logo etawaku
Search
Close this search box.

Apakah Jogging Bisa Menambah Tinggi Badan?

Mungkin kamu sudah sering mendengar berbagai tips untuk menambah tinggi badan, seperti dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi, istirahat cukup, serta berolahraga secara rutin. Salah satu jenis olahraga yang paling simpel dan bisa dilakukan kapanpun yaitu jogging

Namun, apakah jogging bisa menambah tinggi badan? Yuk kita cari tahu jawabannya dalam artikel ini, beserta beberapa rekomendasi olahraga lain yang bisa membantu kamu untuk meninggikan badan secara optimal. 

Berbicara soal tinggi badan, sebenarnya ada berbagai faktor yang bisa mempengaruhi tinggi badan, mulai dari faktor genetik, nutrisi, hingga lingkungan. Menariknya, faktor genetik memberikan dampak yang sangat besar, yaitu 60-80%.

jogging bisa menambah tinggi badan

Jadi, jika ayah atau ibu kamu memiliki postur tubuh yang tinggi, kemungkinan besar kamu juga bisa tumbuh lebih tinggi. Tapi kamu tidak perlu risau jika anggota keluargamu memiliki tubuh yang pendek, karena masih bisa diupayakan dengan berolahraga.

Melakukan olahraga secara rutin bukan hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar, tapi juga bermanfaat untuk menambah tinggi badan. Nah, salah satu olahraga yang bisa kamu coba yaitu jogging. 

Seperti dikutip dari laman DataIndonesia.id, jogging atau jalan santai rupanya menjadi jenis olahraga favorit kedua orang Indonesia loh! Sebenarnya hal ini cukup wajar, karena olahraga ini sangat mudah dilakukan.

Diskon 40% Hari Ini! Susu Etawaku High Kalsium untuk Optimalkan Tinggi Badan. Lihat Promonya Disini.

Apakah Jogging Bisa Menambah Tinggi Badan?

Meski terdengar sebagai olahraga yang cukup santai, namun manfaat jogging tidak boleh diremehkan loh! Dilansir dari laman Orami, dikutip dari Calories Burned HQ, melakukan jogging selama 30 menit bisa membakar 280-520 kalori loh!

Selain itu, rutin melakukan jogging juga bisa membantu memperkuat kaki, serta menstimulasi pertumbuhan tulang. Hal ini tentu saja akan membawa dampak yang sangat baik bagi pertumbuhan ya.

Nah, kembali ke pertanyaan awal, apakah jogging bisa menambah tinggi badan? Jawabannya bisa!

Agar manfaat jogging dalam menambah tinggi badan semakin optimal, kamu bisa melakukan olahraga ini secara rutin sebanyak 3 kali dalam seminggu. Untuk jaraknya, kamu bisa mulai dari 1 km, kemudian bertambah menjadi 2 km atau sesuaikan dengan kemampuan ya!

Tips Jogging untuk Menambah Tinggi Badan

tips jogging agar bisa menambah tinggi badan

Kamu bisa melakukan beberapa tips di bawah ini agar olahraga jogging yang rutin kamu lakukan bisa menambah tinggi badan secara efektif ya!

  • 1. Jangan Lupa Pemanasan!

Melakukan pemanasan sebelum berolahraga adalah langkah yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, dengan pemanasan, peredaran darah kamu akan semakin lancar, serta menurunkan risiko cedera pada otot dan sendi. 

  • 2. Atur Pernapasan dan Kecepatan Jogging

Mengatur pernapasan serta kecepatan saat jogging sangat penting agar stamina tetap terjaga. Hal ini juga bisa menghindarkan kamu dari risiko kelelahan berlebih yang membuat manfaat jogging kurang efektif. 

  • 3. Modifikasi dengan Gerakan Tambahan

Melakukan gerakan kecil seperti melompat saat jogging bisa membantu meningkatkan tinggi badan loh! Selain itu, kamu bisa melakukan yoga untuk meregangkan otot serta sendi, sehingga pertumbuhan tulang semakin optimal.

  • 4. Jumping Jacks

Melakukan jumping jacks setelah jogging sebelum pendinginan bisa membantu aliran darah dan oksigen meningkat.

  • 5. Pendinginan 

Terakhir, jangan lupa pendinginan! Melakukan pendinginan setelah berolahraga bisa membantu ritme napas, aliran darah, serta oksigen kembali normal, sehingga manfaat jogging bisa lebih terasa. 

Selain itu, hindari juga beberapa daftar makanan yang bisa jadi penghambat tinggi badan.

Olahraga yang Dapat Menambah Tinggi Badan

Selain jogging, kamu juga bisa memilih beberapa jenis olahraga di bawah ini untuk menambah tinggi badan:

1. Lompat Tali

Selain menyenangkan, olahraga lompat tali juga bisa membantu menambah tinggi badan kamu loh! Pasalnya, olahraga ini akan melatih otot kaki, serta menguatkan tulang, sehingga bisa menstimulasi pertumbuhan. 

Kamu bisa melakukan lompat tali sebanyak 40 hingga 100 kali putaran setiap hari secara rutin agar hasilnya semakin optimal. 

2. Basket 

Tentu kamu sudah pernah mendengar bahwa basket merupakan salah satu olahraga yang bisa meninggikan badan, bukan? Perpaduan gerakan melompat dan melempar dalam olahraga ini memang sangat baik untuk menstimulus pertumbuhan tulang loh!

Jadi, bagi kamu yang sedang ingin menambah tinggi badan, kamu bisa melakukan basket 3-5 kali seminggu. Cobalah untuk melakukan shooting dan jumping dengan rutin ya!

3. Bersepeda 

Saat mengayuh sepeda, otot kaki akan meregang, sehingga bisa tumbuh lebih optimal. Lakukan olahraga ini secara rutin agar manfaatnya semakin terasa!

4. Berenang 

Saat berenang, seluruh otot dalam tubuh kita meregang. Selain itu, gerakan berenang ini juga dapat membantu tulang agar bisa tumbuh lebih optimal, sehingga kamu bisa lebih tinggi.

Yuk coba lakukan olahraga ini 3 kali dalam seminggu. Kamu bisa memilih berbagai gaya, mulai dari gaya bebas, gaya punggung, atau gaya kupu-kupu secara bergantian ya!

Baca Juga: Perkembangan Jasmani Pada Usia 6 14 Tahun Sangat Dipengaruhi Oleh?

Penuhi Asupan Kalsium untuk Tumbuh Tinggi dengan Etawaku

Dari berbagai rekomendasi olahraga di atas, kira-kira olahraga mana yang menjadi kesukaanmu? 

Namun selain berolahraga, pastikan kamu memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh setiap hari ya! Kamu bisa menjaga pola makan, konsumsi makanan sehat bergizi seimbang, serta lengkapi dengan susu kambing Etawaku Platinum yang lebih murni, lebih kaya nutrisi. 

Untuk kamu yang bertanya, apakah susu bisa menambah tinggi badan? Tentu saja bisa!

Tingginya kandungan kalsium dalam susu Etawaku Platinum sangat baik untuk mendukung pertumbuhan tulangmu loh! Tak hanya itu, kalsium ini juga bisa membantu menjaga kepadatan tulang, sehingga tidak mudah keropos.

Yuk konsumsi susu Etawaku Platinum secara rutin mulai sekarang!

Photo of author

Isna Hardikasari

Tinggalkan komentar