logo etawaku
Search
Close this search box.

Ciri Ciri Paru Paru Kotor dan Langkah Tepat Mengatasinya

Kenali berbagai ciri ciri paru paru kotor dan bagaimana cara mengatasinya demi menjaga kebersihan paru-paru, karena seperti yang kita tahu bahwa organ tubuh tersebut merupakan salah satu organ tubuh paling penting dan akan berakibat fatal jika mengalami kondisi-kondisi yang kurang baik.

Paru paru kotor memang seringkali dialami, ada berbagai hal yang menjadi penyebabnya. seperti polusi udara, paparan asap rokok, infeksi mikroorganisme seperti bakteri maupun virus berpotensi membuat paru paru kita menjadi kotor.

Lebih parahnya…

Kondisi tersebut bisa memicu berbagai penyakit paru paru lain yang lebih berbahaya, mulai dari bronkitis, asma, tuberkulosis, hingga kanker paru-paru loh!

Pentingnya Menjaga Kesehatan Paru Paru

pentingnya menjaga kesehatan paru paru

Paru paru merupakan salah satu organ vital yang berperan dalam proses pertukaran karbon dioksida menjadi oksigen yang diperlukan tubuh dari udara yang kita hirup.

Oksigen tersebutlah yang kemudian diedarkan ke seluruh tubuh untuk menunjang fungsi organ agar bekerja secara optimal.

Maka dari itu, kesehatan dan kebersihan paru paru menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Pasalnya, jika paru paru kotor, maka berbagai masalah akan muncul dan mengganggu pernapasan serta membuat berbagai rasa tidak nyaman. 

Untuk bantu mengatasi berbagai penyakit paru-paru atau pernapasan, kamu bisa mengonsumsi Susu Etawaku Platinum, produk Susu Kambing yang baik untuk Paru Paru.

Kenapa harus Susu Kambing? kamu bisa baca penjelasannya di artikel Manfaat Susu Kambing untuk Paru Paru.

Ciri Ciri Paru Paru Kotor

Ciri Ciri Penyakit Paru Paru Kotor

Ada beberapa orang yang memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami paru paru kotor, seperti kontraktor, penambang batu bara, pekerjaan yang berkaitan dengan asbes, pekerja tekstil, serta perokok. 

Ketika paparan debu dan polutan terlalu banyak, maka tubuh kita akan menunjukkan berbagai gejala paru paru kotor, seperti:

1. Sesak Napas

Sesak napas menjadi salah satu ciri ciri paru paru kotor yang sering terjadi. Hal itu disebabkan karena berbagai polutan dan udara kotor yang terhirup bisa menyebabkan infeksi sehingga paru paru tidak bisa bekerja secara optimal.

Baca Juga: Penyebab Nafas Pendek dan Cepat Lelah.

2. Dada Terasa Nyeri

Penderita paru paru kotor bisa merasakan nyeri di bagian dada dalam waktu yang cukup lama, bahkan hingga lebih dari satu bulan.

Akibatnya, orang dengan kondisi paru paru kotor sering mengalami sakit ketika menarik napas dalam maupun ketika tertawa.

3. Batuk Terus Menerus

Batuk terus menerus juga bisa menjadi tanda paru paru kotor, kondisi itu bisa terjadi karena adanya penumpukan kotoran dalam paru paru. Maka dari itu, jika kamu merasakan gejala ini lebih dari dua minggu, sebaiknya segera periksa ke dokter ya!

4. Mengi 

Selain menjadi salah satu gejala asma, mengi juga menjadi ciri ciri paru paru yang kotor loh! Orang yang memiliki paru paru kotor kerap mengeluarkan bunyi “ngik ngik” ketika bernapas.

5. Produksi Lendir Berlebih

Lendir ini dikeluarkan oleh paru paru dan berfungsi sebagai penangkap zat asing. Ketika paru paru kotor, maka tubuh akan merespons dengan mengeluarkan lendir. Perlu diwaspadai, penumpukan lendir ini bisa memicu berbagai penyakit paru obstruktif kronis.

6. Paru Paru Terinfeksi

Ini bisa menjadi akibat dari sisa virus yang belum bersih sepenuhnya. Akibatnya, penderita paru paru kotor bisa mengalami berbagai infeksi paru seperti bronkitis, radang paru paru, bahkan kanker yang tidak kunjung sembuh.

7. Kuku Membiru

Gejala paru paru kotor berikutnya adalah munculnya warna biru yang terlihat pada kuku. Hal ini disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan oksigen. Jika dibiarkan, kondisi paru paru kotor bahkan bisa menyebabkan kematian loh!

Cara Membersihkan Paru Paru

cara membersihkan paru paru kotor

Ciri ciri paru paru kotor yang telah disebutkan di atas sudah cukup mengerikan, bukan?

Maka dari itu, kamu perlu tahu beberapa langkah yang bisa dilakukan agar menjaga kondisi paru tetap bersih ya, berikut ini tips yang bisa kamu lakukan:

1. Berhenti Merokok

Bagi kamu yang menjadi perokok aktif, mulai sekarang stop deh kebiasaan buruk ini! Selain membuat paru paru menjadi kotor, asap rokok yang dihasilkan juga bisa mengganggu lingkungan sekitar. Tak jarang, ada juga perokok pasif yang ikut merasakan dampak negatifnya.

2. Lakukan Terapi Uap

Metode ini bisa kamu lakukan untuk membantu membuka saluran napas serta mengeringkan lendir.

Selain itu, terapi ini juga bisa menambah kelembapan udara, sehinga penderita paru paru kotor bisa bernapas dengan lebih lega.

3. Latihan Mengontrol Batuk

Kamu bisa berlatih mengontrol batuk dengan cara berikut:

  • Duduklah di kursi, posisikan bahu dengan santai dan telapak kaki rata di lantai.
  • Lipatlah lengan di atas perut, kemudian tarik napas secara perlahan melalui hidung.
  • Buang napas secara perlahan sembari mencondongkan tubuh ke depan dan mendorong lengan ke perut.
  • Batuk sebanyak 2-3 kali sambil mengeluarkan napas. Usahakan mulut tetap dalam kondisi terbuka.
  • Ulangi langkah menarik napas sambil diselingi istirahat.

4. Olahraga Rutin

Menjalani olahraga secara rutin bisa membantu kamu dalam membersihkan paru paru loh! Selain itu, olahraga juga bisa membantu paru paru agar bekerja dengan lebih efektif dan membuat asupan oksigen terpenuhi.

5. Perhatikan Pola Makan

Pola makan yang teratur dan konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang bisa membantu menjaga paru agar tetap sehat.

Sebaiknya, perbanyak konsumsi makanan dengan kadar antioksidan yang tinggi agar tubuh bisa melawan infeksi dengan lebih baik.

Itu dia berbagai ciri ciri paru paru kotor yang perlu kamu ketahui, serta beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga saluran pernapasan tetap bersih dan sehat.

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar