logo etawaku
Search
Close this search box.

4 Titik Akupuntur Asam Lambung (Refleksi), Dari Pijat Kaki – Tangan

Titik akupuntur asam lambung dalam Teknik akupuntur (refleksi) telah dikenal dan dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit sejak zaman Tiongkok kuno. Salah satu manfaat dari metode ini yaitu bisa membantu mengatasi masalah lambung. 

Lantas, di mana saja titik refleksi asam lambung? Seberapa efektif metode pencarian titik pijat ini untuk mengatasi asam lambung? Apakah ada cara lain untuk menanganinya? Yuk simak dalam artikel ini!

Apa itu Titik Refleksi Asam Lambung (Akupuntur)?

Saat mendengar tentang terapi akupuntur, mungkin kamu langsung terbayang tentang metode pengobatan tradisional dengan menusukkan jarum pada beberapa titik tertentu ya?

apa itu akupuntur untuk asam lambung

Terapi ini bertujuan untuk merangsang sistem saraf pusat, sehingga terjadi pelepasan bahan kimia ke otot, sumsum tulang belakang, dan otak. Proses inilah yang akan mempercepat tubuh menyembuhkan diri secara alami. 

Meskipun akupuntur termasuk metode penyembuhan kuno, namun telah ada beberapa penelitian modern yang membahas tentang terapi ini. Hasil dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa terapi akupuntur efektif untuk meringankan kondisi kesehatan, seperti:

  • Mual karena efek samping anestesi atau kemoterapi
  • Sakit gigi pasca operasi
  • Kecanduan terhadap obat
  • Sakit kepala seperti migrain
  • Rasa kram saat menstruasi
  • Fibromyalgia yang menyebabkan rasa nyeri di sekujur tubuh dan gangguan tidur
  • Nyeri miofasial yang membuat otot dan jaringan lunak otot melemah
  • Pengapuran sendi
  • Nyeri punggung bagian bawah
  • Carpal tunnel syndrome, yang menyebabkan kesemutan dan mati rasa pada telapak tangan
  • Asma
  • Membantu mempercepat proses pemulihan stroke
  • Gangguan kecemasan, stress, depresi, insomnia, atau neurosis
  • GERD

Penyakit asam lambung bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Gangguan ini bisa menyebabkan gejala seperti dada terasa panas dan terbakar, mual, muntah, atau sesak napas. 

Biasanya, asam lambung atau yang sering disebut dengan nama GERD ini disebabkan oleh lemahnya otot sfingter yang terletak di bagian bawah kerongkongan dan berbatasan dengan lambung. 

Hal itu bisa terjadi karena kebiasaan hidup yang buruk, tidak menjaga pola makan, kehamilan, serta berbagai faktor lainnya. Salah satu cara untuk menanganinya yaitu dengan akupuntur. 

Mengenal Titik Akupuntur Asam Lambung?

Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana bisa teknik akupuntur mengurangi gejala GERD? Sebenarnya, ada beberapa mekanisme dasar yang terjadi ketika terapi ini dilakukan, yaitu:

  • Modulasi sistem saraf
  • Penyesuaian gerak makanan dalam saluran pencernaan
  • Pengaturan hipersensitivitas visceral
  • Antiinflamasi
  • Perbaikan mikrobiota dalam usus

Tak hanya itu, akupuntur juga membantu mengatur jalur dalam sistem pencernaan serta memperbaiki fungsi otot sfingter sebagai katup kerongkongan, sehingga bisa mengurangi gangguan pencernaan akibat asam lambung. 

Pencarian titik akupuntur asam lambung tentu saja tidak boleh sembarangan. Metode ini harus dilakukan oleh seseorang yang ahli dan bersertifikat. Jika tidak, metode ini justru bisa menyebabkan dampak yang buruk bagi kesehatan. 

Ada dua opsi terapi akupuntur untuk mengatasi masalah asam lambung, yaitu akupuntur manual dan akupuntur elektrik. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam mengatasi masalah asam lambung. 

manfaat melakukan refleksi asam lambung

Titik Refleksi Asam Lambung Bagian Kaki

Pemilihan titik akupuntur asam lambung bisa di bagian kaki, dengan memilih beberapa titik refleksi. Metode ini dinilai cukup efektif dalam meringankan masalah asam lambung. 

Dalam sebuah uji klinis, metode akupuntur terbukti bisa menurunkan gejala asam lambung secara signifikan. 

Kamu bisa melakukan terapi ini dengan dokter spesialis akupuntur untuk menurunkan risiko kesalahan prosedur ya!

Ada beberapa titik akupuntur pada kaki untuk membantu mengatasi asam lambung, yaitu:

1. Titik Zu San Li

titik refleksi kaki untuk asam lambung

Ini merupakan titik akupuntur yang terletak di bawah mata lutut luar, sekitar satu inchi di samping puncak tibia. 

Kamu bisa menemukan titik ini dengan cara duduk dan menekuk kaki 90 derajat, dan titik Zu San Li berada sekitar 4 jari dari lutut bagian luar.

2. Titik Taichong

Titik ini berada di bagian punggung kaki, yaitu di persimpangan pelana satu dan dua atau di persimpangan jempol dan telunjuk kaki.

Melakukan pijat refleksi di bagian ini bisa membantu meredakan rasa cemas, tegang, depresi, insomnia, dan membuat kita menjadi lebih tenang.

Selain itu, akupuntur di titik ini juga bisa mengurangi gejala GERD, sakit perut, mulas, dada terasa sesak, dan sebagainya. 

Titik Refleksi Asam Lambung Lainnya

Selain pijat refleksi di bagian kaki, ada juga beberapa titik akupuntur asam lambung yang lainnya, seperti:

1. Titik Neiguan

titik pijat untuk asam lambung

Titik neiguan terhubung dengan bagian dada dan perut, terletak pada tangan (tepatnya di antara dua tendon, sekitar tiga jari di atas pergelangan tangan).

Maka dari itu, melakukan akupuntur di bagian ini bisa membantu meredakan rasa sesak di dada, jantung berdebar, batuk, sakit perut, serta mencegah naiknya asam lambung.

2. Titik Zhongwan

Titik zhongwan terletak pada perut, yaitu sekitar empat jari di atas pusar. Melakukan pijat refleksi di bagian ini bisa membantu meredakan gangguan pencernaan, mengurangi perut kembung, meningkatkan nafsu makan, serta mencegah gastritis dan tukak lambung.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya: Lengan Kiri Pegal Karena Asam Lambung.

Etawaku Platinum Untuk Asam Lambung

Meskipun melakukan terapi akupuntur bisa cukup efektif dalam menangani masalah asam lambung, namun terapi itu tidak bisa dilakukan sendirian (harus dengan seorang ahli akupuntur), maka dari itu, sebaiknya pilih langkah yang paling mudah yaitu dengan minum susu.

Etawaku Platinum merupakan Susu Tinggi Kalsium yang memiliki manfaat utama untuk tulang dan sendi serta pernapasan. Namun selain itu, Etawaku juga efektif untuk mengatasi masalah pencernaan seperti asam lambung.

Susu Etawaku terbuat dari susu kambing etawa murni dan krimer nabati rendah gula, dengan sifat susunya yang mudah dicerna serta tidak memicu reaksi asam pada lambung, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Inilah alasan kenapa Etawaku Platinum bisa dibilang juga sebagai Susu Kambing untuk Asam Lambung karena memang memiliki khasiat tersendiri untuk itu.

Itulah pembahasan mengenai Titik Akupuntur Asam Lambung yang menjadi salah satu metode alternatif untuk mengatasi masalah pada lambung. Tertarik mencobanya?

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar