logo etawaku
Search
Close this search box.

Lengan Kiri Pegal Karena Asam Lambung

Kondisi lengan kiri pegal karena asam lambung sering terjadi pada penderita asam lambung, selain gejala-gejala umum seperti heartburn, sesak nafas, dan lainnya.

Asam lambung atau yang sering disebut dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan salah satu gangguan yang disebabkan oleh melemahnya katup bagian bawah kerongkongan yang menyebabkan asam lambung kembali naik ke atas.

Diskon 57 Ribu Hari Ini! Sembuh dari Asam Lambung dengan Susu Etawaku. Lihat Promonya Disini

Rasa pegal yang menjalar pada lengan akan menyebabkan perasaan yang tidak nyaman serta menghambat pergerakan.

Sebenarnya, apa yang menyebabkan hal itu terjadi? Dan bagaimana penanganan untuk lengan kiri pegal karena asam lambung? Yuk cari tahu disini.

Lengan kiri pegal karena asam lambung bisa ditandai dari gejala kesemutan serta nyeri otot akibat saluran pernapasan yang teriritasi. 

Sebagai catatan tambahan, sebenarnya lengan kiri yang terasa pegal tidak hanya disebabkan oleh asam lambung saja ya! 

Cara Mengatasi Lengan Kiri Pegal Karena Asam Lambung

Gangguan asam lambung yang dibiarkan akan menyebabkan sensasi pegal di lengan kiri tetap bertahan. Artinya, aktivitas yang dilakukan bisa menjadi terhambat karena kesulitan bergerak. 

Untuk mengatasi lengan kiri pegal karena asam lambung? Sebenarnya jawabannya sangat sederhana, yaitu mencegah asam lambung agar tidak kambuh.

Nah, berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi asam lambung:

1. Minum Susu Kambing Etawaku

cara mengatasi Lengan Kiri Pegal Karena Asam Lambung

Kamu sering merasakan pegal dan memiliki masalah asam lambung? Atasi segera sebelum kondisi tersebut terjadi terus menerus yang dapat mengakibatkan berbagai dampak lebih berbahaya pada kesehatan tubuh, dengan Susu Etawaku!

Ini merupakan cara termudah dan terenak untuk mengatasi lambung dan masalah pegal. Susu Etawaku memiliki manfaat terbaik untuk kekuatan tulang dan sendi (tinggi kalsium) sehingga bisa terbebas dari masalah seperti pegal.

Ditambah lagi, susu ini juga sangat bagus untuk penderita asam lambung karena kandungannya bersifat alkali (hampir setara ASI).

Lebih lengkap, bisa cek penjelasannya di artikel Susu Kambing Etawa untuk Asam Lambung.

2. Atur Pola Makan

Konsumsi makanan secara teratur dengan gizi seimbang bisa membantu mencegah asam lambung. Hindari berbagai jenis makanan yang bisa memicu asam lambung naik seperti makanan pedas, makanan berlemak, serta makanan asam. 

Kamu bisa menggantinya dengan konsumsi buah-buahan dan sayur, serta kurangi penggunaan minyak saat memasak. 

Tak hanya pola makan, kebiasaan makan juga harus dijaga agar terhindar dari risiko asam lambung naik dan lengan kiri pegal karenanya.

Alih-alih mengonsumsi makanan langsung dalam jumlah yang banyak, sebaiknya kamu mulai mencoba untuk makan dalam porsi secukupnya, namun lebih sering. Hal itu bisa membantu mencegah kembung yang bisa memperparah asam lambung. 

Jangan lupa juga untuk menghindari kebiasaan tidur tepat setelah makan. Upayakan untuk memberikan jeda sekitar beberapa jam antara tidur dengan makan, untuk mencegah asam lambung kembali naik ke kerongkongan. Jangan lupa juga untuk memenuhi asupan cairan tubuh ya!

3. Berhenti Merokok

Rokok bisa menyebabkan iritasi pada lambung, tenggorokan, dan kerongkongan. Maka dari itu, jika kamu masih merokok, yuk mulai hentikan dari sekarang!

4. Olahraga Teratur

Melakukan olahraga secara teratur bisa membantu mengurangi kemungkinan Lengan Kiri Pegal Karena Lambung. Pasalnya, kegiatan ini bisa membantu membakar kalori dalam tubuh sehingga bisa menurunkan risiko obesitas pemicu asam lambung.

Olahraga juga bagus untuk kesehatan dan kekuatan tulang sehingga terbebas dari pegal.

Namun perlu diperhatikan, sebaiknya penderita asam lambung memilih jenis olahraga yang tepat dan hindari jenis olahraga dengan intensitas tinggi seperti lari, lompat tali, memanjat, atau angkat beban. 

Sebagai opsi, kamu bisa memilih jalan santai, berenang, atau peregangan ringan ya! Selain itu, jangan lupa pemanasan dan minum air (penderita asam lambung juga sangat disarankan untuk makan terlebih dahulu sebelum berolahraga. 

5. Istirahat Cukup

Beristirahat dengan cukup dan berkualitas bisa membantu menurunkan risiko penyakit asam lambung.

Sebelum tidur, pastikan kamu tidak makan makanan berat atau camilan agar tidak memicu asam lambung naik ke kerongkongan. 

6. Hindari Stres

Pikiran yang terlalu penat dan stres memang bisa memicu terjadinya asam lambung. Maka dari itu, coba mulai berlatih manajemen stres dengan baik.

7. Konsumsi Obat

Biasanya, dokter akan memberikan beberapa resep obat untuk membantu mengatasi asam lambung. Nah, coba ikuti anjuran tersebut agar kondisi asam lambung kamu semakin membaik!

Kamu juga bisa melengkapinya dengan konsumsi beberapa jenis suplemen untuk mencegah rasa kembung saat asam lambung naik. Namun, tetap pastikan suplemen yang kamu konsumsi sesuai dengan anjuran dokter ya!

Itu dia artikel mengenai lengan kiri pegal karena asam lambung serta 6 langkah mudah untuk mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat! 

Rekomendasi Artikel Lainnya Untukmu:

Yuk ikut berpartisipasi dalam menyebarkan informasi bermanfaat dengan cara bagikan artikel ini ke seluruh sosial media kamu ya!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar