logo etawaku
Search
Close this search box.

6 Cara Menghilangkan Rasa Asam di Mulut Akibat Asam Lambung, Pasti Mudah!

Penderita asam lambung kerap kali mengalami gejala berupa rasa asam di mulut ketika penyakit ini kambuh, tentu saja hal ini sangat tidak nyaman. Nah, bagaimana cara menghilangkan rasa asam di mulut akibat asam lambung? Yuk kita cari tahu selengkapnya!

Asam lambung merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti melemahnya otot LES (lower esophageal sphincter) akibat kebiasaan makan yang buruk, kehamilan, obesitas, maupun karena faktor usia. 

Pada orang normal, otot LES ini akan menutup secara otomatis setelah makanan masuk dari kerongkongan menuju lambung. Akan tetapi, pada penderita GERD, katup tersebut justru tetap membuka, sehingga asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan. 

Kondisi ini menyebabkan penderita penyakit asam lambung mengalami berbagai gejala, salah satunya mulut terasa asam yang menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu. Maka dari itu, mengetahui cara menghilangkan rasa asam pada mulut karena asam lambung menjadi hal yang sangat penting.

Cara Menghilangkan Rasa Asam di Mulut Akibat Asam Lambung

Cara Menghilangkan Rasa Asam di Mulut Akibat Asam Lambung

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa asam di mulut ketika asam lambung naik:

1. Minum Air Putih

Ketika asam lambung naik dan menyebabkan mulut terasa asam, kamu sangat disarankan untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup. Hal itu disebabkan karena air putih bisa membantu menetralkan keasaman, sehingga bisa mengurangi rasa asam dalam mulut. 

Selain itu, minum air putih juga bisa mencegah rasa mual yang bisa memperparah gejala asam lambung. 

2. Jaga Pola Makan

Seperti yang telah disebutkan di awal, pola makan yang tidak teratur bisa menyebabkan otot LES menjadi lemah. Hal itu bisa menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan sensasi asam dalam mulut. 

Jadi, pastikan kamu memiliki pola makan yang teratur agar risiko kambuhnya asam lambung bisa berkurang. 

Selain itu, sebisa mungkin hindari kebiasaan makan dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat ya! Coba ubah kebiasaan tersebut menjadi makan sedikit demi sedikit namun lebih sering agar lambung bisa mencerna makanan dengan lebih optimal. 

3. Hindari Berbaring Setelah Makan

Kebiasaan berbaring setelah makan bisa meningkatkan risiko naiknya asam lambung ke kerongkongan. Oleh karena itu, sebaiknya berikan jeda waktu sekitar 2-3 jam setelah makan sebelum kamu memutuskan untuk berbaring dan tidur ya!

4. Kurangi Konsumsi Makanan Pemicu Asam Lambung

Mengurangi atau menghindari makanan pemicu asam lambung naik seperti makanan berlemak, pedas, atau berkafein menjadi salah satu cara yang cukup manjur. 

Pasalnya, berbagai jenis makanan tersebut bisa mengganggu fungsi lambung dalam mencerna makanan dan bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. 

Oleh karena itu, kamu bisa memilih berbagai jenis makanan yang lebih sehat seperti aneka buah-buahan maupun sayuran. 

Baca Juga: Apakah Asam Lambung Boleh Makan Nasi Goreng dan Nasi Putih?

5. Jaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan agar tetap ideal bisa mengurangi risiko terkena penyakit asam lambung. Sebaliknya, kondisi obesitas bisa meningkatkan tekanan dalam perut, sehingga asam dalam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan dan menimbulkan sensasi asam dalam mulut. 

6. Konsumsi Obat

Cara berikutnya untuk menghilangkan rasa asam di mulut akibat asam lambung yaitu dengan mengonsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter. 

Biasanya, dokter akan menyarankan penderita asam lambung untuk mengonsumsi obat golongan antasida atau sukralfat untuk mengatasinya. 

Tips: Untuk terbebas dari asam lambung tanpa konsumsi obat, kamu bisa rutin minum susu kambing sebagai solusinya. Cek selengkapnya mengenai Produk Susu Kambing Etawaku Platinum.

Penyebab Mulut Terasa Asam

Penyebab Rasa Asam di Mulut Akibat Asam Lambung

Setelah mengetahui cara menghilangkan rasa asam di mulut akibat asam lambung, mungkin kamu juga ingin tahu penyebabnya? Ternyata selain disebabkan oleh asam lambung, rupanya rasa asam pada mulut (yang dalam istilah medis disebut dengan dysgeusia) juga bisa disebabkan oleh berbagai hal lain, seperti:

1. Kebersihan Mulut Kurang Terjaga

Jarang menggosok gigi atau proses menyikat gigi yang tidak benar bisa menyebabkan kotoran menumpuk dalam mulut. Hal tersebut bisa menyebabkan mulut terasa asam. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa memicu rasa tidak nyaman. 

Itulah salah satu alasan mengapa gosok gigi minimal 2 kali sehari menjadi hal yang penting. Tak hanya itu, kamu juga disarankan untuk melakukan flossing di area yang sulit dijangkau oleh sikat gigi, serta membersihkan lidah dengan pembersih lidah ya!

Agar kebersihan mulut lebih terjaga, kamu juga perlu memeriksanya ke dokter 6 bulan sekali dan melakukan scaling untuk menghilangkan karang gigi penyebab rasa asam dalam mulut. 

Baca Juga: Cara Mengolah Daun Sirih Cina untuk Asam Lambung.

2. Dehidrasi 

Kurangnya cairan dalam tubuh bisa membuat mulut terasa kering, sehingga fungsi mengecap pada lidah menjadi terganggu dan bisa mengubah indra perasa. 

Untuk menghindari kondisi ini, kamu perlu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Dengan minum air putih sebanyak 1,5–2 liter setiap hari, kamu bisa memenuhi kebutuhan air dalam tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik, sehingga risiko mulut terasa asam bisa berkurang. 

3. Sedang Sakit

Ketika pilek atau sinus, tentu kamu kerap mengalami rasa asam pada mulut ya? Kondisi tersebut bisa terjadi karena indra perasa juga terimbas infeksi bakteri. 

Maka dari itu, kamu bisa mencegah infeksi dengan cara menerapkan pola hidup bersih dan sehat. 

Apabila sudah terinfeksi, kamu perlu beristirahat dengan cukup agar cepat pulih, sehingga rasa asam pada mulut bisa berkurang. 

4. Merokok 

Mulut terasa asam memang menjadi keluhan yang sering dialami oleh para perokok. Hal ini disebabkan karena jaringan mulut yang terpapar berbagai zat berbahaya yang terkandung dalam rokok. 

Jika kamu merupakan salah satu pecandu rokok, mulai sekarang stop merokok ketika mulut sudah terasa asam deh! Karena kalau keterusan merokok, kondisi kesehatanmu justru bisa semakin drop!

5. Kehamilan 

Perubahan hormon dalam tubuh selama masa kehamilan bisa menyebabkan rasa asam dalam mulut. Jika dibiarkan terus menerus, hal ini akan berpengaruh terhadap nafsu makan ibu, dan berpengaruh terhadap asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi. 

6. Konsumsi Makanan Tertentu

Siapa sangka kalau mengonsumsi makanan tertentu ternyata bisa menyebabkan mulut terasa asam? Faktanya, mengonsumsi makanan dengan rasa yang terlalu asam seperti lemon kedondong, belimbing wuluh, dan sebagainya bisa menyisakan rasa asam dalam mulut. 

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan sumber protein seperti telur, susu atau yoghurt juga bisa menyebabkan kondisi yang sama. 

Jika tidak dibersihkan, maka sisa makanan tersebut akan mengundang bakteri, sehingga akan mengalami fermentasi yang menyebabkan sensasi asam dalam mulut semakin parah.

Rekomendasi Artikel: Pengganti Santan untuk Asam Lambung

7. Penggunaan Obat

Penggunaan beberapa jenis obat juga bisa menyebabkan munculnya rasa asam dalam mulut, seperti antijamur, antidepresan, antibiotik, antihistamin, obat diuretik, serta obat osteoporosis. 

Namun tak perlu khawatir, karena sensasi asam yang dirasakan akan berkurang seiring dengan proses penyerapan yang terjadi di dalam tubuh. 

Itu dia informasi mengenai cara menghilangkan rasa asam di mulut akibat asam lambung, serta berbagai penyebab lain yang bisa menimbulkan sensasi asam dalam mulut. Semoga artikel ini bermanfaat ya! 

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar