logo etawaku
Search
Close this search box.

Minum Susu Setelah Makan Pedas, Apa Boleh?

Makanan pedas biasanya disukai banyak orang, namun karena rasanya yang pedas, makanan seperti ini bisa menimbulkan efek panas dan perih pada perut ataupun mulut. Beberapa orang akan membutuhkan “penawar” untuk menghilangkan rasa pedas setelah makan, salah satunya susu.

Namun terkait minum susu setelah makan pedas, banyak orang yang bertanya-tanya, apakah hal itu boleh dilakukan dan tidak menyebakan efek berbahaya lainnya? Untuk itu, mari kita bahas di artikel ini!

Kenapa Susu Mengurangi Rasa Pedas?

Dalam makanan pedas mengandung senyawa capsaicin yang terdapat pada cabai.

Kandungan senyawa tersebut yang menyebabkan munculnya sensasi perih dan panas setelah makan pedas.

Senyawa tersebut bekerja dengan menempel pada saraf nyeri atau reseptor. Kemudian saraf nyeri akan memberi sinyal ke otak sehingga muncul sensasi rasa pedas, perih dan panas.

Namun sensasi perih dan panas dapat dihilangkan dengan minum susu. Hal itu karena adanya kandungan zat casein pada susu hewani, yang dapat membantu menetralisir rasa pedas dan panas dengan cara memutus rantai hidrokarbon capsaicin

Kandungan zat casein bekerja dengan cara memecah dan melarutkan zat capsaicin pada perut dan mulut sehingga mengurangi sensasi panas dan pedas.

Bolehkah Minum Susu Setelah Makan Pedas? 

Bolehkah Minum Susu Setelah Makan Pedas

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan jika minum susu setelah makan pedas diperbolehkan. Jadi untuk kamu yang merasa kurang nyaman dengan sensasi pedas dan panas, maka minum susu bisa menjadi langkah yang direkomendasikan.

Namun perlu diperhatikan, jenis susu yang direkomendasikan yaitu jenis susu hewani seperti susu sapi dan susu kambing.

Catatan: minum susu setelah makan pedas juga dapat memungkinkan menghambat proses pencernaan apabila dikonsumsi setelah makan, sehingga menyebabkan kembung. 

Sebagai solusinya, kamu bisa pilih minum susu kambing, yang kandungan proteinnya lebih mudah dicerna sehingga lebih aman dikonsumsi, bahkan oleh penderita intoleransi laktosa.

Maka dari itu jangan takut akan hal itu, minumlah sedikit susu setelah makan pedas dan tunggu 15-20 menit maka rasa pedas dan panas akan hilang.

Baca Juga Artikel Terkait:

Minuman yang Cocok Setelah Makan Pedas

Selain susu, ketika kamu merasa perut dan mulut terbakar akibat makan pedas, ada beberapa jenis minuman lain yang dapat membantu menghilangkan sensasi pedas, yaitu sebagai berikut:

1. Madu

Madu merupakan jenis minuman yang dapat membantu menghilangkan sensasi terbakar akibat makanan pedas. Madu akan menyerap minyak pedas yang dapat menghilangkan rasa panas pada perut dan mulut.

2. Air Hangat

Meskipun mengkonsumsi air hangat dapat membuat rasa tidak nyaman (karena sudah merasa pedas, lalu dicampur rasa hangat), namun hal itu pada dasarnya dapat membantu lebih cepat menghilangkan rasa panas akibat makan pedas. 

4. Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan susu yang mengandung protein casein. Cara bekerjanya pun sama seperti susu, yaitu dengan memecah dan melarutkan zat capsaicin pada perut dan mulut sehingga mengurangi sensasi panas dan pedas.

5. Teh Peppermint

Minuman ini mengandung senyawa anti nyeri yang dapat menghilangkan rasa panas pada perut. Disarankan konsumsi teh peppermint saat masih hangat untuk mempercepat netralisir sensasi pedas.

6. Air Kelapa

Air kelapa bersifat basa sehingga mampu menetralisir rasa panas pada perut akibat makanan pedas.

7. Teh Jahe

Tidak hanya bermanfaat untuk melegakan tenggorokan, teh jahe juga dapat mengatasi sensasi panas dan perih akibat konsumsi makanan pedas. 

8. Minuman Asam

Jus jeruk atau lemon direkomendasi sebagai minuman pendamping makanan pedas. Rasa asam pada jeruk atau lemon dapat membantu menetralisir rasa pedas pada lidah.

9. Teh Chamomile

Apabila kamu suka makan pedas namun memiliki asam lambung, teh chamomile bisa menjadi solusinya. Teh chamomile dapat menurunkan asam lambung akibat makan pedas. 

10. Es Krim

Tidak berbeda dengan susu dan yogurt, es krim juga dapat membantu menetralisir rasa pedas dan panas karena adanya protein casein. 

Baca Juga: Minum Susu Setelah Haid, Bolehkah?

Itulah penjelasan mengenai efek minum susu setelah makan pedas. Setelah ini, jangan lupa sedia susu sebelum makan pedas, ya!

Photo of author

Alifia Furaida Salsabila

Tinggalkan komentar