logo etawaku
Search
Close this search box.

Merk Susu untuk Membersihkan Paru Paru? Pilih yang Seperti Ini!

Selain dikenal sebagai sumber kalsium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang, rupanya beberapa jenis susu juga bisa digunakan untuk membersihkan paru-paru loh! Penasaran dengan merk susu untuk membersihkan paru paru? Yuk baca artikel ini sampai akhir!

Memiliki paru-paru yang bersih dan bisa bernapas dengan lega tentu menjadi harapan kita semua. Pasalnya, jika paru-paru kotor, kita bisa mengalami sesak napas dan akan menghambat aktivitas sehari-hari.

Kondisi itu bisa terjadi karena berbagai faktor. Seperti paparan polusi udara, asap rokok, serta bahan kimia lainnya kerap kali merusak kesehatan paru-paru, sehingga bisa menyebabkan berbagai penyakit serius. 

Terutama polusi dan asap rokok…

  • Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menyatakan bahwa polusi udara bertanggung jawab atas 4,2 juta kasus kematian di seluruh dunia setiap tahunnya. 
  • Sementara itu, menurut Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan bahwa rokok menjadi penyebab kematian 1 dari 5 orang di Amerika Serikat! Mengerikan bukan?

Maka dari itu, kamu perlu melakukan berbagai upaya untuk menjaga kebersihan paru, salah satunya dengan mengonsumsi susu.

Tips Memilih Merk Susu untuk Membersihkan Paru Paru

Tips Memilih Merk Susu untuk Membersihkan Paru Paru

Tentunya, kamu tidak boleh asal memilih merk susu untuk membersihkan paru paru ya! 

Alih-alih memiliki paru paru sehat dan bersih, kesalahan sedikit dalam proses pemilihan merk susu justru bisa menyebabkan akibat yang fatal bagi kesehatan sistem pernapasan. Nah, agar tidak bingung, yuk simak tips berikut ini:

  • Jangan Pilih Susu Mentah.

Pastikan kamu mengonsumsi susu yang telah melewati proses pasteurisasi maupun ultra high temperature (UHT) agar tidak terkontaminasi bakteri dalam susu.

  • Pilih Susu Tinggi Nutrisi.

Jika nutrisi harian terpenuhi, tubuh bisa melawan berbagai infeksi bakteri atau benda asing lainnya dengan lebih optimal, sehingga kebersihan paru paru lebih terjaga.

Bicara susu tinggi nutrisi, kamu bisa pilih susu kambing yang dikenal tinggi nutrisi. Ada banyak manfaat susu kambing untuk paru paru, termasuk membersihkan paru-paru yang kotor.

  • Pilih Produk Susu Rendah Gula.

Produk susu yang memiliki kadar gula rendah cenderung lebih aman dan cocok untuk dikonsumsi oleh segala usia. 

Kelebihan Susu Etawaku Platinum untuk Membersihkan Paru Paru

Etawaku Platinum merupakan rekomendasi produk susu kambing yang sangat baik untuk membersihkan paru-paru.

Ada beberapa alasan mengapa Etawaku Platinum menjadi rekomendasi merk susu untuk membersihkan paru paru, yaitu:

  • Terbuat dari susu kambing etawa asli yang telah dikenal manfaatnya dalam menjaga kesehatan sistem pernapasan serta kesehatan tubuh secara menyeluruh. 
  • Etawaku telah melewati proses pasteurisasi, sehingga lebih steril dan tidak menimbulkan risiko kontaminasi. 
  • Nutrisi dalam susu Etawaku Platinum 3x lebih baik daripada susu sapi, sehingga lebih lengkap dan baik untuk menjaga kebersihan paru paru. 
  • Kandungan Fluorin dan Beta Kasein di dalam susu Etawaku Platinum bisa membantu membersihkan paru paru, sehingga bisa bernapas dengan lega. 
  • Rendahnya kandungan gula dalam susu Etawaku Platinum membuat merk susu ini aman dikonsumsi untuk membersihkan paru paru perokok, bahkan dikonsumsi oleh anak sekalipun. 

Tidak hanya untuk paru-paru, lebih lanjut, Susu Etawaku bisa untuk mengatasi berbagai masalah pernapasan lainnya. Misalnya untuk mengatasi batuk berdahak. Kamu bisa pilih Etawaku sebagai merk susu kambing untuk batuk berdahak!

Tips Lain Membersihkan Paru-Paru Agar Tidak Sesak

Tips Lain Membersihkan Paru-Paru Agar Tidak Sesak

Tentunya, agar kebersihan paru paru tetap terjaga, kamu juga perlu melakukan upaya lain. Lantas, bagaimana cara agar paru-paru bersih? Nah, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini di rumah ya:

1. Olahraga Rutin

Bukan hanya melatih fisik agar semakin kuat, melakukan olahraga secara rutin juga menjadi salah satu cara untuk membersihkan paru-paru. 

Hal ini disebabkan karena saat berolahraga, otot akan bekerja dengan lebih keras serta meningkatkan laju pernapasan. Sehingga, pasokan oksigen ke otot bisa lebih optimal.

2. Latihan Batuk Terkontrol

Tahukah kamu? Batuk merupakan respon alami tubuh untuk mengeluarkan zat asing yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Melakukan latihan batuk secara terkontrol bisa menjadi cara untuk membersihkan kotoran yang terperangkap pada lendir di paru-paru. 

Untuk melakukannya, kamu bisa mencoba dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Duduklah di kursi dengan posisi bahu tetap rileks. 
  • Posisikan kedua telapak kaki rata dengan lantai.
  • Lipat kedua tangan di atas perut. 
  • Tarik napas secara perlahan melalui hidung. 
  • Condongkan tubuh ke depan dan dorong lengan ke perut sambil menghembuskan napas secara perlahan. 
  • Batuklah 2 atau 3 kali saat menghembuskan napas, jaga posisi mulut agar sedikit terbuka.
  • Tarik napas kembali melalui hidung secara perlahan. 
  • Istirahat, lalu ulangi proses seperlunya. 

3. Lakukan Terapi Uap

Metode ini bisa membantu menjaga kelembapan udara di dalam paru-paru, sehingga lendir di dalam saluran udara bisa keluar dan kamu bisa bernapas dengan lega.

4. Coba Posisi Drainase Postural

Latihan ini sangat baik untuk dilakukan, karena bisa mencegah serta mengobati paru-paru yang terkena infeksi. Kamu bisa melakukan gerakan ini hanya dengan berbaring loh! 

Gerakan ini bisa membantu mengeluarkan lendir pada paru-paru dengan bantuan gravitasi. 

5. Minum Teh Hijau

Teh hijau telah dikenal akan kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Senyawa ini bisa membantu mengurangi peradangan yang terjadi pada paru-paru, bahkan bisa melindungi paru-paru dari berbagai bahaya paparan asap rokok. 

6. Konsumsi Makanan Antiinflamasi

Selain itu, untuk membantu membersihkan paru-paru, cobalah untuk mengonsumsi berbagai makanan yang bisa mengurangi efek peradangan. Seperti sayuran hijau, kunyit, aneka kacang-kacangan, polong-polongan, zaitun, kenari, dan sebagainya. 

Apa Pantangan Penyakit Paru-Paru?

Selain melakukan berbagai langkah penanganan dan pengobatan di atas, kamu juga perlu memperhatikan berbagai pantangan agar penyakit paru-paru tidak semakin parah. Nah, berikut ini berbagai pantangan yang wajib dihindari bagi penderita penyakit paru-paru:

1. Garam 

Konsumsi makanan yang mengandung garam dalam jumlah tinggi bisa memicu penumpukan cairan di dalam tubuh. Jika kondisi ini berlangsung dalam waktu lama, tentu saja akan berdampak buruk bagi kesehatan, terutama untuk paru-paru. 

Meskipun garam menjadi pantangan penyakit paru-paru, namun bukan berarti kamu harus menghindari penggunaan garam sepenuhnya. Kamu tetap bisa mengonsumsi garam, asalkan dalam jumlah yang wajar ya!

2. Daging Olahan

Aneka produk daging olahan seperti sosis, nugget, dan sejenisnya memang terasa nikmat untuk dikonsumsi ya? Namun, konsumsi makanan ini dalam jumlah berlebihan bisa menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan paru-paru loh!

Hal ini disebabkan karena produk olahan daging tersebut memiliki kadar pewarna dan pengawet yang cukup tinggi. Tak hanya itu, kandungan nitrat dalam produk daging olahan bisa mengganggu kesehatan pernapasan. Jadi, sebaiknya konsumsi makanan ini secukupnya ya!

3. Produk Turunan atau Olahan Susu

Tahukah kamu? Berbagai produk olahan susu memiliki casomorphin, yaitu zat yang membuat kita ingin mengonsumsinya terus menerus.

Adanya zat ini bisa memicu produksi lendir dalam tubuh, terutama pada paru-paru semakin meningkat sehingga akan memperparah penyakit paru. 

4. Makanan atau Minuman Asam

Makanan atau minuman dengan tingkat keasaman tinggi sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit paru-paru. 

Hal ini disebabkan karena makanan atau minuman asam akan meningkatkan produksi asam dalam lambung. Jika cairan ini mulai naik ke kerongkongan, maka bisa memicu gejala sesak napas.

5. Gorengan 

Mengonsumsi aneka macam gorengan dan makanan berminyak dalam jumlah yang berlebihan bisa memicu sensasi perut kembung, sehingga kita merasa tidak nyaman dan kesulitan bernapas. 

Maka dari itu, yuk, cobalah untuk mengurangi konsumsi aneka makanan berminyak seperti gorengan dan gantilah dengan menu yang lebih sehat seperti buah-buahan maupun sayuran. 

Nah, itu dia artikel mengenai merk susu untuk membersihkan paru paru hingga pantangan yang harus dihindari agar kondisi paru-paru tetap bersih dan sehat. Semoga bermanfaat!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar