logo etawaku
Search
Close this search box.

10+ Cara Menghilangkan Pegal di Leher dan Pundak Bahu, Pasti Mudah!

Mengetahui cara menghilangkan pegal di leher dan pundak bahu memang menjadi hal yang sangat membantu agar aktivitas tetap berjalan dengan lancar tanpa terganggu.

Apalagi saat stres, kamu pasti sering mengalami rasa pegal di bagian leher, pundak, atau bahu, bukan? Tak hanya itu, gejala ini kerap kali disertai dengan kepala yang terasa pusing serta leher dan pundak yang terasa berat. 

Nah, yuk simak informasinya dalam artikel ini untuk mengetahui berbagai penyebab serta cara aman mengatasi rasa kaku dan pegal di area leher dan bahu!

Pundak dan leher merupakan bagian tubuh yang paling sering digunakan untuk menopang aktivitas setiap hari. 

Di dalam pundak terdiri sendi peluru, sementara leher tersusun dari otot, tulang, pembuluh darah, saraf, ligamen, serta rongga tulang belakang, sehingga kedua bagian ini bisa bergerak secara fleksibel.

Penyebab Pegal di Leher dan Pundak Bahu 

penyebab pegal di leher dan pundak bahu

Penggunaan pundak dan leher dalam intensitas tinggi memang kerap menyebabkan kedua bagian tubuh ini terasa berat dan pegal. 

Sebetulnya, hingga saat ini belum ada penyebab yang pasti kenapa pundak dan leher terasa sakit. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko munculnya gejala kaku pada leher dan pundak, seperti:

1. Mengalami Gangguan Tidur

Normalnya, orang dewasa memerlukan waktu tidur selama 8 jam setiap hari. Akan tetapi banyaknya pekerjaan, lingkungan tidur yang tidak kondusif, serta berbagai faktor lainnya menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur. 

Jika kondisi ini berlangsung dalam waktu yang lama dan tidak segera ditangani, maka bisa menimbulkan gejala yang lebih parah, mulai dari rasa kaku pada leher hingga bahu, dan tentu saja hilang fokus yang berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari. 

2. Otot Tegang

Kebiasaan tertentu seperti membaca sambil tiduran, terlalu lama menunduk, kejang otot leher, terlalu sering menggerakkan otot leher dan pundak, serta posisi tidur yang tidak sempurna bisa memicu munculnya rasa pegal pada leher, pundak, serta bahu.

3. Cedera Kepala dan Leher

Mengalami cedera pada kepala dan leher merupakan penyebab utama munculnya rasa nyeri pada pundak serta leher. Hal ini bisa terjadi karena cedera tersebut bisa menyebabkan kerusakan otot, tulang, serta saraf leher.

4. Saraf Terjepit

Saraf terjepit di bagian leher dan pundak bisa menimbulkan rasa nyeri serta kesemutan yang sangat mengganggu. Rasa kaku ini bahkan bisa dirasakan hingga ke bagian tubuh lain, seperti pundak hingga lengan. 

5. Gangguan Persendian

Mengalami gangguan persendian seperti osteoarthritis atau radang sendi di bagian tulang belakang leher bisa menyebabkan pengapuran tulang di celah persendian. Akibatnya, muncul kerusakan pada leher yang menyebabkan nyeri.

6. Adanya Penyakit Lain

Mengalami penyakit lain terkait tulang leher dan pundak seperti rematik, meningitis atau peradangan pada selaput otak, tumor di sekitar leher, atau serangan jantung juga bisa menyebabkan rasa pegal di area leher, pundak, serta bahu loh! 

Oleh karena itu, kondisi ini tidak boleh diremehkan dan segera periksakan ke dokter jika gejala sering muncul dan semakin parah ya!

Cara Menghilangkan Pegal di Leher dan Pundak Bahu

cara mengatasi pegal di leher dan pundak bahu

Saat kondisi ini menyerang, kamu bisa melakukan beberapa cara menghilangkan pegal di leher dan pundak bahu sebagai berikut:

1. Kompres Bagian yang Pegal

Saat leher, pundak, atau bahu terasa pegal, kamu bisa melakukan tindakan pertolongan pertama yaitu dengan mengompres bagian yang terasa kaku dan pegal. 

Caranya yaitu dengan membungkus es dengan handuk atau kain, kemudian tempelkan ke bagian tubuh yang pegal selama 15-20 menit. Beri jeda selama 2 jam, lalu kompres dengan handuk yang telah direndam air hangat.

2. Pijat Leher

Memijat area leher yang terasa kaku dan pegal bisa membantu meredakan rasa nyeri yang dirasakan. Akan tetapi, lebih baik tindakan ini dilakukan oleh terapis yang sudah ahli untuk menurunkan risiko salah saraf ya!

3. Latihan Gerak Leher

Melatih leher dengan gerakan dasar dan simpel seperti putarkan bahu, lalu menoleh ke kiri dan ke kanan, kemudian tekuk kepala ke depan dan ke belakang sebanyak 10 kali bisa membantu meredakan rasa nyeri dan pegal di area leher, pundak, serta bahu. 

4. Ganti Posisi Tidur

Saat tidur, pastikan kamu mengambil postur tubuh yang baik sebagai salah satu cara menghilangkan pegal di leher dan pundak bahu ya!

Cobalah untuk tidur dengan posisi kepala tidak terlalu tinggi dengan badan. Caranya yaitu dengan ambil posisi terlentang, selipkan bantal kecil di bawah lutut, dan gunakan bantal khusus leher untuk mencegah otot leher terasa tegang.

5. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Apabila langkah di atas tidak berhasil untuk menghilangkan pegal di area leher, pundak, atau bahu, maka kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau obat pelemas otot sesuai dengan resep dokter.

Selain berbagai cara menghilangkan pegal di leher dan pundak bahu di atas, kamu juga bisa melakukan tindakan pencegahan sebelum masalah ini terjadi, yaitu dengan:

  • Biasakan menjaga postur tubuh yang baik, yaitu lurus dan tegap, sehingga tidak menambah tekanan pada otot dan tulang leher. 
  • Beristirahatlah selama 10 menit setiap 1-2 jam setelah melakukan berbagai aktivitas yang melibatkan leher dan pundak. 
  • Sesuaikan tinggi peralatan yang sering digunakan untuk bekerja dengan tinggi badan kamu agar bisa lebih nyaman. 
  • Hindari penggunaan tas selempang atau kebiasaan membawa beban berat hanya dengan satu sisi tubuh. 
  • Jangan bermain gadget atau membaca sambil tiduran. 
  • Lakukan olahraga secara rutin, yaitu 3 kali seminggu dengan durasi selama 30 menit untuk mencegah ketegangan otot serta melatih kelenturan tubuh. 
  • Hindari paparan asap rokok dan mulailah kebiasaan hidup sehat.

6. Bebas Pegal dengan Susu Etawaku

Pegal-pegal hampir terjadi setiap hari, hal ini berkaitan dengan aktivitas yang dilakukan sehingga memicu rasa pegal pada bagian tubuh, termasuk leher dan pundak bahu.

Jika kondisi tersebut dibiarkan maka bisa terus mengganggu aktivitas dan bisa berdampak pada kesehatan tubuh yang lebih serius, untuk itu kamu harus segera mencari solusinya.

Susu Etawaku Platinum bisa menjadi solusi terbaik untuk kamu yang ingin terbebas dari masalah pegal-pegal. Etawaku sendiri diformulasikan untuk mengatasi masalah pada tulang sendi, termasuk pegal-pegal.

Dengan kandungan susu kambing etawa asli yang tinggi kalsium (baik untuk tulang), susunya yang lebih mudah dicerna dan tidak menimbulkan alergi, membuat Etawaku sangat cocok untuk kamu!

Baca Juga Artikel Lainnya: Mengatasi Lengan Kiri Pegal Karena Asam Lambung.

Itu dia artikel mengenai penyebab serta cara menghilangkan pegal di leher dan pundak bahu yang bisa kamu lakukan secara mandiri. Semoga bermanfaat ya!

Jangan lupa sebarkan artikel ini ke sosial media kamu agar informasinya lebih tersebar luas!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar