logo etawaku
Search
Close this search box.

Manfaat dan Cara Mengolah Daun Sirih Cina untuk Asam Lambung

Apakah kamu pernah mendengar tentang manfaat daun sirih cina untuk mengatasi asam lambung? Jika belum, yuk cari tahu fakta lengkap tentang manfaat serta cara mengolah daun sirih cina untuk asam lambung dalam artikel ini!

Sirih cina rupanya telah digunakan sebagai pengobatan herbal sejak lama. Tanaman yang memiliki nama latin Peperomia pellucida ini hanya memiliki tinggi sekitar 15-45 cm saja.

Daun sirih cina memiliki bentuk seperti hati berukuran kecil dengan permukaan yang mengilap. Tanaman ini bisa tumbuh dengan liar, terutama di daerah yang lembap, teduh, serta tanah yang gembur. Tak jarang, sirih cina juga bisa ditemukan di celah bebatuan. 

manfaat daun sirih cina untuk asam lambung

Meskipun bentuknya kecil, namun daun sirih cina memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dalam jumlah yang cukup tinggi loh! Dalam 100 gramnya saja, terdapat berbagai nutrisi seperti:

  • Kalium 277 mg
  • Karbohidrat 1,1 g
  • Protein 0,5 g
  • Lemak 0,5 g
  • Kalsium 94 mg
  • Fosfor 13 mg
  • Zat besi 4,3 mg
  • Beta karoten 1250 mg
  • Asam karbonat 2 mg

Tak heran, beberapa orang memanfaatkan daun sirih cina untuk lauk yang kaya nutrisi. Biasanya, daun ini diolah dengan cara ditumis maupun sebagai sayur dalam makanan berkuah.

Manfaat Daun Sirih Cina untuk Asam Lambung

Bukan hanya digunakan untuk dikonsumsi sebagai lauk, rupanya daun sirih cina juga bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, salah satunya untuk mengatasi masalah asam lambung. 

Hal itu disebabkan karena berbagai antioksidan seperti flavonoid, tanin, alkaloid, saponin, terpenoid, steroid, glikosida, dan triterpenoid. Kandungan ini berperan penting dalam melawan radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh. 

Sementara itu, manfaat daun sirih cina juga bisa dirasakan untuk meredakan asam lambung dan maag kronis. Pasalnya, rebusan daun sirih cina sangat bermanfaat dalam melindungi lapisan mukosa lambung dari kerusakan. 

Rebusan daun sirih cina juga bisa membantu menetralkan pH dalam lambung agar tidak terlalu asam. Dengan demikian, risiko asam lambung naik ke kerongkongan bisa berkurang. 

Rekomendasi Artikel Lainnya:

Sampai sini mungkin kamu mulai tertarik untuk mencoba mengonsumsi rebusan daun sirih cina untuk mengatasi asam lambung ya?

Cara Mengolah Daun Sirih Cina untuk Asam Lambung

Agar tidak salah langkah, kamu bisa mengikuti cara mengolah daun sirih cina untuk asam lambung berikut ini:

  1. Siapkan sekitar 15-30 gram daun sirih cina dan 1 liter air (sekitar 5 gelas belimbing).
  2. Cuci bersih daun sirih cina dengan air mengalir. 
  3. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan daun sirih cina. 
  4. Tunggu sekitar 15 menit hingga air sedikit menyusut hingga tersisa sekitar 3 gelas.
  5. Saring, tunggu hingga hangat, dan air rebusan daun sirih cina siap diminum. 

Untuk membantu mengatasi masalah asam lambung, kamu bisa mengonsumsi rebusan daun sirih cina tiga kali sehari saat pagi, siang, dan malam.

Infografis:

infografis mengolah daun sirih cina untuk lambung

Namun sebelum itu, pastikan kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya! Meskipun dianggap memiliki manfaat yang baik untuk asam lambung, akan tetapi fakta ini masih perlu diteliti lebih jauh. 

Artikel Terkait: Manfaat Biji Mahoni untuk Asam Lambung.

Selain itu, pastikan kamu tidak mengonsumsi rebusan daun sirih cina secara berlebihan, karena pada beberapa orang, konsumsi daun sirih cina dalam kadar tertentu bisa menimbulkan reaksi hipersensitivitas seperti sakit perut, mual, muntah, diare, atau sembelit. 

Penggunaan daun sirih cina juga sebaiknya dihindari oleh ibu hamil dan menyusui, karena bisa mengganggu sintesis prostaglandin, yaitu senyawa kimia dalam tubuh yang memiliki fungsi untuk merangsang kontraksi otot rahim.

Sebenarnya, masih ada manfaat lain yang ditawarkan oleh daun ini, seperti:

  • Membantu mengatasi sakit kepala, karena tanaman ini memiliki sifat analgesik untuk meredakan nyeri secara alami. 
  • Menurunkan demam karena sifatnya yang mirip dengan parasetamol. Sayangnya, penelitian tentang manfaat ini masih terbatas pada hewan saja. 
  • Meringankan diare karena kandungan zat yang bersifat antioksidan dan antidiare di dalamnya. 
  • Mempercepat penyembuhan luka dan menghentikan pendarahan karena bersifat antiseptik.
  • Meringankan gejala penyakit mata secara alami.
  • Menurunkan risiko asam urat karena kandungan flavonoid di dalamnya bisa menghambat produksi asam urat. 
  • Mencegah radang paru-paru karena bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit radang paru, seperti pneumonia.
  • Menstabilkan tekanan darah, sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Antioksidan yang terdapat dalam daun ini bahkan dinilai lebih efektif menurunkan tekanan darah jika dibandingkan dengan antioksidan dari sumber hewani.
  • Melawan radikal bebas penyebab kanker, karena sifat antioksidannya secara efektif bisa menjaga sel tubuh agar tetap sehat.

Baca Juga: Manfaat Kayu Bajakah untuk Lambung.

Demikian penjelasan lengkap mengenai cara mengolah daun sirih cina untuk asam lambung dan manfaatnya, sekarang pilihan ada di tanganmu, tertarik coba daun sirih cina?

Photo of author

EtawakuBrand

Tinggalkan komentar