logo etawaku
Search
Close this search box.

5+ Posisi Tidur Penderita Syaraf Kejepit, Yuk Coba Sekarang!

Posisi tidur penderita syaraf kejepit merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan bagi seorang yang sedang mengalami masalah syaraf kejepit. Pasalnya, kesalahan posisi tidur akan sangat berpengaruh pada tekanan yang diterima syaraf.

Alih-alih membaik, posisi tidur yang kurang tepat justru bisa membuat rasa nyeri semakin parah. 

Lantas, bagaimana posisi tidur yang paling tepat bagi penderita syaraf kejepit? Yuk cari tahu bersama dalam artikel ini, beserta rekomendasi posisi duduk dan kasur yang baik bagi penderita syaraf kejepit!

Diskon Rp164.000 Hari Ini | Bebas dari Masalah Syaraf Kejepit dengan Susu Etawaku! Lihat Promonya Sekarang.

Posisi Tidur Penderita Syaraf Kejepit

Saat mengalami syaraf kejepit, bagian yang terserang biasanya akan mengalami rasa nyeri yang tak tertahankan. Tak jarang, kondisi ini juga akan mengganggu kenyamanan saat beraktivitas, bahkan ketika tidur. 

posisi tidur yang baik untuk penderita syaraf kejepit

Salah satu cara untuk membantu meredakan nyeri yaitu dengan memilih posisi tidur yang tepat, terutama bagi penderita saraf kejepit di pinggang

Sebenarnya, inti saat memilih posisi tidur penderita syaraf kejepit yaitu memastikan ruas tulang belakang tetap lurus, sejajar dengan posisi kepala, bahu, serta pinggul. 

Jika posisi tubuh sudah sesuai, maka tegangan yang diterima oleh otot dan ligamen tulang belakang bisa berkurang, serta potensi tulang punggung berubah menjadi abnormal semakin menurun. 

Selain itu, posisi tidur penderita syaraf kejepit yang benar juga akan meringankan rasa pegal karena otot sedang pada kondisi santai. Tak hanya itu, posisi tidur yang tepat juga berpengaruh terhadap kesehatan tulang dan sendi dalam jangka panjang. 

Nah berikut ini beberapa rekomendasi posisi tidur penderita syaraf kejepit yang bisa kamu terapkan:

1. Telentang dengan Lutut Diganjal Bantal

Cara melakukannya sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Ambil posisi terlentang di atas alas atau kasur dengan tubuh menghadap langit-langit. 
  • Pastikan postur tubuh lurus dan jangan memiringkan kepala ke kanan atau ke kiri. 
  • Gunakan bantal yang paling nyaman untuk menopang kepala serta leher. 
  • Letakkan bantal kecil di bawah lutut. 
  • Topang bagian punggung bawah dengan bantal tambahan.

Posisi tidur seperti ini bisa membantu mengurangi tekanan berlebih pada kepala, leher, dan tulang belakang, serta menjaga lekukan alami tulang belakang. 

2. Telentang Bersandar

Posisi tidur ini sangat direkomendasikan karena aman untuk pinggang dan punggung. Dengan menerapkan posisi tidur ini, tekanan pada kepala, leher, serta tulang belakang bisa berkurang, sehingga bisa meredakan nyeri pinggang. 

Caranya sangat mudah, yaitu:

  • Berbaringlah di atas kasur dengan posisi terlentang.
  • Ganjal punggung bagian atas menggunakan beberapa bantal agar posisi kepala lebih tinggi daripada badan.
  • Letakkan kedua tangan di posisi yang paling nyaman. 

3. Meringkuk Seperti Janin

Tahukah kamu? Mengambil posisi tidur meringkuk seperti janin dalam kandungan rupanya sangat bagus bagi penderita syaraf kejepit loh! Pasalnya, tidur dengan posisi ini akan membuka ruang bagi sendi di tulang belakang. 

Kamu bisa mencoba posisi tidur ini dengan cara sebagai berikut:

  • Berbaringlah di atas kasur dengan posisi tubuh miring ke kanan atau kiri. 
  • Ganjal bagian kepala dan leher dengan bantal yang empuk dan nyaman. 
  • Tekuk kedua lutut ke arah dada sampai punggung menjadi lurus. 
  • Lakukan secara bergantian antara sisi kanan dan sisi kiri. 

4. Tengkurap 

Sebenarnya, tidur tengkurap kurang merupakan salah satu posisi tidur yang kurang direkomendasikan, karena bisa menyebabkan tekanan berlebihan pada pinggang serta punggung. 

Namun, kamu tetap bisa mencoba posisi ini, asalkan tulang belakang tetap sejajar. Caranya yaitu dengan mengganjal bagian perut serta kepala dengan bantal.

5. Tidur Menyamping

Posisi tidur ini memang sangat nyaman. Akan tetapi, jika terlalu sering dilakukan, tidur menyamping justru bisa menambah tekanan pada pinggang, sehingga rasa nyeri semakin parah. 

Jadi, untuk mengakalinya, kamu bisa menyelipkan bantal atau guling di antara kedua lutut sampai mendapatkan posisi yang nyaman. 

Tips Lain untuk Syaraf Kejepit

Selain menjaga postur tidur tetap baik, kamu juga perlu memperhatikan kasur yang digunakan ya!

– Pemilihan Kasur untuk Tidur

Biasanya, dokter akan menyarankan kasur ortopedi bagi penderita syaraf kejepit. Namun, jenis kasur ini dinilai terlalu keras bagi penderita syaraf kejepit, sehingga akan menimbulkan rasa yang kurang nyaman dan kualitas tidur menjadi terganggu. 

Oleh karena itu, kamu sebaiknya memilih kasur busa dengan kualitas terbaik yang tidak terlalu keras maupun terlalu empuk. Karena kasur yang terlalu empuk juga tidak baik bagi penderita syaraf kejepit, karena tidak bisa menopang tulang belakang agar tetap lurus. 

Kamu juga perlu mengganti kasur secara berkala, yaitu setiap 10 tahun sekali. Hal itu disebabkan karena per yang ada di dalam kasur akan rusak seiring berjalannya waktu, sehingga fungsi kasur dalam menopang tubuh menjadi kurang optimal. 

– Posisi Duduk

Jika posisi tidur dan pemilihan kasur sudah tepat, ada satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan, yaitu posisi duduk. Hal ini sangat penting, terutama bagi kamu yang memiliki kebiasaan sedentary life atau kurang gerak. 

Maka dari itu, pastikan kamu mengambil posisi tidur yang baik dan tepat untuk syaraf, sehingga bisa menurunkan risiko syaraf terjepit dan berbagai masalah lainnya. 

Mulai biasakan duduk dengan tegap, posisi tulang belakang dan leher tetap lurus agar tekanan yang didapatkan tidak berlebihan. Selain itu, sebaiknya kamu perlu menghindari kebiasaan menyilangkan kaki ya!

Meskipun duduk dengan kaki menyilang terbilang nyaman, namun posisi ini bisa memberikan tekanan berlebih pada tulang belakang, sehingga bisa memperparah rasa nyeri yang dialami. 

Baca Juga: Olahraga untuk Saraf Kejepit.

Bebas Syaraf Kejepit dengan Minum Etawaku

Syaraf kejepit tidak bisa dibiarkan begitu saja karena kamu akan mengalami ketidaknyamanan terus menerus dan bisa berisiko menghasilkan dampak yang lebih buruk untuk kesehatan tubuh lebih lanjut.

Karenanya, selain memperhatikan posisi tidur penderita syaraf kejepit, pastikan kamu mencoba cara-cara lain yang efektif mengatasi syaraf kejepit.

Susu Etawaku Platinum! adalah jawaban tepat untuk kamu yang ingin terbebas dari masalah syaraf kejepit, susu dengan tinggi kalsium yang sangat baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang sendi.

Etawaku Platinum terbuat dari susu kambing etawa asli dan rendah gula, sehingga nutrisinya 3 kali lebih tinggi daripada susu sapi, serta manfaatnya lebih optimal, termasuk untuk mencegah dan mempercepat penyembuhan syaraf kejepit.

Yuk, beli Etawaku Platinum sekarang juga dan rasakan manfaatnya!

Itu dia artikel mengenai posisi tidur yang baik untuk penderita syaraf kejepit dan beberapa tips lain yang bisa kamu coba di rumah. Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Artikel Lainnya: Cara Menghilangkan Pegal di Leher dan Pundak Bahu.

Mari berkontribusi dengan kami dengan cara menyebarkan artikel ini ke seluruh sosial media kamu ya!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar