari Ini, Sembuhkan Batuk dan Asam Lambung dengan Susu Etawaku Platinum. Lihat Promonya Disini.

Apakah kamu memiliki masalah asam lambung dan sering terbatuk-batuk saat kondisi ini kambuh? Jika iya, maka kamu harus waspada ya! Pasalnya, batuk karena asam lambung naik bisa terjadi dalam waktu yang lama, atau dalam istilah medis disebut dengan batuk kronis. 

Dalam sebuah ulasan yang dimuat pada jurnal Gastroenterology & Hepatology, kasus batuk kronis yang disebabkan oleh penyakit asam lambung atau GERD mencapai 25% loh!

Sayangnya, kebanyakan penderita asam lambung tidak mengalami gejala pencernaan, sehingga tidak menyadari bahwa asam lambung bisa menjadi penyebab batuk.

Apakah Asam Lambung Bisa Menyebabkan Batuk?

Apakah Asam Lambung Bisa Menyebabkan Batuk

Lantas, bagaimana bisa asam lambung dapat memicu batuk?

Nah, mari ingat kembali mengenai penyakit GERD, yaitu salah satu gangguan yang menyerang organ lambung akibat otot LES (lower esophageal sphincter) yang kendur. Otot ini berfungsi untuk membuka dan menutup akses makanan dari kerongkongan menuju lambung. 

Pada orang normal, otot ini akan otomatis menutup rapat setelah makanan masuk ke dalam lambung. Namun, pada penderita GERD, otot ini berada dalam kondisi lemah, sehingga memungkinkan asam lambung naik ke kerongkongan. 

Saat itulah organ kerongkongan akan teriritasi dan batuk menjadi respons tubuh untuk mengeluarkan lendir yang berguna dalam melindungi saluran pernapasan. 

Menariknya, refleks ini justru bisa memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan. Apabila siklus batuk – refluks asam – batuk terus terjadi, maka penderita GERD akan mengalami batuk kronis

Ada beberapa faktor yang bisa memicu batuk karena asam lambung, seperti merokok, konsumsi alkohol dalam kadar yang berlebihan, serta kebiasaan mengonsumsi makanan pemicu asam lambung, seperti gorengan, aneka makanan berlemak, asam, dan pedas. 

Kembali ke pertanyaan awal, apakah asam lambung bisa menyebabkan batuk? Jawabannya adalah bisa!

Ciri-Ciri Batuk Karena Asam Lambung

Meskipun batuk karena asam lambung jarang disadari, namun sebenarnya ada beberapa ciri yang membedakan antara batuk yang disebabkan oleh asam lambung dengan batuk akibat masalah saluran pernapasan, yaitu sebagai berikut:

1. Nyeri Dada

Umumnya, batuk yang terjadi akibat asam lambung naik akan disertai dengan rasa nyeri pada dada. Kondisi ini seringkali muncul beberapa saat setelah makan dan bisa bertahan hingga beberapa jam. 

2. Suara Serak

Asam lambung yang naik ke kerongkongan bisa menyebabkan iritasi pita suara. Tentu saja hal ini bisa menyebabkan penderita asam lambung terbatuk-batuk dan membuat suara menjadi serak. 

3. Sulit Menelan

Naiknya asam lambung ke kerongkongan membuat penderitanya mengalami kesulitan menelan makanan. Kondisi ini juga yang menyebabkan penderitanya sering tersedak.

4. Napas Berbau

Bau napas menjadi salah satu ciri khas yang paling mudah dikenali dari gejala batuk karena asam lambung. 

5. Masalah Pencernaan

Biasanya, kondisi ini juga disertai dengan adanya gejala asam lambung, yaitu mual, perut kembung, rasa terbakar di dada (heartburn), serta gangguan pencernaan lainnya. 

Namun, batuk yang disebabkan oleh naiknya asam lambung tidak disertai dengan asma atau alergi seperti mengi, batuk berdahak, hidung tersumbat, mata berair, atau rasa gatal pada kulit. Dan umumnya, gejala ini semakin parah saat berbaring.

Batuk Karena Asam Lambung Berapa Lama?

Seperti yang telah disebutkan di atas, batuk akibat asam lambung bisa menjadi batuk kronis. Artinya, gangguan ini bisa berlangsung dalam jangka waktu lebih dari delapan minggu. Saat batuk ini kambuh, gejala yang muncul juga bisa bertahan hingga beberapa jam. 

Gejala yang berlangsung secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama ini pasti akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Jika gejala yang ditunjukkan semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter ya!

Obat Tradisional Batuk Karena Asam Lambung

Obat Tradisional Batuk Karena Asam Lambung

Jika diingat kembali, sebenarnya asam lambung merupakan gangguan yang terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu, langkah utama dalam mengatasi batuk karena asam lambung yaitu dengan mengubah pola hidup. 

Berikut ini beberapa cara serta obat tradisional yang bisa kamu gunakan dengan aman untuk membantu meredakan batuk akibat naiknya asam lambung:

1. Minum Air Putih

Saat batuk terjadi, cobalah untuk mengonsumsi air putih hangat. Tindakan ini bisa membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik, sekaligus meredakan iritasi pada tenggorokan. 

Selain itu, konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup juga bisa membantu menetralkan rasa asam karena asam lambung yang naik ke kerongkongan, sehingga sensasi tidak nyaman yang dialami bisa berkurang. 

2. Konsumsi Air Jahe

Sifat antiradang yang ada dalam jahe bisa membantu melegakan tenggorokan, serta bisa mengurangi peradangan pada lambung dan mengurangi produksi asam dalam lambung. 

Namun, perlu diingat, kamu perlu membatasi jumlah jahe yang dikonsumsi ya! Alih-alih sembuh dari batuk, konsumsi jahe berlebihan justru bisa menyebabkan perut kembung bahkan nyeri ulu hati. 

3. Gunakan Humidifier

Jika kamu berada dalam ruangan ber-AC, pastikan kamu memasang humidifier atau pelembap ruangan ya! Pasalnya, ruangan yang kering bisa membuat batuk yang disebabkan oleh asam lambung semakin parah.

Sebelum itu, kamu perlu mengecek kebersihan alat pelembap ruangan agar manfaatnya semakin optimal ya!

4. Minum Obat untuk Asam Lambung

Konsumsi obat sesuai dengan resep dokter perlu dilakukan sebagai salah satu cara mengatasi batuk akibat asam lambung. 

Biasanya, dokter akan meresepkan obat golongan proton pump inhibitors (PPIs) atau antasida. Kedua obat ini bisa membantu mengatasi batuk akibat asam lambung secara efektif. 

Baca Juga:

Susu Etawaku Platinum, Rekomendasi Susu Kambing Aman untuk Asam Lambung

Nah, selain keempat cara di atas, kamu perlu mengubah gaya hidup untuk mengatasi batuk karena asam lambung ya!

Kamu bisa mulai mengubah pola makan yang sehat dengan nutrisi lengkap dan seimbang, biasakan untuk berolahraga secara rutin, serta istirahat yang cukup agar tubuh bisa berfungsi secara optimal. 

Agar usahamu semakin optimal, cobalah untuk mengonsumsi susu Etawaku Platinum setiap hari ya! Etawaku Platinum terbuat dari susu kambing asli, sehingga nutrisinya lebih lengkap, bahkan 3 kali lebih baik jika dibandingkan dengan susu sapi. 

Selain itu, susu kambing memiliki sifat yang lebih mudah diserap oleh tubuh, karena ukuran gumpalannya yang kecil, bahkan menyerupai ASI. Keunggulan ini membuat susu Etawaku Platinum sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. 

Belum selesai sampai situ, susu kambing Etawaku Platinum juga memiliki kandungan laktosa dan kasein yang lebih rendah daripada susu sapi loh! Kedua kandungan ini merupakan zat yang menyebabkan intoleransi laktosa dan alergi susu. 

Artinya, mengonsumsi susu kambing Etawaku Platinum berisiko lebih rendah untuk mengalami gejala gangguan pencernaan dan pernapasan yang membuat batuk akibat asam lambung semakin parah. 

Etawaku bisa menjadi produk andalan kamu sebagai susu kambing untuk batuk berdahak maupun susu kambing untuk mengatasi asam lambung.

Yuk, mulai rutin konsumsi susu Etawaku Platinum dari sekarang untuk menjaga kesehatan lambung dan saluran pencernaan!

Itu dia artikel mengenai batuk karena asam lambung, semoga bermanfaat ya! Jangan lupa sebarkan informasi ini ke seluruh sosial media kamu agar manfaatnya bisa tersebar lebih luas!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar