logo etawaku
Search
Close this search box.

Sayur yang Mengandung Vitamin D Tinggi untuk Penuhi Nutrisi Tubuh

Kamu sedang ingin memenuhi kebutuhan Vitamin D pada tubuh? Kalau begitu, bisa mulai dengan mengonsumsi makanan-makanan sumber vitamin D, salah satunya sayuran, banyak sayur yang mengandung Vitamin D yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Kenapa kita harus mengonsumsi sayur dengan kandungan vitamin D?

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh dalam proses penyerapan kalsium, pembentukan tulang, mendukung fungsi kekebalan tubuh, hingga mencegah risiko infeksi dan peradangan.

Sayuran yang Mengandung Vitamin D

Untuk mencegah berbagai dampak buruk jika tubuh terus kekurangan vitamin D, kamu bisa mencoba mengonsumsi beberapa sayur yang mengandung vitamin D, seperti:

1. Sayur Jamur 

Selain nikmat dan mudah didapat, jamur ternyata punya segudang manfaat loh! Salah satunya, jamur menjadi salah satu sayur yang dapat menyuplai kebutuhan vitamin D pada tubuh dengan kandungan vitamin D paling tinggi dibanding dengan jenis sayur lainnya.

2. Sayur Brokoli 

Sayur lainnya yang mengandung vitamin D yaitu Brokoli, selain kandungan vitamin D, Brokoli juga memiliki kandungan magnesium dan vitamin K yang sangat baik untuk darah dan meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Sayur Kubis 

Tentu saja kamu sudah sangat familiar dengan sayuran ini, bukan? Nah, kubis menjadi salah satu sayur yang juga mengandung vitamin D tinggi dan kaya akan magnesium.

Sehingga, sayuran ini baik untuk menjaga kekebalan tubuh kita ya!

4. Sayur Bayam 

Tidak perlu ragu lagi, bayam merupakan sayur bayam bisa dibilang sayuran dengan kandungan vitamin D tinggi dengan rasa paling nikmat dan memiliki berbagai cara pengolahan yang mudah.

Selain itu, bayam juga tinggi kalsium sehingga bisa memenuhi kebutuhan gizimu dengan seimbang.

Infografis - Sayuran Sumber Vitamin D

Baca Juga artikel terkait:

Penyebab Kekurangan Vitamin D

Kekurangan Vitamin D bisa dialami oleh siapapun, mulai dari bayi, anak-anak, maupun orang dewasa.

Masalah kekurangan vitamin D ini menjadi salah satu masalah yang cukup umum ditemukan di dunia. Ada sekitar 1 miliar orang di seluruh dunia dengan kebutuhan vitamin D tidak terpenuhi.

Berdasarkan hasil penelitian tahun 2020 lalu

Dalam Jurnal Kedokteran, menyebutkan bahwa 1 dari 2 orang di Indonesia mengalami kekurangan vitamin D. Nah, berikut ini beberapa penyebab kekurangan vitamin D yang bisa kamu hindari dari sekarang:

1. Diet Ekstrim

Diet ekstrim bisa menjadi penyebab tubuh kurang vitamin D karena diet sendiri menganjurkan untuk tidak mengonsumsi jenis makanan tertentu, salah satunya vitamin D.

Maka dari itu, jika memang ingin diet dan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung vitamin D, kamu perlu berkonsultasi terlebih dahulu agar diet yang kamu jalani tepat dan kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi ya!

2. Kurang Berjemur

Vitamin D juga bisa diproduksi tubuh melalui kulit dengan bantuan cahaya matahari. Makanya, yuk, mulai rajin berjemur dari sekarang.

Cukup luangkan 15-20 menit 2-3 kali seminggu untuk bisa bantu asupan vitamin D terpenuhi.

3. Memiliki Kulit Gelap

Orang yang berkulit gelap memiliki kadar melanin yang lebih tinggi.

Pigmen warna tersebut bisa menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap vitamin D dari matahari, sehingga orang berkulit gelap lebih rentan kekurangan vitamin D.

4. Orang Dengan Penyakit Tertentu

Orang yang memiliki berbagai jenis penyakit akan cenderung lebih mudah kekurangan vitamin D, penyakit yang di maksud yaitu:

  • Penyakit ginjal
  • Adanya kerusakan hati
  • Gangguan pencernaan
  • TBC
  • Kanker
  • Osteoporosis
  • Hiperparatiroidisme

5. Obesitas 

Pada orang yang obesitas, timbunan lemak berlebih dapat memerangkap vitamin D dalam jaringan lemak.

Makanya, selalu jaga berat badan agar tetap ideal dan menghindari risiko kekurangan vitamin D ya!

6. Penggunaan Obat-Obatan

Beberapa jenis obat-obatan ternyata bisa juga menyebabkan tubuh kekurangan vitamin D, obat-obatan itu di antaranya:

  • Obat untuk mengurangi kolesterol
  • Obat untuk TBC (rifampin)
  • Obat penurun berat badan (orlistat)
  • Obat anti kejang
  • Kortikosteroid
  • Anti jamur
  • Obat untuk HIV.

Akibat Kekurangan Vitamin D

Akibat Kekurangan Vitamin D

Setelah mengetahui jenis sayuran yang mengandung Vitamin D seperti di atas, agar kamu lebih semangat lagi harus mulai mengonsumsinya, ketahui juga apa yang terjadi jika kamu terus kekurangan vitamin D.

1. Kepadatan Tulang Menurun

Vitamin D diperlukan agar tubuh bisa menyerap fosfor dan kalsium dengan optimal…

Kekurangan vitamin D tentu saja akan berdampak buruk bagi kesehatan dan kekuatan tulang.

Dampaknya, kita bisa mengalami osteoporosis, osteomalacia, atau rakitis yang sering menyerang anak-anak.

Bicara kepadatan tulang, kamu bisa juga menjaga dan menguatkan tulang dengan rutin minum Susu Tinggi Kalsium Etawaku Platinum yang merupakan produk Susu Kambing terbaik dengan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

2. Depresi 

Siapa sangka kalau kekurangan vitamin D bisa menyebabkan depresi?

Hal itu disebabkan karena kalsium yang terlalu sedikit dalam tubuh bisa menyebabkan gangguan pada neurotransmitter, yaitu agen pembawa pesan antar sel saraf.

3. Meningkatkan Berbagai Risiko Penyakit

Kekurangan vitamin D bisa membuat kita rentan terkena berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, serta diabetes melitus tipe 2. 

4. Demensia 

Demensia atau gangguan ingatan bisa muncul ketika tubuh kekurangan vitamin D secara kronis. Makanya, kita perlu memenuhi asupan vitamin D agar tidak mudah pikun ya!

5. Disfungsi Ereksi

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang dengan asupan vitamin D kurang dari 20 ng/mL lebih rentan terkena disfungsi ereksi atau impotensi karena vitamin D berperan dalam menjaga kesehatan otot.

Itu dia beberapa rekomendasi sayur yang mengandung vitamin D yang bisa kamu temukan dengan mudah, murah, serta bisa dinikmati dengan berbagai cara yang nikmat.

Tentunya, berbagai sayuran tersebut bisa membantu kamu agar terhindar dari risiko kekurangan vitamin D ya!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar