logo etawaku
Search
Close this search box.

Kandungan dan 11+ Manfaat Daun Gamal untuk Kesehatan

Mempunyai kandungan yang baik, ada banyak manfaat daun gamal yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh, merawat tanaman, hingga bermanfaat untuk wajah.

Gamal adalah salah satu jenis tanaman perdu yang bisa tumbuh hingga 10-15 meter. Tanaman ini berasal dari daerah Amerika Tengah dan Brazil.

Di daerah asalnya, tumbuhan ini sangat mudah ditemukan pada hutan gugur, lembah, lereng bukit, serta daerah bekas tebangan dan belukar pada ketinggian 1-1600 mdpl. 

Tanaman ini memiliki bagian tubuh yang lengkap, mulai dari batang, daun, bunga, buah, biji, serta akar. Salah satu ciri khas tanaman gamal yaitu bunga yang muncul ketika daunnya berguguran, yang akan terjadi di musim kemarau. 

Sebelum membahas apa saja manfaat daun gamal, mari kita kenali dulu soal kandungan yang ada pada daun gamal, hingga memiliki manfaat yang luar biasa.

Kandungan Daun Gamal

kandungan daun gamal

Dalam daun gamal sendiri terdapat berbagai senyawa yang bersifat antioksidan, di mana kandungan tersebut dapat menghasilkan banyak manfaat.

Berikut kandungan yang ada di daun gamal:

1. Tanin

Kandungan tanin tidak hanya terdapat pada daun gamal, melainkan juga pada bagian lain seperti batang, akar, bahkan bunga. 

Senyawa ini memiliki sifat antioksidan yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan membantu melawan berbagai mikroorganisme yang bisa menyebabkan berbagai penyakit. 

Tak hanya itu, tanin juga memiliki sifat sebagai antikanker, antialergi, serta antiradang loh! Makanya, tak heran kalau manfaat daun gamal bisa dirasakan oleh manusia di bidang kesehatan. 

2. Flavonoid

Daun gamal memiliki kandungan flavonoid yang bersifat antibakteri.

Selain itu, senyawa ini juga berpotensi sebagai antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, memperbaiki sistem imun, hingga mencegah kanker. 

3. Saponin

Kandungan saponin dalam daun gamal juga bersifat sebagai antimikroba, antibakteri, serta antiinflamasi.

Hal ini sangat baik dalam meningkatkan kekebalan tubuh bahkan hingga menurunkan risiko kanker. 

4. Alkaloid 

Tanaman yang memiliki kandungan alkaloid seringkali digunakan sebagai tanaman obat.

Tak heran, senyawa ini memang bersifat antibakteri dan sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit seperti disentri, sakit telinga, hingga melawan sel kanker. 

Manfaat Daun Gamal untuk Kesehatan Manusia

Manfaat Daun Gamal untuk Kesehatan Manusia

Daun gamal memiliki bentuk menyirip yang tumbuh pada batang berukuran 15-30 cm.

Dalam satu batang, kira-kira terdapat 7-17 pasang daun yang berbentuk selebaran elips dengan ujung meruncing berukuran panjang 3-6 cm dan lebar 1,5-3 cm. 

Manfaat daun gamal untuk kesehatan manusia bisa didapatkan dari berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya. Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari ekstrak daun gamal adalah sebagai berikut:

1. Bantu Penuhi Asupan Vitamin dan Mineral

Konsumsi daun gamal bisa membantu mengatasi berbagai masalah akibat kekurangan vitamin dan mineral, seperti gangguan penglihatan akibat kurang vitamin A, beri-beri, kulit kering dan pecah-pecah, anemia, serta gangguan pertumbuhan pada anak. 

2. Memperlancar Pencernaan

Buat kamu yang memiliki masalah pencernaan, coba konsumsi daun gamal deh! Ekstrak daun gamal memiliki sifat yang mudah dicerna. Selain itu, konsumsi daun gamal yang diseduh dengan air hangat juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan loh!

Kamu juga bisa mengolah daun gamal dengan membuat pecel maupun dibuat sebagai sayur asem. Dengan begini, kamu pasti akan lebih berselera makan dan saluran pencernaanmu makin lancar!

3. Memperbaiki Fungsi Ginjal

Mengonsumsi daun gamal disebut bisa membantu memperbaiki fungsi ginjal. Daun gamal sekaligus menjadi obat diuretik alami yang bisa mengeluarkan kadar garam berlebih dari darah ke dalam urin, sehingga tekanan darah bisa lebih stabil. 

4. Obat Mata

Daun gamal memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, loh! Kandungan ini bisa mencegah kekeringan pada mata, sekaligus penurunan fungsi penglihatan. 

Saat kamu terkena penyakit mata seperti belekan, kamu bisa menggunakan ekstrak daun gamal sebagai obat tetes nih! 

Akan tetapi, sebelum menggunakan tetesan air daun gamal untuk mengatasi masalah mata, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya!

5. Mengeluarkan Dahak

Mengonsumsi air daun gamal bisa membantu meluruhkan dahak. Caranya cukup mudah, cukup siapkan sekitar 15 lembar daun gamal, kemudian rendam ke dalam air hangat hingga warnanya berubah menjadi kehijauan. 

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsinya secara langsung untuk membantu meredakan batuk ya!

Baca Juga Artikel Terkait: Manfaat Daun Miana untuk Batuk.

6. Mengatasi Nyeri Sendi

Bukan hanya bisa dikonsumsi, daun gamal juga bisa digunakan sebagai obat luar loh! Caranya juga sangat mudah, yaitu dengan menumbuk beberapa lembar daun gamal, campurkan dengan kapur sirih, lalu oleskan ke bagian tubuh yang nyeri. 

7. Mengobati Sakit Kuning

Konsumsi air seduhan daun gamal sebanyak dua kali setiap hari ternyata bisa membantu mengatasi penyakit kuning loh! Untuk menyiapkannya, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Siapkan beberapa lembar daun gamal, lalu cuci hingga bersih.
  2. Tumbuk dan campurkan dengan air kelapa secukupnya.
  3. Rebus daun gamal hingga mendidih.
  4. Tunggu hingga hangat dan campurkan madu secukupnya. 

8. Mengatasi Reumatik

Penggunaan daun gamal telah dikenal sejak lama dalam alternatif pengobatan reumatik. Cara penyajiannya cukup mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Siapkan akar, batang, serta beberapa daun gamal yang telah dibersihkan.
  2. Rebus dengan air hingga mendidih, lalu tunggu hingga air menyusut sampai tersisa sekitar ⅓ bagian.
  3. Tunggu hingga hangat, saring campuran ramuan tersebut, dan tambahkan madu sesuai selera.

Manfaat Lain Daun Gamal: Dari Wajah Hingga untuk Tanaman

Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, lebih lanjut, daun gamal juga memiliki manfaat yang cukup besar bagi tanaman, bahkan untuk perawatan wajah.

Daun Gamal untuk Tanaman

Gamal merupakan salah satu herbisida yang kerap digunakan sebagai tanaman pelindung teh. Hal ini disebabkan karena gamal bisa menyerang alang-alang yang mengganggu.

Tanaman ini juga sering digunakan sebagai pakan ternak maupun tanaman pagar.

1. Pestisida Alami

Daun gamal bisa digunakan sebagai pembasmi tikus sekaligus pestisida alami yang aman untuk lingkungan. Daun gamal memiliki kandungan tanin yang bersifat racun, sehingga bisa mengusir serangga. 

Cara menggunakan daun gamal untuk pembasmi tikus cukup mudah, hanya dengan menumbuk daun dan akar gamal, lalu mencampurkannya dengan air, dan siram di sudut rumah. 

Selain mengusir tikus, ekstrak daun gamal juga bisa digunakan untuk mengendalikan hama ulat, kutu, tungau, serta sebagai fungisida. 

2. Pakan Ternak

Daun gamal bisa dijadikan sebagai pakan ternak, terutama untuk ruminensia seperti sapi dan kerbau. Hal ini disebabkan karena daun gamal memiliki sifat yang mudah dicerna oleh tubuh. 

Selain itu, pemberian daun gamal juga bisa meningkatkan berat badan, kinerja reproduksi, serta perkembangbiakan ternak. 

4. Mencegah Longsor

Gamal tak jarang ditanam sebagai tanaman pelindung di lahan yang rawan longsor, terutama daerah dengan kemiringan 25%-45%. Tentunya, penanaman gamal bisa mencegah kerugian gagal panen akibat tanah longsor. 

Daun Gamal untuk Wajah

Selain berbagai manfaat daun gamal untuk kesehatan di atas, rupanya daun gamal juga bisa memberikan manfaat yang baik bagi kulit dan wajah loh!

Daun ini bisa digunakan untuk menghaluskan kulit serta menghilangkan flek hitam pada wajah. Jika ingin mencobanya, kamu bisa mengikuti cara yang sangat mudah sebagai berikut:

  1. Siapkan beberapa lembar daun gamal, cuci hingga bersih.
  2. Tumbuk daun hingga halus.
  3. Oleskan seperti menggunakan masker wajah setiap 10 menit sebelum mandi.

Dengan mencoba metode ini, kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang lebih bersih dan glowing loh! Penasaran? Yuk coba sekarang dan rasakan perbedaannya!

Rekomendasi Artikel Lainnya: Manfaat Daun Kersen untuk Diabetes

Nah, itu dia informasi mengenai berbagai manfaat daun gamal yang bisa kamu dapatkan, semoga informasi di atas membantu, ya!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar