logo etawaku
Search
Close this search box.

Diare Karena Asam Lambung, Mungkinkah?

Saat mendengar penyakit diare, mungkin kamu langsung berpikir mengenai salah satu gangguan pencernaan akibat mengonsumsi makanan yang kurang higienis ya? Tapi tahukah kamu? Ternyata bisa juga seseorang mengalami diare karena asam lambung loh!

Sebelum terlambat, mari kita cari tahu bersama tentang fakta diare yang disebabkan oleh asam lambung serta obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi asam lambung dalam artikel ini!

Diskon 40% Hari Ini Terbebas dari Masalah Asam Lambung dengan Minum Susu Etawaku. Lihat Promonya Disini.

Mengenal Penyakit Diare

apakah asam lambung bisa menyebabkan diare

Saat mengalami diare, ini akan menyebabkan penderitanya mengalami keluhan buang air besar encer atau berair hingga 3 kali dalam sehari, atau bahkan bisa lebih. 

Umumnya, kondisi ini bisa terjadi karena konsumsi makanan kotor yang terkontaminasi bakteri, virus, maupun parasit dan bisa sembuh dengan sendirinya dengan perawatan mandiri.

Meski demikian, kondisi ini bisa berlangsung parah, sehingga memerlukan penanganan medis. 

Di Indonesia sendiri, penyakit diare merupakan penyakit yang sering diidap oleh bayi dan anak-anak. Kondisi ini bisa terjadi secara akut yang berlangsung selama kurang dari 14 hari, maupun secara kronis yang terjadi selama lebih dari 14 hari. 

Jika dibiarkan, diare dapat menimbulkan gejala lain yang lebih fatal, seperti dehidrasi, gangguan elektrolit, bahkan kerusakan ginjal. Sebenarnya, ada berbagai penyebab diare, seperti:

  • Infeksi virus. Umumnya, penyebab ini seringkali dialami oleh anak-anak karena infeksi rotavirus. Gangguan ini bisa ditandai dengan diare yang berair.

  • Infeksi bakteri Campylobacter dan Escherichia coli. Kondisi ini sering disebut dengan keracunan makanan akibat proses pemasakan yang kurang tepat atau kurang matang. 

  • Infeksi bakteri Clostridium difficile. Kondisi ini ditandai dengan diare yang berair serta kram perut setelah mengonsumsi antibiotik. 

  • Infeksi bakteri Salmonella karena konsumsi protein hewani yang kurang matang, seperti daging ayam atau telur. 

  • Infeksi bakteri Shigella dan amebiasis yang ditandai dengan tinja yang berbau amis, berdarah, maupun berlendir. 

  • Infeksi Cryptosporidium karena meminum air yang terkontaminasi atau tidak dimasak. 

  • Alergi makanan, biasanya kondisi ini muncul beberapa menit hingga 2 jam setelah mengonsumsi makanan tertentu. 

  • Intoleransi laktosa akibat mengonsumsi susu. Biasanya, gejala yang ditunjukkan adalah perut kembung, feses berbau asam, anus terasa perih atau kemerahan. 

  • Sindrom malabsorbsi, yaitu kelainan yang menyebabkan tubuh kesulitan menyerap nutrisi dari makanan. Kondisi ini ditandai dengan diare kronis yang berbau menyengat serta berat badan yang menurun. 

  • Radang usus penyebab sakit perut, mulas, dan diare yang disertai dengan darah atau lendir. 

  • Irritable bowel syndrome atau sindrom iritasi usus besar yang mengakibatkan BAB cair dan kram perut yang timbul tenggelam.

  • Efek samping tindakan medis, seperti kemoterapi, radioterapi, atau operasi. 

  • Gejala dari penyakit lain, seperti hepatitis atau kanker usus besar. 

Apakah Asam Lambung Bisa Menyebabkan Diare?

kenapa asam lambung bisa menyebabkan diare

Lantas, apakah bisa seseorang mengalami diare karena asam lambung? Jawabannya, mungkin saja bisa.

Pasalnya, saluran pencernaan dalam tubuh kita saling terhubung satu sama lain.

Ketika asam lambung naik dan mengiritasi, maka hal itu bisa menyebabkan keluhan di bagian organ lain, termasuk pada saluran pencernaan bawah yang bisa memicu diare. 

Meski demikian, sebenarnya penyakit asam lambung lebih sering menimbulkan gejala seperti perut terasa kembung, begah, nyeri perut, serta rasa terbakar di bagian dada (heartburn) dan rasa asam di mulut. 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Obat Alami Mengatasi Diare Karena Asam Lambung

Ketika kamu mengalami diare karena asam lambung, kondisi ini tidak boleh disepelekan ya! Maka dari itu, kamu perlu tahu tentang berbagai obat alami untuk mengatasi hal itu, yaitu sebagai berikut:

1. Jahe

Mengonsumsi jahe bisa membantu meredakan gejala yang muncul, seperti mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan serta rasa nyeri pada saluran pencernaan. 

Kamu bisa membuat obat tradisional dengan cara menyeduh jahe menjadi teh jahe. Sebagai alternatif, kamu juga bisa mencampurkan jahe ke berbagai olahan masakan ya!

Selain itu, jika kamu mencari cara yang lebih simpel, kamu bisa menemukan suplemen jahe yang bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko kesehatan. 

2. Pepaya 

Buah ini memang terkenal akan manfaatnya dalam menjaga saluran pencernaan. Pasalnya, di dalam pepaya terdapat kandungan enzim papain yang bermanfaat dalam mencerna protein secara efisien. 

Keunggulan ini membuat buah pepaya bisa dikonsumsi untuk meredakan gejala naiknya asam lambung serta mencegah diare. 

Tak hanya itu, manfaat buah pepaya juga bisa dirasakan dalam menjaga kesehatan usus karena kandungan seratnya yang tinggi, sehingga proses pencernaan menjadi lebih lancar. 

3. Pisang 

Selain bisa ditemukan dengan mudah, pisang juga menjadi salah satu rekomendasi buah yang sangat baik dalam mencegah diare karena asam lambung loh! 

Hal ini disebabkan karena pisang memiliki senyawa pektin, yaitu salah satu jenis serat larut yang diperlukan untuk mengikat kelebihan asam lambung. 

Selain itu, kandungan kalium dalam buah ini juga bisa membantu mengatur kebutuhan elektrolit dalam tubuh ketika diare, sehingga bisa menurunkan risiko terkena dehidrasi saat mengalami diare. 

4. Kayu Manis

Siapa sangka kalau rempah yang sering digunakan dalam aneka masakan ini juga bisa berperan sebagai obat tradisional diare karena asam lambung?

Faktanya, kayu manis memiliki sifat antimikroba serta antiinflamasi yang bisa membantu meredakan peradangan pada saluran pencernaan dan dapat meredakan gejala naiknya asam lambung. 

Kamu bisa mengonsumsi kayu manis dengan berbagai cara yang nikmat, salah satunya dengan membuat teh kayu manis. Untuk langkah-langkahnya, kamu bisa mengikuti resep berikut ini ya:


  • Siapkan satu batang kayu manis, satu kantung teh hijau atau teh hitam, madu, serta secangkir air mendidih.
  • Masukkan kayu manis ke dalam cangkir, kemudian seduh dengan air mendidih, tapi jangan sampai penuh. 
  • Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu masukkan satu kantung teh ke dalamnya. 
  • Tuangkan kembali air mendidih dan diamkan selama 1-2 menit sampai aroma teh keluar. 
  • Masukkan madu sesuai selera, lalu aduk hingga merata. 
  • Tunggu sampai hangat, teh kayu manis yang sehat siap dinikmati. 

5. Lidah Buaya

Tahukah kamu? Gel yang terdapat dalam daun lidah buaya bisa menyehatkan saluran pencernaan loh! Salah satunya bisa digunakan sebagai obat tradisional dalam mengatasi diare karena asam lambung. 

Hal ini disebabkan karena di dalam gel tersebut terdapat senyawa yang bisa membantu mengurangi peradangan serta menurunkan produksi asam lambung yang berlebihan. 

Kamu bisa mengonsumsi gel lidah buaya secara langsung maupun mencampurkannya dengan jus buah agar lebih segar sekaligus bisa mendapatkan manfaat yang sangat dahsyat.

6. Daun Mint

Cobalah untuk membuat segelas teh mint. Daun mint ini memang telah dikenal sejak lama untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, mulai dari mengurangi gejala naiknya asam lambung hingga mengurangi kejang pada saluran pencernaan. 

Namun, pastikan kamu mengonsumsi daun mint dalam jumlah yang wajar. Karena konsumsi daun mint dalam jumlah berlebihan justru bisa membahayakan saluran pencernaan. Selain itu, daun mint juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak ya!

7. Air Kelapa

Mengonsumsi air kelapa saat terkena diare bisa membantu meringankan gejala yang timbul loh! Hal ini disebabkan karena air kelapa memiliki sifat yang bisa menenangkan saluran pencernaan dan bisa meredakan gejala asam lambung naik. 

Selain itu, air kelapa segar juga sangat bermanfaat dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, sehingga bisa mencegah risiko dehidrasi saat diare. 

Akan tetapi, ada satu hal yang perlu digaris bawahi ya! Penggunaan obat tradisional bisa saja memberikan efek yang berbeda bagi setiap orang. Oleh karena itu, cobalah untuk berkonsultasi kepada ahli medis terlebih dahulu. 

Bebas Asam Lambung dengan Minum Etawaku

Asam lambung tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena bisa menyebabkan berbagai efek lain, tidak hanya diare tentunya. Untuk membantu mengatasi masalah asam lambung, kamu bisa minum rutin Susu Etawaku Platinum.

Etawaku bisa kamu andalkan sebagai susu kambing untuk asam lambung karena terbuat dari susu kambing etawa asli yang bersifat alkali, di mana susunya sangat baik untuk kesehatan pencernaan tubuh, termasuk lambung.

Susu kambing juga punya sifat yang lebih mudah dicerna (tidak menimbulkan alergi), sehingga bagi kamu yang punya alergi susu atau intoleransi laktosa, tidak perlu khawatir!

Jadi, yuk, mulai konsumsi Etawaku Platinum dari sekarang untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaanmu!

Itulah penjelasan mengenai diare karena asam lambung, untuk diagnosis yang lebih pasti, sebaiknya kamu bisa berkonsultasi langsung dengan Dokter terkait.

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar