logo etawaku
Search
Close this search box.

10+ Manfaat Daun Sintrong untuk Asam Lambung dan Cara Mengolahnya

Apakah kamu pernah mendengar berbagai fakta mengenai daun sintrong? Atau jangan-jangan kamu belum tahu tentang tanaman sintrong? Yuk cari tahu tentang berbagai manfaat daun sintrong untuk asam lambung, cara mengolah, dan efek sampingnya.

Sintrong merupakan salah satu jenis tanaman terna atau tanaman yang memiliki batang lunak, yang bisa tumbuh liar di antara rerumputan. Tanaman ini punya banyak sebutan lain, seperti salentrong, jalentrong, atau sembung gilang. 

Nama sintrong sendiri sangat umum digunakan di daerah Sunda. Sementara itu, tanaman ini memiliki nama Latin Crassocephalum crepidioides. 

Ciri-ciri Daun Sintrong

Tanaman ini kerap dianggap sebagai gulma yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman lain. Meski demikian, ternyata sintrong memiliki banyak kandungan nutrisi seperti polifenol, saponin, flavonoid, serta minyak atsiri yang bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis loh!

Ciri-ciri daun sintrong
  • Sintrong bisa tumbuh hingga setinggi 1 meter
  • Memiliki bentuk bulat seperti telur
  • Pangkal yang menyempit dan ujung serta tepinya rata.
  • Memiliki tekstur berdaging dan agak berlendir
  • Memiliki rasa yang tajam, pedas, namun tidak pahit.

Biasanya digunakan sebagai sayur atau lalapan yang kerap dimasak sebagai sup atau semur, terutama di wilayah Afrika Barat dan Tengah. 

Manfaat Daun Sintrong untuk Asam Lambung

Salah satu manfaat daun sintrong yaitu bisa menjadi obat untuk penyakit asam lambung.

  • Mengatasi gejala mual dan muntah serta menangani penyakit asam lambung secara bertahap. 
  • Kaya akan vitamin C sehingga bermanfaat sebagai antioksidan yang membantu tubuh dalam melawan radikal bebas untuk mencegah naiknya asam lambung. 
  • Memiliki kandungan vitamin B kompleks untuk menjaga kekebalan tubuh, loh!
  • Membantu meningkatkan nafsu makan yang seringkali menjadi masalah bagi penderita asam lambung. 
  • Memiliki sifat antibiotik bisa membantu mencegah infeksi bakteri (masalah asam lambung seperti maag bisa disebabkan karena infeksi bakteri, yaitu Helicobacter pylori). 

Baca Juga Artikel Lainnya: Aturan Makan Pati Garut untuk Asam Lambung.

Manfaat Lain Daun Sintrong

Selain manfaat daun sintrong untuk asam lambung, tanaman ini juga bisa membantu mengatasi asam urat loh! 

Asam urat merupakan salah satu penyakit peradangan yang menyebabkan rasa nyeri pada persendian dan memicu pembengkakan pada beberapa area tubuh. Konsumsi daun sintrong bisa membantu mencegah inflamasi serta membantu pembengkakan agar lebih cepat hilang.

Daun sintrong bisa membantu kerja ginjal agar lebih optimal. Tentu saja hal itu akan membantu mencegah terjadinya asam urat, karena gangguan ginjal bisa menyebabkan zat purin tidak tercerna dengan baik, sehingga bisa muncul kristal asam urat. 

Selain manfaat daun sintrong untuk asam lambung dan asam urat, ternyata tanaman ini juga menawarkan berbagai manfaat lain, seperti:

  • Melancarkan sistem pencernaan, karena kandungan serat yang tinggi.
  • Menjaga mood agar tetap baik, terutama pada wanita yang sedang datang bulan. 
  • Mencegah bau badan, karena daun sintrong bisa menyerap bau badan. 
  • Mencegah sembelit, karena kandungan serat dalam daun sintrong bisa melancarkan sistem pencernaan. 
  • Menghaluskan kulit karena daun sintrong memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan baik untuk menjaga kesehatan kulit.
  • Mengurangi rasa nyeri pada kepala, gigi, serta berbagai bagian lainnya, sehingga daun sintrong bisa menjadi obat analgesik alami. 
  • Meredakan stress
  • Menjaga ingatan
  • Meningkatkan kesehatan mata karena daun sintrong memiliki kandungan vitamin A yang tinggi.
  • Menjaga tekanan darah agar tetap stabil. 
  • Membantu menurunkan berat badan.

Cara Mengolah Daun Sintrong untuk Obat

Ada beberapa cara untuk mengolah daun sintrong sebagai obat, mulai dari dimakan langsung maupun dengan cara direbus. Rebusan daun sintrong bisa digunakan sebagai obat untuk sakit kepala. Sementara itu, getahnya sendiri bisa digunakan dalam pengobatan sakit perut. 

Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa daun sintrong memiliki aktivitas biologis terhadap bakteri Escherichia coli yang menyebabkan penyakit pada saluran pencernaan, seperti sakit perut dan diare. 

Cara merebus daun sintrong cukup mudah, loh! Kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Siapkan tiga hingga lima lembar daun sintrong. 
  2. Cuci daun hingga bersih
  3. Rebus dengan air sebanyak tiga gelas sampai mendidih dan menyusut hingga tersisa satu gelas.
  4. Tambahkan madu sesuai selera.
  5. Tunggu hingga hangat dan rebusan daun sintrong yang baik untuk kesehatan siap dinikmati. 

Cara Mengkonsumsi Daun Sintrong

Karena kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun sintrong cukup tinggi, maka konsumsi daun ini secara rutin bisa menjadi salah satu metode alami untuk mencegah radikal bebas penyebab kanker serta menjaga tubuh dari kerusakan sel. 

Selain dikonsumsi langsung dan direbus menjadi teh sintrong, ada juga cara lain yang juga nikmat untuk menikmati daun sintrong, yaitu dengan membuat tumisan untuk lauk, atau juga mengolahnya menjadi urap atau pecel. 

Sebagai catatan, manfaat daun sintrong ini masih butuh penelitian lebih lanjut, sehingga sebaiknya konsumsi daun dalam jumlah sewajarnya. Apabila asam lambung yang dialami semakin parah, maka segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. 

Sebagai tambahan informasi, kamu mungkin butuh juga artikel berikut:

Efek Samping Daun Sintrong

Sebuah penelitian yang terbit dalam European Journal of Experimental Biology menyatakan bahwa penggunaan daun sintrong yang diujikan bisa saja memberikan dampak yang buruk bagi ginjal. 

Hal itu disebabkan oleh beberapa kandungan dalam daun sintrong memiliki sifat nefrotoksik jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. 

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi daun sintrong juga bisa menyebabkan akumulasi kadmium dalam tubuh. Dampaknya bisa fatal, yaitu menyebabkan keracunan kronis pada manusia. 

Nah, itu dia informasi mengenai manfaat daun sintrong untuk asam lambung serta berbagai manfaat lain yang ditawarkan. Semoga bisa menambah wawasanmu ya! 

Selalu terapkan kebiasaan hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, berolahraga rutin, serta istirahat cukup agar kondisi kesehatanmu semakin terjaga!

Rekomendasi Artikel Lainnya: Manfaat Daun Bandotan untuk Asam Lambung.

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar