logo etawaku
Search
Close this search box.

Kapan Sebaiknya Minum Susu Ibu Hamil? Cek Jawaban dan Penjelasannya

Asupan nutrisi yang lengkap adalah salah satu kunci supaya janin dalam rahim dapat berkembang dan tumbuh dengan baik. Tidak cukup hanya dari makanan saja, minum susu juga salah satu upaya menjaga nutrisi seimbang selama kehamilan. Nah, sekarang pertanyaannya, kapan sebaiknya minum susu ibu hamil? Untuk itu, Bunda bisa simak penjelasan lengkapnya di artikel ini, ya!

Berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, kalsium dan lain-lain, sebenarnya bisa bunda dapatkan dari makanan-makanan tertentu. Namun, susu juga penting untuk dikonsumsi mengigat susu memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Dalam susu hamil, mengandung beberapa nutrisi seperti:

kapan ibu hamil minum susu kehamilan

a. Kalsium

Saat sedang hamil dan menyusui, Bunda membutuhkan kalsium lebih banyak yaitu sekitar 1200 mg per hari. Kandungan kalsium dapat mencegah pengeroposan tulang serta memperkuat tulang bunda selama masa kehamilan. Tidak hanya untuk bunda, kalsium juga bermanfaat bagi janin, seperti:

  • Membantu perkembangan otot dan saraf.
  • Membantu dalam proses pembentukan tulang dan gigi yang kuat.
  • Membantu perkembangan jantung.
  • Menjaga irama jantung.
  • Membantu kemampuan pembekuan darah.

b. Asam Folat

Manfaat asam folat yaitu membantu membentuk darah dan protein yang berfungsi sebagai penyusun materi genetik. Asam folat juga dapat melindungi bayi dari cacat lahir. Saat memulai kehamilan, bunda disarankan untuk mengonsumsi asam folat, terutama pada trimester pertama. 

Selain dalam makanan, kandungan asam folat juga terdapat dalam susu hamil. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi bunda untuk rutin minum susu hamil, agar dapat memenuhi kebutuhan asam folat selama kehamilan.

c. Vitamin D

Vitamin D merupakan kandungan nutrisi yang baik untuk tulang. Tak hanya itu, manfaat lain dari vitamin D yaitu melawan infeksi, membantu mencegah diabetes, dan mampu melawan berbagai jenis kanker tertentu.

d. Protein

Protein dibutuhkan selama kehamilan karena merupakan bahan pokok dalam pembentukan jaringan tubuh janin dan pembentukan sel. Asupan protein yang dibutuhkan selama masa kehamilan yaitu 60-90 gram per hari.

e. Yodium

Saat hamil, bunda memerlukan kandungan yodium sebanyak 220 mikrogram. Kekurangan yodium dapat mengganggu perkembangan otak pada janin, sehingga menurunkan kecerdasan anak.

Kapan Sebaiknya Minum Susu Ibu Hamil?

minum susu hamil sebaiknya kapan

Susu bukanlah hanya sebatas minuman biasa, namun di dalamnya mengandung kebutuhan nutrisi dan zat gizi yang bagus untuk tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk rutin minum susu sebagai pelengkap nutrisi tubuh, tak terkecuali wanita hamil.

Saat hamil, bunda bisa minum susu khusus ibu hamil untuk mendapatkan asupan nutrisi yang ada dalam susu.

Lalu kapan sebaiknya minum susu ibu hamil? Untuk itu, dianjurkan mulai rutin minum susu ibu hamil sejak awal mengetahui kehamilan, artinya fase trimester 1. Supaya janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, maka disarankan untuk konsumsi susu ibu hamil hingga trimester ketiga.

Minum Susu Hamil Sebaiknya Berapa Kali Sehari?

Meski minum saat hamil sudah menjadi rahasia umum, namun tidak sedikit yang mempertanyakan soal berapa kali sehari anjuran yang baik untuk minum susu hamil? 

Untuk memenuhi asupan gizi harian selama kehamilan, dianjurkan bagi ibu hamil untuk konsumsi susu dua sampai tiga kali dalam sehari.

Jika dua kali sehari, maka bunda bisa mengonsumsinya pada pagi dan malam hari. Namun apabila ingin tiga kali sehari, bisa dikonsumsi pada pagi, sore, dan malam.

Perlu diingat, wajib bagi bunda untuk mengonsumsi susu hamil di pagi hari sebelum mulai beraktivitas supaya asupan nutrisi tercukupi sehingga tubuh tidak mudah cepat lelah.

Minum Susu Hamil Dulu atau Vitamin Dulu?

waktu terbaik minum susu hamil

Selain minum susu, ibu hamil juga dianjurkan minum vitamin untuk mencukupi nutrisi tubuh. Baik susu atau suplemen vitamin, akan lebih bagus jika keduanya dikonsumsi selama masa kehamilan.

Namun, tidak sedikit bunda yang bertanya, minum susu dulu atau vitamin dulu? manakah yang didahulukan?

Dikutip dari situs web Klikdokter, konsumsi susu dan vitamin hamil secara bersamaan tidak masalah. Kandungan susu dan suplemen atau vitamin ibu hamil sangat bervariasi, namun keduanya dibutuhkan untuk melengkapi satu sama lain. 

Susu Etawaku Bisa untuk Ibu Hamil

Konsumsi susu bagi ibu hamil sangat penting mendukung perkembangan dan pertumbuhan janin dalam rahim. Oleh karena itu, penting memilih produk susu yang kaya akan nutrisi seperti Etawaku.

Etawaku adalah produk susu kambing etawa yang kaya akan nutrisi. Manfaat utamanya sendiri yaitu untuk menguatkan tulang sendi dan mengatasi masalah pernapasan. Namun selain itu, Etawaku juga baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui.

Hal ini karena nurisi yang lengkap dalam susu Etawaku Platinum, sehingga cocok untuk dikonsumsi Ibu Hamil dan Menyusui. Jangan khawatir, Etawaku yang terbuat dari susu kambing Etawa tidak menimbulkan alergi dan lebih rendah gula.

Baca Juga Artikel Lainnya: Ciri Ciri Batuk Bawaan Hamil.

Dari artikel diatas, apakah Bunda sudah merasa terjawab dengan pembahasan kapan sebaiknya minum susu ibu hamil? Jika masih belum, disarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan Dokter kandungan agar mendapatkan saran terbaiknya sesuai kondisi Bunda.

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar