logo etawaku
Search
Close this search box.

Minum Susu Saat Haid Punya Banyak Manfaat, Tapi Apakah Boleh?

Setiap bulan wanita selalu mengalami menstruasi, kondisi ini menyebabkan perubahan hormon pada tubuh yang dapat mengganggu kenyamanan dan kesehatan.

Adanya perubahan emosi, penurunan atau peningkatan nafsu makan, nyeri perut dan perut kembung membuat wanita harus berhati-hati dalam menjaga asupan makanan. 

Seperti minum susu saat haid, banyak pertanyaan terkait boleh tidaknya hal tersebut dilakukan. Untuk menjawab itu, yuk simak artikel ini sampai akhir!

Minum Susu dan Haid, Apa Hubungannya?

Susu merupakan bahan pangan yang kaya kandungan gizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh. Susu mengandung mineral, protein, lemak, vitamin, karbohidrat dan kalsium yang bagus untuk kesehatan wanita.

Misalnya pada saat menstruasi, wanita akan kehilangan banyak darah yang akan menurunkan kadar kalsium dalam tubuh.

Nah, kalsium yang terkandung pada susu dapat membantu meningkatkan kalsium yang hilang pada tubuh karena haid.

Lebih lanjut, masih banyak lagi manfaat lainnya:

Manfaat Minum Susu Saat Haid

Manfaat Minum Susu Saat Haid

Susu memiliki banyak protein yang bagus untuk tubuh. Selain dapat membantu kesehatan, kandungan susu juga baik dikonsumsi bagi wanita yang sedang menstruasi. Berikut ini manfaat minum susu saat haid yang harus kamu ketahui.

  • Mengurangi Rasa Sakit Akibat Kram Saat Haid

Nyeri tubuh dan kram perut sering dirasakan wanita saat sedang haid. Kandungan kalsium pada susu membantu otot menjadi lebih rilex. Apabila otot dalam tubuh rilex, rasa sakit akibat kram dan nyeri tubuh akan berkurang.

  • Meningkatkan Stamina Saat Haid

Saat sedang haid, wanita cenderung akan merasa mudah lelah. Dalam susu terdapat kandungan vitamin B12 dan protein sangat baik dikonsumsi wanita. Kandungan tersebut dapat membantu menghilangkan menghilangkan rasa lelah dan membuat tubuh menjadi lebih bugar. 

  • Mengurangi Rasa Stress Akibat Haid

Dalam susu terdapat kandungan asam amino dan triptofan yang dapat membantu meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi wanita, karena selama haid terdapat perubahan emosi dan stress yang tidak teratur. 

  • Menjaga Siklus Haid Tetap Lancar

Seringkali wanita mengeluh jika siklus menstruasinya berubah setiap bulannya. Kandungan protein dalam susu berperan cukup penting untuk menjaga siklus menstruasi dengan menjaga keseimbangan hormon pada tubuh. 

Apakah Boleh Minum Susu Saat Haid?

Apakah Boleh Minum Susu Saat Haid

Lalu bolehkah minum susu saat haid? Jawabannya boleh. Tidak ada larangan secara medis bagi wanita untuk mengkonsumsi susu saat haid.

Dari penjelasan di atas, susu menjadi minuman yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan menstabilkan perubahan emosi saat menstruasi.

Namun disarankan untuk mengkonsumsi susu dalam porsi sedikit atau secukupnya. Sebab apabila terlalu banyak mengkonsumsi susu saat haid, dapat menyebabkan perut kembung dan begah yang tidak nyaman untuk tubuh. 

Ingin Minum Susu dengan Tinggi Kalsium Namun Rendah Gula? Etawaku Brand Jawabannya! Diskon Hingga Rp164.000 Sekarang! Lihat Promonya Disini.

Apa Saja yang Tidak Boleh Diminum Saat Haid?

Berhubung minum susu saat haid sudah terjawab mengenai boleh tidaknya, sekarang pertanyaannya, lalu apa minuman yang tidak boleh diminum saat sedang haid?

beberapa jenis minuman yang tidak boleh diminum saat haid, yaitu sebagai berikut.

  • 1. Minuman Bersoda

Apabila kamu penggemar minuman bersoda, harus bisa kurangi konsumsi saat menstruasi. Saat sedang haid tidak disarankan mengkonsumsi minuman bersoda, sebab dapat menyebabkan perut kembung dan siklus haid yang terhambat.

  • 2. Alkohol

Jenis minuman alkohol memang tidak baik dikonsumsi terlalu banyak. Bagi wanita minuman beralkohol tidak boleh dikonsumsi saat sedang haid sebab dapat memperparah kram dan sakit pada perut. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

  • 3. Kopi

Minuman yang mengandung kafein juga tidak disarankan bagi wanita yang sedang haid. Kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan gas dan memicu perut kembung. Bagi penggemar kafein, tetap bisa mengkonsumsi kopi namun dengan porsi sedikit atau cukup. 

  • 4. Minuman Berenergi

Jenis minuman ini mengandung kafein yang cukup tinggi. Sehingga tidak disarankan bagi wanita haid untuk mengkonsumsi minuman berenergi karena dapat memicu penyempitan pembuluh darah yang dapat memperburuk nyeri saat menstruasi.

  • 5. Minuman Mengandung Gula Tinggi

Saat sedang menstruasi disarankan untuk mengurangi konsumsi minuman dengan kadar gula yang tinggi. Sebab jenis minuman yang mengandung banyak gula dapat membuat perubahan mood yang tidak teratur. 

Penuhi Asupan Kalsium Tubuh dengan Susu Etawaku Platinum

Setelah mengetahui pentingnya kalsium pada tubuh, kini saatnya kamu mulai memenuhi asupan kalsium, bukan?

Susu Etawaku Platinum merupakan susu tinggi kalsium yang terbuat dari susu kambing etawa asli. Selain kalsium, masih banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya, mulai dari protein, fosfor, asam lemak essensial, dan nutrisi baik lainnya.

Dengan rutin minum Etawaku Platinum, kamu bisa menjaga dan menguatkan tulang sendi karena kalsium pada tubuuh terpenuhi, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, serta manfaat lainnya seperti mengatasi gangguan pernapasan dan pencernaan.

Susu kambing Etawaku sangat mudah diserap oleh tubuh dan aman dikonsumsi bagi yang memiliki alergi pada susu sapi (intoleransi laktosa).

Kamu bisa rutin minum susu kambing etawa sebelum tidur untuk terus menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh!

Baca Juga Artikel Lainnya: Apa itu Susu yang Tidak Dipasteurisasi?

Itulah penjelasan mengenai minum susu saat haid. Berhati-hati dalam menjaga asupan makanan, apabila muncul nyeri dan kram yang tidak tertahankan, segera hubungi dokter untuk diagnosis dan langkah medis lebih lanjut.

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar