logo etawaku
Search
Close this search box.

12+ Penyebab Tangan Ngilu Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya

Tangan ngilu sebelah kanan tentu membuat aktivitas menjadi tidak nyaman. Nah, sebenarnya, apa sih penyebab rasa ngilu yang bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk kita cari tahu faktanya dalam artikel ini!

Kamu mungkin sering berpikir bahwa munculnya rasa ngilu di tangan sebelah kanan merupakan gejala ringan yang bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, kamu sebaiknya tidak boleh mengabaikan kondisi ini, ya!

Pasalnya, rasa ngilu yang terjadi seringkali disertai dengan gejala lain seperti jari-jari tangan yang membengkak, kesulitan menggenggam benda, tangan menjadi kaku dan sulit digerakkan, bahkan hingga demam.

Tak hanya itu, kondisi ini bisa jadi merupakan gejala dari penyakit medis lain, seperti artritis, asam urat, atau sindrom carpal tunnel.

Meskipun terdengar seperti penyakit yang menyerang orang berusia lanjut, namun rupanya rasa nyeri pada tangan bisa dialami oleh siapapun loh! 

Risiko tangan ngilu sebelah kanan lebih tinggi pada orang yang menggunakan organ tubuh ini secara terus menerus, seperti untuk mengetik maupun memotong. 

Lebih parahnya lagi, rasa ngilu yang dialami bisa menjalar ke seluruh area tangan, mulai dari pergelangan tangan hingga ke lengan dan bahu. 

Tentunya, kondisi ini harus segera ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi yang lebih parah, seperti otot tangan yang semakin lemah, kerusakan saraf serta pembuluh darah di tangan, hingga osteoporosis. 

Penyebab Tangan Ngilu Sebelah Kanan

penyebab tangan ngilu sebelah kanan

Ada berbagai hal yang bisa memicu rasa ngilu pada tangan sebelah kanan, seperti:

1. Trauma 

Keseleo saat berolahraga, pernah terjatuh dengan posisi pergelangan tangan yang salah, atau kecelakaan saat berkendara bisa menjadi penyebab munculnya rasa ngilu pada tangan bagian kanan. 

Untuk kasus ini, sebenarnya cara mendeteksinya memerlukan waktu yang cukup lama agar bisa terlihat dalam X-ray. Maka dari itu, kamu perlu ekstra berhati-hati saat berolahraga, mengangkat beban berat, berkendara, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya. 

2. Asam Urat

Gangguan yang disebabkan oleh penumpukan asam urat pada tangan bagian kanan ini bisa menimbulkan rasa nyeri yang hebat. Biasanya, kondisi ini bisa ditandai dengan berbagai gejala, seperti:

  • Jari dan pergelangan tangan membengkak dan terasa nyeri
  • Sulit mengepalkan tangan
  • Muncul benjolan keras di bagian jari atau siku

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit ini yaitu dengan menjaga pola makan. Cobalah untuk menghindari berbagai makanan pemicu asam urat, seperti jeroan, minuman beralkohol, dan sumber purin lainnya. 

Baca juga: Cari tahu fakta tentang asam urat makan jengkol, boleh atau tidak?

3. Gerakan Berulang

Melakukan gerakan berulang dalam jangka waktu yang lama bisa memicu rasa nyeri pada tangan. Beberapa kegiatan yang bisa meningkatkan risiko tangan ngilu sebelah kanan yaitu mengetik, menyetir, atau sering berolahraga.

4. Osteoarthritis 

Ini merupakan gangguan yang terjadi akibat rusaknya pelindung tulang rawan. Apabila hal ini terjadi pada pergelangan tangan kanan, maka bisa memicu rasa ngilu yang tak tertahankan. 

5. Rheumatoid Arthritis

Lain halnya dengan osteoarthritis, rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun. Artinya, sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh dengan sendirinya. Kondisi ini akan menyebabkan berbagai dampak buruk, mulai dari tangan ngilu, hingga kelainan bentuk sendi. 

6. Psoriatic Arthritis

Kondisi ini merupakan salah satu jenis peradangan sendi yang bisa terjadi pada seseorang yang mengidap penyakit psoriasis, yaitu kelainan yang menyebabkan sel kulit terbentuk secara berlebihan dan sangat cepat. 

7. Carpal Tunnel Syndrome 

Sindrom ini bisa terjadi akibat adanya tekanan yang berulang pada saraf median, sehingga menyebabkan tiga jari tangan, yaitu ibu jari, telunjuk, serta jari tengah mengalami mati rasa, kesemutan, bahkan nyeri. 

8. Penyebab Lain

Nah, selain berbagai penyebab di atas, masih ada juga penyebab lain yang bisa memicu munculnya rasa nyeri pada tangan sebelah kanan, yaitu:

  • Kurang olahraga, yang membuat otot menjadi kaku dan mudah merasa pegal atau nyeri saat mengangkat beban berat.
  • Posisi tidur yang salah, sehingga memberikan tekanan berlebihan pada saraf lengan dan muncul rasa nyeri yang menjalar dari bahu hingga telapak tangan. 
  • Adanya gangguan pada bahu, seperti radang sendi bahu. 
  • Diabetes melitus, yang memicu gangguan pembuluh darah dan saraf perifer.
  • Adanya tumpukan lemak berlebihan pada bahu hingga lengan, sehingga memicu rasa nyeri akibat aliran darah yang berkurang. 

Cara Mengatasi Tangan Ngilu Sebelah Kanan

Cara Mengatasi Tangan Ngilu Sebelah Kanan

Setelah mengetahui berbagai pemicu rasa ngilu yang muncul pada tangan kanan, tentu kamu juga penasaran dengan cara mengatasi kondisi ini, bukan? 

Berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa kamu coba di rumah untuk membantu mencegah serta meredakan rasa ngilu yang mengganggu:

  • Lakukan berbagai aktivitas dengan berhati-hati dan ambil postur tubuh yang baik untuk mencegah terjadinya cedera. 

  • Sebelum berolahraga, pastikan kamu melakukan peregangan terlebih dahulu. 

  • Hindari berbagai makanan pemicu penyakit ngilu pada tangan, seperti makanan tinggi purin yang bisa memicu munculnya asam urat. 

  • Berikan jeda waktu bagi otot di bagian lengan dan bahu yang terasa ngilu untuk beristirahat. 

  • Kompres bagian yang ngilu dengan handuk yang telah direndam dengan air hangat. 

  • Hindari paparan asap rokok serta minuman beralkohol yang bisa meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah. 

  • Ambil postur tubuh yang baik saat berdiri, tidur, maupun duduk agar aliran darah tetap lancar dan risiko ngilu semakin berkurang. 

  • Gunakan sarung tangan jika udara luar terasa begitu dingin. 

  • Konsumsi obat pereda nyeri, seperti golongan obat antiinflamasi nonsteroid, kortikosteroid, dan sebagainya. 

Apabila rasa ngilu yang dialami tak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan medis yang cepat dan tepat ya!

Etawaku Platinum, Susu Tinggi Kalsium untuk Cegah Nyeri Sendi dan Atasi Ngilu

Selain melakukan berbagai tindakan pencegahan dan penanganan rasa ngilu di atas, kamu juga harus memperhatikan asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. 

Salah satu nutrisi yang harus dipenuhi untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi adalah kalsium. “Memenuhi kebutuhan kalsium harian berarti menurunkan risiko munculnya rasa ngilu pada tangan yang mengganggu aktivitas sehari-hari“. 

Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi makanan tinggi kalsium, salah satunya yaitu susu kambing Etawaku Platinum. Susu Etawaku Platinum terbuat dari susu kambing etawa asli, sehingga memiliki nutrisi 3 kali lebih baik daripada susu sapi!

Bukan hanya itu, susu Etawaku Platinum juga memiliki kandungan gula yang rendah loh, sehingga aman untuk dikonsumsi semua kalangan, mulai dari anak usia 2 tahun, lansia, bahkan hingga penderita diabetes sekalipun!

Menariknya lagi, konsumsi satu gelas susu Etawaku Platinum bisa membantu memenuhi ⅓ asupan kalsium harian kamu agar siap beraktivitas setiap hari!

Baca Juga Artikel Lainnya:

Itu dia informasi mengenai berbagai penyebab serta cara mengatasi tangan ngilu sebelah kanan yang bisa kamu lakukan secara mandiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! 

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar