logo etawaku
Search
Close this search box.

√ 9+ Manfaat Daun Kersen untuk Diabetes dan Cara Merebusnya

Tak hanya buahnya yang memiliki rasa nikmat, rupanya tanaman kersen ini juga kaya manfaat, salah satunya bagian daun yang bisa menurunkan kadar gula pada penderita diabetes. 

Penasaran dengan manfaat daun kersen untuk diabetes, cara mengolah, aturan minum, serta efek samping daun kersen yang bisa dirasakan? Yuk simak artikel ini sampai akhir!

Penggunaan daun kersen sebagai bahan dalam pengobatan diabetes telah dikenal sejak lama, terutama di kawasan Asia Tenggara.

Manfaat daun kersen untuk diabetes didukung oleh hasil penelitian yang menunjukkan adanya komponen aktif di dalam daun kersen seperti senyawa flavonoid, tannin, triterpenoid, saponin, serta polifenol yang bersifat antioksidan, antiradang, serta antidiabetik, 

Karakteristik Tanaman Kersen

khasiat daun kersen untuk diabetes

Sebelum membahas bagaimana luar biasanya manfaat daun kersen untuk obat diabetes, mungkin kamu perlu tahu dulu soal ciri-ciri dari tanaman kersen ini.

Tanaman kersen tumbuh dengan buahnya yang bulat, berwarna merah, rasanya manis, dan terdapat banyak biji berwarna kuning dengan tekstur seperti pasir.

Di beberapa daerah, buah ini dikenal dengan nama ceri

Tanaman dengan nama Latin Muntingia calabura yang berasal dari Amerika tropis ini bisa tumbuh dengan liar di lahan terbuka. Di Indonesia sendiri, tanaman ini cukup sering ditemukan di tepi jalan, tepian sungai, dataran rendah dengan drainase baik, hingga tanah liat berpasir. 

  • Tinggi pohon kersen bisa mencapai 12 meter secara umum setinggi 1-4 meter.
  • Batang kersen memiliki cabang yang melebar sehingga bisa membentuk naungan yang rindang. 
  • Memiliki bunga cantik berwarna putih.
  • Mahkota bunga kersen memiliki bentuk bundar telur dengan tepian rata, yang dilengkapi dengan benang sari berjumlah 10 hingga 100 belai. 
  • Bagian tepi daun bergerigi dengan ujung runcing dan bagian bawahnya terdapat bulu halus yang rapat.

Manfaat Daun Kersen untuk Diabetes

Fakta mengenai manfaat daun kersen untuk obat diabetes menjadi titik terang dalam bidang kesehatan. Pasalnya, selama ini penanganan diabetes hanya akan dilakukan saat gejala penyakit tersebut muncul dan harus dilakukan seumur hidup. 

Metode tersebut justru bisa memberikan efek samping seperti kadar gula darah terlalu rendah atau hipoglikemia, kepala terasa pusing, mual dan muntah, serta berbagai gangguan pada saluran pencernaan. 

Nah, berikut ini beberapa khasiat daun kersen untuk diabetes:

1. Menurunkan Kadar Gula

Salah satu bukti adanya manfaat daun kersen untuk gula darah penderita diabetes yakni adanya sebuah penelitian yang dimuat dalam The Indonesian Biomedical Journal tahun 2018 silam, yang menunjukkan bahwa penggunaan ekstrak daun kersen dengan dosis 400 mg/kg berat badan bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah, khususnya bagi penderita diabetes tipe 2.

Penelitian tersebut dilakukan pada dua golongan model hewan, yaitu kelompok hewan yang kekurangan insulin serta kekurangan sensitivitas terhadap insulin. 

Sementara itu, penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2019 dan dimuat dalam Asian Journal of Pharmaceutical menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun kersen selama dua minggu pada tikus yang telah diinduksi diabetes dapat menurunkan kadar gula dalam darah, sekaligus meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. 

Hal itu disebabkan karena flavonoid yang terdapat dalam daun kersen bisa memproduksi sel beta pankreas sehingga bisa meningkatkan pelepasan insulin dan kadar gula dalam darah bisa terkontrol. 

Baca Juga: Susu Tulang untuk Penderita Diabetes.

2. Meningkatkan Produksi Insulin

Adanya kandungan antioksidan dalam daun kersen bisa membantu menghambat kerusakan sel akibat radikal bebas. 

Jika seseorang mengalami stres oksidatif, maka kerja sel beta pankreas dalam memproduksi insulin akan menurun.

Maka dari itu, konsumsi makanan dengan kadar antioksidan tinggi seperti ekstrak daun kersen sangat dianjurkan bagi penderita diabetes.

Tak hanya bermanfaat bagi penderita diabetes, kadungan gizi dalam daun kersen juga memberikan manfaat lain untuk menjaga tubuh secara menyeluruh, seperti:

  • Meringankan sakit kepala
  • Meredakan batuk
  • Menjaga tekanan darah tetap stabil
  • Menurunkan kadar asam urat
  • Sebagai antiseptik dan antiradang untuk mengobati luka ringan
  • Mencegah penuaan dini
  • Mempercepat pengobatan luka

Rekomendasi Artikel Pilihan: Sayuran Penambah darah yang Aman untuk Lambung.

Cara Merebus Daun Kersen untuk Diabetes

Cara Merebus Daun Kersen untuk Diabetes

Setelah kita mengetahui tentang manfaat daun kersen untuk diabetes, mari kita cari tahu tentang cara mengolahnya!

Biasanya, dalam metode pengobatan tradisional, daun kersen diolah dengan cara direbus. Tapi sebelumnya, perlu digaris bawahi bahwa konsumsi air rebusan daun kersen hanya sebagai pelengkap dari pengobatan diabetes ya!

Artinya, alternatif minum rebusan daun kersen tidak bisa menggantikan resep dokter dan pengobatan medis masih tetap diperlukan.

Lantas bagaimana cara tepat mengolah daun kersen untuk obat serta berapa lembar daun kersen yang dianjurkan untuk membantu mengatasi diabetes? 

Berikut langkah-langkah membuat rebusan daun kersen untuk diabetes:

  1. Siapkan 15 gram atau sekitar 8-10 lembar daun kersen segar.
  2. Cuci daun hingga bersih menggunakan sabun dan air yang mengalir.
  3. Rebus 200 mL air putih (sekitar 1 gelas belimbing) hingga mendidih.
  4. Masukkan daun kersen ke dalam air dan tunggu hingga berubah warna.
  5. Matikan kompor, tunggu hingga hangat, dan air rebusan kersen siap dinikmati. 

Artikel Lainnya:

Aturan Minum Rebusan Daun Kersen

Kamu bisa mengonsumsi air rebusan daun kersen untuk diabetes sebanyak dua kali dalam sehari untuk membantu menurunkan kadar gula darah atau terapi penyembuhan luka. 

Perlu diingat, mengonsumsi air rebusan daun kersen bersamaan dengan obat medis mungkin saja menimbulkan berbagai efek samping yang kurang baik bagi kesehatan.

Maka dari itu, sangat penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya ya!

Efek Samping Daun Kersen

Meskipun daun kersen menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, khususnya pada penderita diabetes, namun efektivitas daun kersen dalam mengatasi penyakit masih membutuhkan banyak penelitian. 

Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita mengonsumsi daun kersen dalam jumlah sewajarnya untuk mencegah berbagai efek samping yang mungkin bisa timbul, seperti:

  • Diare serta ulkus lambung akibat kandungan tembaga yang terlalu tinggi dalam daun kersen.
  • Gangguan reproduksi karena kandungan boron yang tinggi.
  • Mengalami stres oksidatif karena tubuh menerima aluminium secara berlebihan dari daun kersen. 
  • Peningkatan asam lambung yang memicu sakit perut, mual, serta muntah.
  • Memicu gejala alergi seperti gatal, ruam, iritasi, serta kulit kemerahan pada beberapa orang.
  • Beberapa kandungan dalam daun kersen bisa merusak fungsi ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Selain itu, air rebusan daun kersen juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil, serta orang dengan gangguan hati karena bisa menyebabkan efek samping yang lebih berbahaya. 

Itu dia informasi mengenai manfaat daun kersen untuk diabetes, cara mengolah, aturan minum, serta berbagai efek samping yang mungkin timbul jika dikonsumsi berlebihan. 

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar