logo etawaku
Search
Close this search box.

Ini Dia Pantangan Makanan Jantung Berdebar, Catat Ya!

Bagi seseorang yang mengalami jantung berdebar, selain mengonsumsi berbagai makanan sehat yang baik untuk jantung, kamu juga harus menghindari makanan yang tidak baik, berikut ini beberapa pantangan makanan jantung berdebar.

Memang ada banyak hal yang bisa bikin jantung kita berdebar tidak karuan.

Mulai dari olahraga, stress, efek samping obat, indikasi gangguan jantung, hingga makanan. Kondisi seperti jantung berdebar sendiri bisa dialami oleh siapapun, mulai dari anak remaja hingga dewasa.

Namun, pada dasarnya jantung berdebar lebih sering dialami seiring dengan bertambahnya usia. Maka dari itu kamu perlu terus menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan rutin minum Susu yang bermanfaat untuk kesehatan jantung seperti Etawaku Platinum.

Pantangan Makanan Jantung Berdebar

Pada banyak kasus, perubahan ritme detak jantung terjadi setelah mengonsumsi beberapa jenis makanan, tak hanya itu, ada juga beberapa yang juga bisa memicu heartburn.

Kenapa makanan bisa menjadi penyebab jantung berdebar? Hal itu dikarenakan setelah mengonsumsi makanan tertentu, tubuh membutuhkan energi yang besar untuk mencernanya, sehingga jantung memompa darah dengan lebih kuat. 

Lebih lengkapnya, berikut ini daftar makanan yang harus dihindari oleh penderita jantung berdebar yang bisa kamu kurangi untuk mencegah dampak yang lebih buruk:

1. Kafein 

kafein, minuman yang harus dihindari penderita jantung berdebar

Apakah kamu pernah merasakan jantung berdebar setelah minum kopi?…

…Nah, kopi (kafein) menjadi salah satu pantangan makanan penyakit jantung berdebar (dalam hal ini minuman lebih tepatnya). Pasalnya, kafein memiliki sifat sebagai stimulan yang bisa mempercepat kerja sistem saraf.

Selain ditemukan dalam kopi, kafein juga terdapat dalam cokelat, teh, soda, serta minuman berenergi.

Akan tetapi, penelitian terkini justru menyebutkan bahwa konsumsi kopi sebanyak 3 cangkir perhari bisa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan.

2. Makanan Berlemak

Makanan berlemak tentu saja memiliki kadar lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi…

…Karena itulah makanan seperti ini termasuk pantangan untuk kamu yang mengalami jantung berdebar. Berdasarkan sebuah penelitian dalam Journal of Nutrition menyatakan bahwa makanan berlemak dapat meningkatkan aktivitas kardiovaskular.

Kamu bisa mengganti jenis makanan tersebut dengan makanan yang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh, buah yang baik untuk jantung berdebar seperti alpukat, minyak zaitun, dan berbagai makanan sehat lainnya ya!

3. Alkohol 

Alkohol menjadi salah satu minuman yang dilarang untuk penyakit jantung, Konsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan bisa memicu kondisi jantung berdebar, merusak ritme denyut jantung, dan membuat jantung menjadi stress…

…Makanya, kamu perlu mengurangi kadar bahkan menghentikan konsumsi minuman seperti alkohol.

Hal itu diperkuat dengan sebuah penelitian mengungkap bahwa konsumsi alkohol meskipun dalam jumlah sedang juga bisa meningkatkan risiko denyut jantung tidak teratur, apalagi jika kamu mengonsumsinya secara rutin.

4. Makanan Tinggi Gula

makanan dengan gula tinggi, pantangan jantung berdebar

Pernah mendengar tentang hipoglikemia? Nah, itu merupakan kondisi rendahnya kadar gula dalam darah. Orang hipoglikemia akan merasakan jantung berdebar setelah mengonsumsi makanan tinggi gula. 

Hal itu disebabkan karena makanan yang mengandung tinggi gula bisa menimbulkan lonjakan kadar gula dalam darah…

…Makanya, yuk, mulai kurangi konsumsi makanan tinggi gula seperti seperti es krim, kue, dan sebagainya.

5. Cokelat 

Siapa yang tidak suka makan cokelat? Makanan ini memang sangat cocok untuk dikonsumsi, apalagi ketika stress ya?…

…Tapi sebaiknya kamu mulai waspada dengan jumlah cokelat yang kamu konsumsi ya, karena cokelat merupakan salah satu makanan yang harus dibatasi bagi orang yang memiliki penyakit jantung berdebar.

Cokelat memiliki kandungan kafein dan senyawa bernama teobromin yang bisa menyebabkan aritmia, yaitu perubahan ritme denyut jantung dan jantung berdebar.

6. Makanan Tinggi Garam

makanan tinggi garam, pantangan penyakit jantung berdebar

Berbagai jenis makanan yang terlalu banyak garam memang tidak menyebabkan jantung berdebar secara langsung…

…Namun, makanan tinggi garam akan meningkatkan tekanan darah sehingga jantung akan bekerja lebih keras dan menyebabkan jantung terasa berdebar setelahnya.

Maka dari itu, kita perlu melakukan diet garam serta mengurangi asupan makanan yang mengandung kadar garam tinggi agar terhindar dari risiko jantung berdebar dan penyakit jantung lainnya.

7. Makanan Pedas

Buat kamu yang suka mengonsumsi makanan pedas, yuk cari tahu sampai tuntas! Rupanya, makanan pedas juga menjadi pantangan makanan untuk jantung berdebar loh.

Hal itu disebabkan karena makanan pedas bisa menimbulkan suhu tubuh meningkat.

Akibatnya…

Kamu bisa berkeringat, merasa kehausan, jantung berdebar, detak jantung meningkat, asam lambung, bahkan iritasi jika makanan yang dikonsumsi terlalu pedas.

Terkait makanan atau nutrisi, mungkin kamu butuh juga informasi Sayur yang Mengandung Vitamin D

Nah, itu dia berbagai pantangan makanan jantung berdebar, untuk penjelasan lengkapnya seperti penyebab, akibat, dan berbagai cara mengatasinya…bisa cek di artikel Jantung Tiba Tiba Berdebar Kencang.

Apakah di antara daftar tersebut ada yang menjadi makanan favoritmu? Kalau iya, yuk mulai kurangi jumlah konsumsinya mulai dari sekarang untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima ya!

Photo of author

Isna Hardikasari

Satu pemikiran pada “Ini Dia Pantangan Makanan Jantung Berdebar, Catat Ya!”

  1. Informasinya sangat bermanfaat tentang pantangan makanan jantung. Masyarakat harus menyadari penting kesehatan, terutama pada jantung. Jika terdapat gangguan pada jantung, wajib dibawakan ke RS Jantung yang tepat untuk perawatan yang efisien.

    Balas

Tinggalkan komentar