logo etawaku
Search
Close this search box.

Manfaat Biji Mahoni untuk Asam Lambung dan Aturan Minumnya

Sudah pernah mendengar manfaat biji mahoni untuk asam lambung? Wah kalau kamu baru tahu, sebaiknya kamu baca artikel ini sampai akhir agar wawasanmu bisa lebih luas ya!

Mahoni, salah satu spesies tumbuhan yang berasal dari wilayah Hindia Barat dan tumbuh subur di daerah pasir payau dekat pantai ini memang telah dikenal sebagai pohon yang kaya akan manfaat, salah satunya untuk lambung.

Tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 35-40 meter dengan diameter batang mencapai 125 cm. Salah satu keunikan dari pohon mahoni yaitu bunga yang baru muncul setelah berumur 7 tahun. 

Mahoni seringkali digunakan sebagai filter udara alami. Dikutip dari laman Perhutani, tanaman ini bisa mengurangi tingkat polusi udara sekitar 47%-69%.

Tak jarang, tanaman ini juga digunakan sebagai penahan banjir dan longsor karena daya serap akarnya yang sangat baik.

Kayu mahoni yang besar dan kuat biasa digunakan sebagai bahan perabot rumah tangga. Belum selesai sampai situ, rupanya biji mahoni juga punya beragam manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh manusia, salah satunya untuk membantu mengatasi asam lambung. 

Penggunaan biji mahoni sebagai salah satu alternatif pengobatan telah dilakukan sejak lama di Indonesia. Hal itu disebabkan karena biji mahoni memiliki sifat antiinflamasi, antimutagenik, bahkan dalam sebuah kasus dilaporkan adanya aktivitas antitumor.

Manfaat Biji Mahoni untuk Asam Lambung

manfaat biji mahoni untuk asam lambung dan kesehatan

Adanya berbagai senyawa antioksidan dan sifat gastroprotektif dalam biji mahoni, membuatnya memiliki manfaat baik untuk asam lambung, yaitu dapat melindungi lambung.

Apa saja kandungan senyawa antioksidan dalam biji mahoni? 

Setidaknya ada tiga kandungan utama yang terdapat dalam biji mahoni yang bisa membantu mengatasi masalah asam lambung, yaitu:

  1. Flavonoid 

Senyawa flavonoid merupakan salah satu senyawa yang berperan penting dalam melawan radikal bebas yang merusak sel, mengeluarkan racun dalam tubuh, melawan bakteri penyebab penyakit maag (H. Pylori), serta menjaga selaput perut. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar total flavonoid mencapai 258,85 mcg/gram ekstrak biji mahoni. Jumlah ini bisa membantu menurunkan risiko penyakit yang disebabkan oleh oksidasi dengan cukup efektif.

  1. Saponin

Manfaat biji mahoni untuk asam lambung dihasilkan dari kandungan senyawa saponin yang tinggi di dalamnya. Senyawa ini memiliki sifat sebagai antioksidan, antivirus, serta antikanker, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Tak hanya baik untuk menjaga kesehatan lambung, senyawa saponin ini juga menawarkan manfaat lain, salah satunya mengobati diabetes melitus, karena bersifat hipoglikemik. 

Efek hipoglikemik senyawa saponin dipercaya lebih kuat daripada obat generik pengendali gula, seperti metformin. 

  1. Alkaloid 

Kandungan alkaloid dalam biji mahoni bisa membantu menetralkan pH tubuh karena asam lambung. Hal itu disebabkan karena alkaloid bersifat basa. Hal ini juga yang membuat biji mahoni terasa pahit. 

Alkaloid juga berguna untuk detoksifikasi serta mencegah oksidasi dalam tubuh secara efektif, karena sifat basa dari biji mahoni bisa membantu melawan racun dan radikal bebas yang bersifat asam secara alami. 

Baca Juga Artikel Lainnya: Manfaat Kayu Bajakah untuk Asam Lambung.

Aturan Makan Biji Mahoni

Sebenarnya, manfaat dari biji mahoni untuk asam lambung ataupun manfaat kesehatan lainnya, masih memerlukan penelitian lebih banyak. Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan. 

Karena rasanya pahit, kamu bisa mengonsumsi biji mahoni dalam bentuk kapsul agar lebih mudah dalam menelannya. 

Kapsul biji mahoni bisa dikonsumsi baik sebelum maupun setelah makan. Namun sebelum itu, kamu direkomendasikan untuk minum satu hingga dua gelas air putih sebelum mengonsumsi biji mahoni agar perut menjadi bersih, sehingga penyerapan senyawa dalam tubuh menjadi optimal. 

Berikut ini aturan makan biji mahoni yang bisa kamu gunakan sebagai acuan:

  • Konsumsi satu biji mahoni ukuran kecil atau sedang (atau satu kapsul) setiap pagi dan malam untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. 
  • Konsumsi dua biji mahoni ukuran sedang (atau dua kapsul) setiap pagi, siang, dan malam untuk membantu mengatasi penyakit kronis, salah satunya masalah asam lambung. 

Apabila masih ragu saat akan mengonsumsinya, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya!

Manfaat Biji Mahoni untuk Wanita

Selain manfaat biji mahoni untuk asam lambung, ternyata mengonsumsi biji mahoni juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk menjaga kesuburan wanita loh!

Bahan ini juga menjadi salah satu resep tradisional untuk meningkatkan potensi kehamilan. Hal itu bisa terjadi karena kandungan antioksidan dalam biji mahoni bisa membantu meningkatkan kualitas sel telur

Jadi, asupan antioksidan yang terpenuhi setelah mengonsumsi biji mahoni bisa membantu melawan radikal bebas yang mungkin menyerang sel telur, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang menjalani program kehamilan. 

Tak hanya itu, mengonsumsi biji mahoni dinilai bisa membantu meredakan nyeri saat haid. Kamu bisa mengonsumsinya pada hari pertama haid agar terhindar dari rasa nyeri yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Rekomendasi Artikel Lainnya:

Efek Samping Biji Mahoni

Selain mengetahui apa saja Manfaat Biji Mahoni untuk Asam Lambung, kamu juga harus paham efek sampingnya.

Konsumsi biji mahoni dalam jumlah yang berlebihan justru bisa memberikan efek samping yang berbahaya bagi tubuh, seperti:

  • Memicu terbentuknya batu empedu karena kandungan saponin yang terlalu tinggi.
  • Menyebabkan masalah kesuburan, gangguan prostat, serta nyeri otot karena biji mahoni memiliki sifat steroid. 
  • Pada beberapa kasus, penggunaan biji mahoni justru bisa meningkatkan risiko terserang penyakit hati.

Maka dari itu, pastikan kamu mengonsumsi biji mahoni sesuai dengan aturan yang dianjurkan ya!

Cara Minum Biji Mahoni untuk Kolesterol

Terkait dengan cara minum biji mahoni untuk kolesterol, kamu sebaiknya paham apakah kadar kolesterol yang sedang kamu alami sangat tinggi sampai memicu penyakit kronis? Atau tidak?

Apabila tujuan konsumsi biji mahoni adalah untuk menjaga kesehatan agar kolesterol tidak naik, maka kamu bisa mengonsumsi satu biji mahoni berukuran kecil atau sedang setiap pagi dan malam. 

Namun jika kondisi tersebut sudah termasuk kronis, kamu bisa mengonsumsi dua biji mahoni berukuran sedang di pagi, siang, dan malam. 

Mengonsumsi biji mahoni disebut-sebut bisa membantu memperlancar aliran darah, sehingga bisa membantu menurunkan risiko penyumbatan pembuluh darah pada penderita kolesterol. 

Tapi perlu dicatat, pastikan kamu periksakan diri dan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi biji mahoni ya! Jangan sampai terbalik menjadikan biji mahoni sebagai pengobatan utama.

Itu dia informasi mengenai manfaat biji mahoni untuk asam lambung. Kesimpulannya, penggunaan biji mahoni memang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, namun efektivitasnya masih belum teruji dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

Susu Etawaku Platinum, Rekomendasi Susu Kambing untuk Asam Lambung

Agar lebih pasti dalam mengatasi masalah asam lambung, kamu bisa pilih merk susu kambing untuk asam lambung, Etawaku Platinum. Susunya yang terbuat dari susu kambing etawa asli membuatnya mudah dicerna oleh lambung, sehingga tidak menimbulkan risiko intoleransi laktosa. 

Selain itu, nutrisi dalam susu kambing ini juga lebih lengkap dan 3 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi, sehingga sangat cocok digunakan sebagai metode terapi penyembuhan asam lambung. 

Karena mudah dicerna oleh tubuh, nutrisi dalam susu Etawaku Platinum menjadi lebih mudah diserap dan tubuh jadi lebih optimal dalam melawan infeksi dari berbagai mikroorganisme yang berbahaya. 

Yuk, minum Etawaku Platinum untuk mengatasi asam lambung! 

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar