logo etawaku
Search
Close this search box.

Apakah Boleh Minum Susu Setelah Makan Mie? Ini Penjelasannya

Mie adalah salah satu makanan yang banyak disukai orang-orang. Umumnya setelah makan mie, akan lebih lengkap dengan minuman yang menyegarkan seperti es teh dan es jeruk. Namun, beberapa orang memilih minum susu sebagai minuman pendampingnya. Tetapi hal ini banyak dipertanyakan, apakah boleh minum susu setelah makan mie? Untuk itu, simak artikel ini sampai selesai, ya!

Beberapa orang menganggap jika minum susu akan lebih cepat menghilangkan rasa panas, pedas, dan terbakar setelah makan mie. Terutama jika mienya memiliki rasa pedas.

Apakah Boleh Minum Susu Setelah Makan Mie?

Sebenarnya tidak ada larangan untuk itu. Penelitian yang membahas tentang larangan minum susu setelah makan mie juga sedikit. Bahkan, ada beberapa resep mie yang menggunakan campuran susu saat memasaknya.

Jadi jawaban dari pertanyaan apakah boleh minum susu setelah makan mie yaitu boleh dan aman-aman saja.

Namun, jika ada yang pernah mengalami sakit perut atau diare akibat minum susu setelah makan mie, maka kemungkinan hal itu karena adanya alergi susu atau mie yang dikonsumsi terlalu pedas. Sehingga, perut memberikan reaksi terhadap sensasi pedas tersebut (penjelasan lengkap bisa cek di artikel minum susu setelah makan pedas).

Efek Minum Susu Setelah Makan Mie

Efek Minum Susu Setelah Makan Mie

Mengonsumsi susu setelah makan mie memang tidak ada larangan dan aman-aman saja. Namun, apabila mengkonsumsi mie dan susu secara bersamaan dalam jangka waktu yang sering, maka hal ini cukup berbahaya karena dapat mengganggu kesehatan.

Sebelum mengetahui efek sampingnya, kamu perlu paham kandungan yang terdapat dalam mie dan susu.

Kandungan Susu (Secara Umum)Mie
Energi: 122 kkalEnergi: 300 kkal
Lemak: 4,88 gramLemak: 10 gram
Lemak jenuh: 2,9 gramLemak jenuh: 5 gram
Lemak tak jenuh ganda: 0,24 gramProtein: 7 gram
Lemak tak jenuh tunggal: 1,30Karbohidrat: 46 gram
Kolesterol: 17 mgSerat: 2,0 gram
Protein: 8 gramGula: 4 gram
Karbohidrat: 11,49 gramSodium: 1.470 mg
Gula: 12,59 gram
Sodium: 100 mg
Kalium: 361 mg

Meskipun susu dikenal sebagai minuman yang bergizi, namun minum susu setelah makan mie bukan berarti menjadi lebih sehat. Seperti pada kandungan di atas, mie dan susu memiliki kandungan karbohidrat.

Apabila keduanya dikonsumsi dalam waktu yang bersamaan, maka dapat meningkatkan kalori secara drastis. Dan jika tubuh mendapatkan asupan kalori yang berlebihan, itu akan membuat tubuh mengalami masalah kesehatan.

Minuman yang Tidak Boleh Diminum Setelah Makan Mie

Minuman yang Tidak Boleh Diminum Setelah Makan Mie

Selain susu yang harus dibatasi konsumsinya dengan mie, ada beberapa jenis minuman lainnya yang sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi bersamaan dengan mie, seperti:

1. Soda

Dalam mie terdapat kandungan alkali sedangkan soda mengandung asam. Apabila kedua kandungan ini digabung, maka akan memproduksi karbon dioksida berlebih di dalam perut dan menyebabkan kembung hingga sakit perut.

Tak hanya itu, karbondioksida yang berlebihan di dalam perut juga akan menyebabkan pembesaran usus. Hal ini akan menimbulkan penyakit seperti gangguan masalah pencernaan.

2. Kopi

Mengonsumsi mie dan kopi memang tidak selalu berbahaya. Namun, jika kamu penderita asam lambung, maka hal itu bisa berbahaya. Karena makan mie akan meningkatkan asam lambung terutama jika dibarengi dengan minum kopi.

Hal itu bisa berpotensi menyebabkan asam lambung naik atau gerd, tekanan darah tinggi, sakit kepala, dan peningkatan kadar gula darah.

Sedangkan bagi yang tidak memiliki masalah kesehatan, minum kopi setelah makan mie diperbolehkan. Namun, tetap harus diberi waktu jeda antara 1 hingga 2 jam.

Tips: alangkah lebih baiknya mengonsumsi air putih setelah makan supaya nutrisi dalam makanan dapat tercerna dengan baik.

Baca Juga Artikel Lainnya: Bolehkah Minum Susu Saat Haid?

Cara Mengatasi Sakit Perut Setelah Makan Mie

Lalu bagaimana jika sesudah makan mie sakit perut? Apakah disebabkan karena konsumsi mie dan susu secara bersamaan?

Hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukan jika minum susu setelah makan mie dapat mengakibatkan perut sakit. Perut sakit kemungkinan disebabkan karena adanya alergi terhadap susu atau mie yang dikonsumsi.

Untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut, kamu bisa beli obat di apotek dan jika sakit perut tidak kunjung sembuh atau diikuti dengan gejala lainnya, maka harus segera periksa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan secara tepat!

Etawaku Platinum, Susu yang Baik untuk Pencernaan!

Bicara soal sistem pencernaan tubuh, ini merupakan kondisi yang harus selalu dijaga. Apabila pencernaan mengalami masalah, maka dapat menyebabkan berbagai penyakit. Mulai dari sakit perut, asam lambung, dan lain sebagainya.

Untuk menjaga sistem pencernaan tubuh, kamu bisa rutin minum Susu Etawaku Platinum. Etawaku terbuat dari susu kambing etawa asli yang lebih murni dan lebih kaya nutrisi. Kandungan susunya bersifat alkali (sangat baik untuk pencernaan).

Dapatkan promo potongan harga dan gratis ongkir untuk pembelian Etawaku hanya hari ini!

Sudah banyak yang memberikan tesimoni positif setelah minum susu kambing etawaku. Sekarang giliran kamu yang merasakan manfaatnya!

Kamu bisa minum susu kambing etawa setiap sebelum tidur untuk menjaga kesehatan pencernaan, tulang sendi, hingga pernapasan tubuh.

Kamu bisa memperkuat tulang sendi, mengatasi penyakit pernapasan (bahkan Etawaku juga bisa dibilang sebagai merk susu untuk membersihkan paru paru), dan masih banyak manfaat lain Etawaku Platinum.

Itulah jawaban mengenai apakah boleh minum susu setelah makan mie? Meskipun tidak menyebabkan masalah serius, namun sebaiknya jangan terlalu sering.

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar