logo etawaku
Search
Close this search box.

8+ Cara Menjaga Kesehatan Tulang, Agar Kuat dan Bebas Gerak!

Memiliki tulang yang sehat dan kuat tentu menjadi impian semua orang. Namun, terkadang muncul kebingungan, sebenarnya, bagaimana sih cara menjaga kesehatan tulang yang benar? Nah, agar tidak salah, mari simak bersama informasi lengkapnya dalam artikel ini!

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang

Tahukah kamu? Tulang memiliki fungsi utama dalam menopang tubuh untuk bergerak dan menjaganya agar tetap tegak. Tak hanya itu, tulang juga berperan dalam menyimpan berbagai nutrisi penting seperti kalsium dan fosfor, menjaga organ vital, serta membentuk sel darah. 

Peran tulang yang sangat penting bagi kesehatan tubuh inilah yang membuat kita perlu menjaga kepadatannya. Jika tidak, maka tulang akan lebih rentan keropos, yang akhirnya tulang menjadi mudah patah dan bisa mengganggu berbagai aktivitas sehari-hari. 

Fakta: Seiring berjalannya waktu, kondisi kesehatan dan kepadatan tulang kita juga akan semakin menurun. Maka dari itu, menjaga kesehatan tulang sejak dini menjadi salah satu tindakan pencegahan agar tulang tetap kuat hingga tua nanti.

Kepadatan Tulang Normal

kepadatan tulang normal

Salah satu indikator tulang yang sehat bisa dilihat dari kepadatannya. Sampai sini kamu mungkin mulai bertanya, bagaimana cara mengukur kepadatan tulang? Dan berapa kepadatan tulang yang normal?

Sebenarnya, tulang yang sehat tidak benar-benar padat, namun terbentuk dari struktur sarang lebah dengan lubang mikroskopis, sehingga bisa elastis dan ringan. 

Akan tetapi, jika lubang tersebut semakin banyak, maka kepadatan tulang semakin menurun, sehingga lebih rentan terkena fraktur akibat osteoporosis. 

Untuk itu, kamu perlu mengecek kesehatan tulang menggunakan pemindaian sinar X dengan intensitas rendah untuk mengukur kalsium serta mineral lain dalam tulang. 

Durasi pengecekan ini hanya akan memakan waktu selama 10-20 menit tanpa menyebabkan rasa sakit. 

Setelah pemindaian selesai, akan keluar hasil berupa skor-T  dan skor-Z. Skor-T ini adalah standar deviasi kepadatan tulang yang didapat jika dibandingkan dengan kepadatan tulang orang dewasa normal dengan jenis kelamin sama. 

Sementara skor-Z merupakan standar deviasi kepadatan tulang yang didapat jika dibandingkan dengan orang dengan usia, jenis kelamin, berat badan, serta ras yang sama. 

Dari skor tersebut, bisa diinterpretasikan sebagai berikut:

  • Kepadatan tulang normal: skor antara 1 hingga -1
  • Massa tulang rendah: skor antara -1 hingga -2,5
  • Osteoporosis: skor kurang dari atau sama dengan -2,5

Catatan: Metode ini lebih direkomendasikan bagi wanita berusia 65 tahun atau lebih, karena kelompok ini memiliki risiko fraktur tulang yang lebih besar. Tapi kamu juga bisa melakukan pemindaian ini jika memiliki salah satu kondisi berikut:

  • Berat badan kurang dari normal
  • Pernah mengalami fraktur setelah usia 50 tahun
  • Mengalami kehilangan tinggi badan minimal setengah inci pada satu tahun terakhir
  • Memiliki riwayat osteoporosis dalam keluarga
  • Memiliki gaya hidup sedenter atau kurang aktif bergerak
  • Merokok, konsumsi alkohol berlebih, serta kekurangan kalsium dan vitamin D

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Tentunya kamu ingin agar angka kepadatan tulang berada dalam rentang normal, bukan? Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menjaga kesehatan tulang:

1. Rutin Minum Susu Etawaku Platinum

manfaat susu etawaku platinum untuk tulang dan sendi

Susu Etawaku Platinum terbuat dari susu kambing etawa asli, sehingga nutrisi dalam susunya 3 kali lebih baik daripada susu sapi. 

Nutrisi tersebut di antaranya seperti kalsium, protein, fosfor, dan masih banyak lagi kandungan baik dalam susu Etawaku.

Jika kamu ingin memiliki tulang sehat dan kuat sehingga aktivitas lancar sepanjang waktu tanpa mengalami masalah seperti pegal, linu, dan sejenisnya. Maka rutin minum Etawaku Platinum menjadi pilihan terebaik dan termudah.

2. Olahraga Rutin

Rutin berolahraga bisa membantu tubuh agar tetap aktif bergerak.

Beberapa hasil penelitian bahkan menunjukkan bahwa orang yang jarang berolahraga memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena masalah kesehatan tulang, seperti osteoporosis. 

Maka dari itu, cobalah untuk melakukan olahraga secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari. Kamu bisa memilih berbagai jenis olahraga seperti berlari, jogging, yoga, atau aktivitas olahraga lain yang kamu sukai. 

Baca Juga: Apakah Jogging bisa Menambah Tinggi Badan.

3. Menjaga Pola Makan

Pola makan yang teratur dengan menu makanan yang sehat bergizi seimbang menjadi cara menjaga kesehatan tulang sekaligus membuat tubuh tetap berenergi agar siap beraktivitas sepanjang hari. 

Kamu perlu memilih jenis makanan yang tinggi kalsium agar kepadatan tulang semakin optimal ya! Salah satu cara mudah dan simpel yaitu dengan mengonsumsi satu gelas susu Etawaku Platinum secara rutin setiap hari. 

4. Berjemur 

Selain kalsium, tubuh juga memerlukan vitamin D agar kesehatan dan kepadatan tulang selalu terjaga. Seperti yang telah kita ketahui, apabila tubuh kekurangan vitamin D, maka risiko terkena penyakit tulang keropos akan semakin meningkat. 

Oleh karena itu, berjemur di pagi hari menjadi cara menjaga kesehatan tulang yang mudah dan murah. Kamu bisa mulai berjemur 2-3 kali seminggu dengan durasi 5-15 menit. 

Selain itu, kamu juga perlu memilih waktu yang tepat agar vitamin D yang didapat semakin optimal ya! Untuk itu, kamu bisa memilih waktu berjemur sebelum jam 9 pagi agar tidak terlalu menyengat, sekaligus terhindar dari paparan sinar UV.

5. Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol

Selain merusak saluran pernapasan dan pencernaan, kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol juga bisa mengurangi kepadatan tulang loh! 

Oleh karena itu, kamu bisa mulai menghindari paparan asap rokok serta stop konsumsi minuman beralkohol sebagai cara menjaga kesehatan tulang ya!

6. Konsumsi Suplemen

Selain mengonsumsi makanan sumber kalsium dan berjemur untuk mendapatkan vitamin D, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen agar kesehatan dan kekuatan tulang selalu terjaga. 

Sebagai informasi tambahan, umumnya orang dewasa membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1.000-1.200 mg setiap hari, sedangkan asupan vitamin D sebanyak 15-20 mikrogram atau setara dengan 600-800 IU perhari. 

Jumlah ini bisa terpenuhi melalui suplemen, asalkan dosisnya sesuai dengan arahan dokter ya!

7. Jaga Berat Badan Ideal

Dengan mengonsumsi makanan sehat dengan pola yang teratur, diiringi upaya olahraga rutin setiap hari bisa berdampak bagi berat badan agar tetap ideal. 

Hal ini tentu saja sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Pasalnya, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena cedera tulang. 

8. Kontrol Jumlah Kafein dan Garam

Asupan kafein dan garam yang berlebihan dalam tubuh akan mengganggu proses penyerapan kalsium dalam tubuh. Hal ini bisa mengganggu kepadatan dan kesehatan tulang loh!

Makanya, sebagai cara menjaga kesehatan tulang, kamu perlu mengontrol jumlah kafein dan garam yang dikonsumsi setiap hari.

9. Ikuti Fisioterapi

Mengikuti terapi fisik juga bisa dilakukan sebagai cara menjaga kesehatan tulang ya. Fisioterapi ini bisa memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, mulai dari meningkatkan keseimbangan tubuh, menjaga postur tubuh, melatih kekuatan otot, serta koordinasi tubuh.

Metode ini juga sangat disarankan setelah kamu mengalami cedera tulang, seperti patah tulang maupun terkilir. Pastikan kamu melakukan fisioterapi bersama ahlinya ya!

Itu dia informasi mengenai pentingnya menjaga kepadatan tulang, cara mengukur kepadatan tulang, serta cara menjaga kesehatan tulang yang bisa kamu lakukan. Yuk coba sekarang!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar